Waspada! Begini Ciri-ciri WhatsApp Disadap dan Cara Mengatasinya

Date:

Share post:

Apakah anda merasa ada yang aneh ketika anda menggunakan whatsapp atau melihat gelagat orang lain yang sepertinya tahu apa yang anda bicarakan di whatsapp? maka anda wajib waspada sebab bisa saja whatsapp anda disadap. Begini ciri ciri whatsapp disadap dan cara mengatasinya agar anda tidak penasaran lagi dan tahu bagaimana bagaimana solusinya.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana saat ini aplikasi whatsapp merupakan aplikasi chat yang terbesar didunia dengan jutaan pengguna yang aktif menggunakan whatsapp untuk berkomunikasi dengan orang baik itu untuk urusan pribadi, bisnis, hingga pekerjaan dan urusan pendidikan.

Maka dari itu tidak heran apabila aplikasi whatsapp bisa anda temukan dengan mudah di berbagai perangkat pintar yang bisa digunakan untuk chat, panggilan suara hingga panggilan video. Namun dengan ketergantungan banyak orang pada aplikasi ini, banyak oknum yang menyalah gunakan teknologi untuk mencoba menyadap whatsapp seseorang. Dimana oknum bisa dari orang lain yang tidak dikenal dan berusaha mencuri data dan percakapan pribadi bahkan hingga orang terdekat seperti pasangan yang protektif atau cemburuan.

Walaupun whatsapp sendiri merupakan aplikasi dengan keamanan yang cukup tinggi dimana setiap percakapan telah terenkripsi akan tetapi masih ada celah yang bisa dimanfaatkan oknum untuk menyadap whatsapp orang dengan berbagai alasan. Maka dari itu anda harus tetap waspada.

Maka dari itu, kali ini kami akan membagikan ciri ciri whatsapp disadap yang bisa anda antisipasi sebagai berikut.

Ciri-ciri WhatsApp Disadap

Ciri-ciri WhatsApp Disadap

Mendapat kiriman OTP

Ciri pertama yang menjadi tanda bahwa Whatsapp sedang berusaha disadap oleh orang lain adalah apabila anda mendapatkan kiriman OTP tiba-tiba dimana pada umumnya anda akan keluar dari aplikasi whatsapp anda secara tiba-tiba. Apabila hal ini anda temukan, maka sebaiknya tidak menyerahkan kode enam digit tersebut kepada siapapun sebab besar kemungkinan nomor whatsapp anda sedang dikloning oleh orang lain dimana orang tersebut bisa orang terdekat anda dan memiliki akses terhadap kartu SIM korban.

Pesan telah terbaca

Tanda WhatsApp dibajak orang selanjutnya adalah pesan atau chat yang belum anda buka, tiba-tiba terbaca dengan sendirinya. Hal itu berarti akun WhatsApp pengguna disalin ke aplikasi kloning WhatsApp menggunakan kode QR, seperti yang semestinya digunakan pada WhatsApp Web.

Pesan yang sudah terbaca ditandai dengan dua centang biru di bagian kanan bawah pesan. Namun tanda ini bisa dinonaktifkan di bagian pengaturan. Apabila tanda ini tidak diaktifkan, maka pengguna tidak bisa melihat apakah pesan sudah terbaca atau belum.

Status online padahal tidak aktif

Apabila whatsapp anda berstatus online sementara anda tidak aktif di Wa, maka besar kemungkinan WA anda disadap atau digunakan di perangkat lain. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan melihat apakah nomor anda tampak online di akun WhatsApp orang lain.

Mengirim pesan yang tidak dikirim pengguna

Tanda lain kalau WhatsApp sudah disadap adalah terdapat pesan yang dikirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan anda. Apabila hal ini terjadi, sudah pasti bahwa akun Whatsapp anda kemungkinan besar telah atau sedang digunakan orang lain.

Keluar akun WhatsApp Tiba-tiba

Apabila nomor yang sama digunakan pada perangkat lain, maka akun WhatsApp pengguna akan keluar dengan sendirinya dan apabila nomor yang sama didaftarkan pada perangkat lain, maka akan muncul peringatan pada HP seperti berikut.

Baca juga  6 Aplikasi Pemotong Lagu Terbaik untuk Android dan PC

“Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda.”

Apabila anda mendapatkan notifikasi itu, sementara tidak merasa memasukkan nomor Whatsapp yang sama ke perangkat lain, maka jangan langsung menekan Oke. Tetapi sebaliknya, anda harus tekan verifikasi agar akun Whatsapp tidak berpindah ke HP lain. Namun apabila pemindahan memang dilakukan oleh Anda sendiri, maka anda bisa memilih Oke agar akun bisa digunakan di perangkat berbeda.

Cara mengatasi Whatsapp disaap

Apabila anda menemukan ciri-ciri diatas maka bisa jadi Whastapp anda sedang disadap atau di kloning oleh orang lain. Maka untuk mengantisipasinya, anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

Aktifkan verifikasi dua langkah

Hal ini adalah pilihan untuk mengirimkan kode enam angka apabila terdapat pengguna lain yang masuk dengan nomor Whatsapp terdaftar ke perangkat baru. Kode ini berbeda dengan OTP,dimana cara ini digunakan agar orang tak bisa masuk begitu saja ke akun Whatsapp pengguna dan membajaknya lewat kode QR.

Aktifkan pemindai sidik jari (kunci aplikasi)

Agar tak sembarang pengguna bisa masuk ke akun Whatsapp anda dan memindai kode QR untuk menyadap, maka anda bisa mengaktifkan fitur pemindai sidik jari sebelum masuk ke dalam aplikasi Whatsapp.

Logout WhatsApp Web

Untuk menghindari penyadapan WhatsApp lewat aplikasi yang meniru WhatsApp Web, pengguna bisa mengecek perangkat apa saja yang menggunakan akun anda lewat WhatsApp Web.

Pasang ulang WhatsApp

Apabila anda terlanjur mengklik Ok saat ada peringatan untuk memindahkan akun seperti disebutkan sebelumnya. Maka anda bisa menginstal ulang Whatsapp untuk mengambil kembali akun tersebut. Akan tetapi dengan catatan anda masih tetap menggunakan nomor yang didaftarkan pada Whatsapp tersebut sebab kode OTP Whatsapp akan dikirimkan ke nomor yang terdaftar.

Baca juga  Cara Mudah Transfer Foto dari Android ke Iphone Anti Ribet

Nonaktifkan akun WhatsApp

Apabila anda merasa akun WhatsApp anda telah dibajak maka untuk mengantisipasinya anda bisa menonaktifkan akun anda untuk memastikan tidak ada yang menggunakan akun WhatsApp. Caranya adalah dengan mengirim email ke dukungan WhatsApp di support@whatsapp.com dengan frasa “Hilang / Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya” di badan email.

Setelah penonaktifan berhasil, maka anda memiliki 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun anda benar-benar dihapus sepenuhnya. Apabika bisa mengidentifikasi identitas, maka ada kemungkinan besar akun Whatsapp bisa kembali menjadi milik anda.

Demikian informasi mengenai ciri ciri whatsapp disadap dan cara mengatasinya. Semoga berguna dan bermanfaat agar anda bisa mengamankan whatsapp anda dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...