Rekomendasi Wisata Terumbu Karang di Indonesia Untuk Diving

Date:

Share post:

Bagi anda yang mencari informasi wisata terumbu karang di Indonesia untuk diving maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak beberapa rekomendasi destinasi wisata yang sudah sangat terkenal oleh para divers di tanah air bahkan dunia.

Salah satu daya tarik dari wisata pantai atau laut adalah keindahan dan daya tarik bawah laut berupa terumbu karang serta ikan-ikan kecil yang bisa menjadi alasan berwisata ke pantai. Walaupun Indonesia terkenal dengan beragam wisata pantainya yang tersebar di seluruh penjuru wilayah di nusantara tetapi tidak semua wisata pantai menawarkan spot untuk snorkeling atau diving.

Namun jangan kuatir sebab Indonesia sendiri memiliki banyak tempat wisata yang populer akan kekayaan biota laut dan terumbu karang yang bisa anda jadikan destinasi wisata untuk snorkeling dan diving. Tidak perlu takut bagi anda para pemula yang baru ingin diving, sebab di destinasi wisata diving telah menyediakan tenaga ahli atau pendamping untuk menemani anda sebagai jaga-jaga atau tindakan keamanan mengingat wisata ini cukup ekstrim dan harus didampingi oleh orang yang berpengalaman.

Dan oleh sebab itu kali ini kami akan membagikan beberapa rekomendasi wisata terumbu karang di Indonesia untuk diving yang bisa anda kunjungi sebagai berikut.

Rekomendasi Wisata Terumbu Karang di Indonesia Untuk Diving

Wisata Terumbu Karang di Indonesia Untuk Diving

Taman Laut Bunaken

Pada daftar destinasi pertama adalah taman laut Bunaken yang akan menjadi destinasi menarik bagi anda yang ingin menyaksikan keindahan laut Indonesia terutama terumbu karang dan biota lautnya. Taman laut ini jadi salah satu wisata terumbu karang populer yang ada di Indonesia dan banyak dieksplorasi oleh wisatawan.

Baca juga  7 Rekomendasi Hotel di Jogja Terbaik Dengan Harga Murah

Taman laut Bunaken ini berada di teluk Manado, di bagian utara pulau Sulawesi yang bisa anda tempuh menggunakan speedboat yang sudah disediakan pihak pengelola Pulau Bunaken.

Anda dapat pergi ke Pulau Bunaken dengan speedboat atau kapal sewaan yang tersedia di pelabuhan Manado dalam waktu kurang lebih 30 menit. Keanekaragaman lebih dari 350 spesies terumbu karang dan ikan kecil menghiasi air laut Pulau Bunaken.

Di Pulau Bunaken, anda dapat melihat banyak mamalia laut, reptil, dan penyu di dalam terumbu karang. Bahkan jika anda beruntung, anda mungkin melihat lumba-lumba di sekitar perairan.

Taman Laut Alor

Taman Laut Alor terletak di perbatasan Timor Leste dan menjadi salah satu wisata terumbu karang terbaik dan populer di Indonesia. Di Taman Laut Alor ini ada sekitar 50 spot diving yang khusus disediakan pengunjung.

Pernah jadi spot penyelaman populer di 2026, daya tarik dari Taman Laut Alor sendiri yakni keragaman spesies laut dan terumbu karang serta airnya yang jernih dan tidak terlalu dalam karena masih bisa dinikmati di sekitar pantai. Jika tidak ingin diving, anda masih bisa menikmati keindahan laut dan pulau-pulau kecil di sini karena pemandangan alam di sini juga sangat menakjubkan.

Taman Nasional Wakatobi

Tempat wisata terumbu karang lain di Indonesia adalah Taman Nasional Wakatobi. Taman laut ini dikenal sebagai surganya bawah laut karena di sana terumbu karang hidup di seluruh dunia. Bahkan tanpa menyelam, anda dapat melihat terumbu karang yang beragam warna dari atas permukaan laut.

Taman Nasional Wakatobi, yang memiliki area seluas 1,39 juta hektare di Sulawesi Tenggara, bahkan menjadi pusat penelitian bawah laut dunia karena banyaknya spesies terumbu karang dan biota laut yang hidup di sana.

Baca juga  5 Rekomendasi OOTD Wisata Alam, Tetap Tampil Menarik dan Nyaman

Nusa Penida Bali

Nusa Penida Bali tidak hanya populer karena tempatnya yang menakjubkan seta merupakan spot wisata turis mancanegara yang sangat ramai, tapi laut di sini juga tidak kalah indahnya dengan di wilayah lain.

Anda bisa mencoba diving dengan melihat keindahan bawah laut Nusa Penida ini sembari jalan-jalan menikmati sekeliling wilayahnya yang sangat indah. Jika berkunjung ke sini, dijamin anda juga akan mendapatkan liburan paket lengkap karena selain wilayah laut dan kekayaan biota lautnya yang sangat menakjubkan, keindahan alam berupa tebing, gunung, dan bukit di sini pun akan sangat memanjakan mata siapa pun yang mengunjunginya.

Taman Laut Pulau Komodo

Taman Laut Pulau Komodo juga menjadi salah satu rekomendasi wisata terumbu karang terbaik yang ada di Indonesia. Bahkan, taman laut ini dijadikan sebagai area penyelaman terbaik yang ada di dunia.

Di sini ada sekitar 385 terumbu karang, lebih dari seribu jenis ikan, ratusan jenis kepiting, lebih dari 50 jenis spons laut, sepuluh jenis lumba-lumba, beberapa jenis hiu, duyung, pari manta, dan penyu hijau. Lokasinya juga dekat dengan Pulau Komodo, jadi sehabis diving bisa mengeksploitasi keindahan alam lainnya dengan mengunjungi pulau Komodo.

Taman Laut Banda

Spot diving paling indah lainnya di Maluku Tengah adalah Taman Laut Banda. Taman Laut Banda terletak tepatnya di antara gugusan Pulau Gunung Api, Pulau Neira, Pulau Sjahrir, dan Pulau Hata.

Di sini terdapat lebih dari 310 jenis terumbu karang, populasi beberapa jenis hiu, kerapu, serta lebih dari 800 jenis ikan yang menghiasi terumbu karang. Selain itu, yang menarik dari taman laut ini yakni adanya spesies ikan Napoleon yang disebut sebagai ikan purba.

Baca juga  8 Destinasi Tempat Wisata Pulau Lombok yang Viral Dan Mempesona

Keindahan bawah laut Taman Laut Banda ini juga dijamin bakal membuat kamu takjub akan keindahan laut Indonesia.

Demikian informasi mengenai rekomendasi destinasi wisata terumbu karang di Indonesia untuk diving atau untuk snorkeling. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...