Tutorial Cat Rambut Sendiri di Rumah Dengan atau Tanpa Bleaching

0
Tutorial Cat Rambut Sendiri di Rumah

Trend mengecat rambut menjadi sangat populer saat ini dimana anda bisa melakukannya sendiri dirumah tanpa harus ke salon mahal. Kali ini kami akan membagikan tutorial cat rambut sendiri dirumah dengan atau tanpa bleaching.

Bukan rahasia umum lagi dimana sejak lama, mewarnai rambut telah menjadi tren yang populer di kalangan wanita dan pria. Terdapat beragam alasan mengapa orang-orang mengecat rambut seperti bosan dengan warna rambut saat ini, ingin tampil lebih berbeda, atau alasan lainnya.

Orang yang ingin mengecat rambutnya dengan warna yang mereka sukai umumnya akan pergi ke salon karena hampir setiap salon menawarkan layanan pengecatan rambut. Biasanya salon menawarkan harga atau tarif yang bervariasi dari yang murah hingga mahal, tergantung pada kebijakan dan popularitas salon tersebut serta produk pewarna rambut yang digunakan.

Namun selain ke salon, anda bisa mengecat rambut anda sendiri dirumah jika anda memiliki waktu dan kesempatan. Anda tidak perlu bingung cara memulainya bagaimana, dimana kali ini kami akan membagikan tutorial cat rambut sendiri dirumah dengan atau tanpa bleaching yang bisa anda simak dibawah ini.

Panduan Cat Rambut Sendiri di Rumah

Tutorial Cat Rambut Sendiri di Rumah

Menyiapkan Semua Alat dan Bahan Yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus anda lakukan sebagai persiapan awal untuk mengecat rambut dimana anda bisa mulai menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Adapun beberapa peralatan yang dibutuhkan diantaranya ada tempat plastik, sarung tangan, sisir, handuk, cermin, kuas rambut dan jepit rambut.

Baca juga  Begini Tips Memilih Mobil Sewaan Untuk Explore Bali

Saat membeli produk cat rambut umumnya sudah ada paket kuas dan sarung tangan. Namun beberap brand ada juga yang tidak menyediakannya, jadi sebagai persiapan awal sebaiknya siapkan semua peralatan dan bahan untuk mengecat rambut tersebut.

Anda bisa juga siapkan petrolium jelly yang sudah banyak dijual di pasar sebagai tambahan dimana fungsi petrolium jelly di sini adalah untuk meredakan rasa pedih jika mungkin nanti secara tidak sengaja anda menyentuh atau terken cat rambut di kulit.

Memilih Warna Cat Rambut Sesuai Selera

Memilih warna cat rambut juga termasuk bagian cara mewarnai rambut yang sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya jika warna yang dipilih tidak sesuai dengan tone kulit maka rambut akan terlihat tidak menarik. Ada banyak sekali pilihan warna yang disediakan oleh cat rambut.

Untuk Anda yang memiliki tone kulit cool, Anda bisa mempertimbangkan warna cat rambut yang lebih cerah atau sejenis neon. Sebaliknya jika tone kulit Anda terlihat lebih hangat maka jenis warna cat rambut yang bisa dipakai adalah seperti merah gelap, keabuan, dan lain-lain.

Sebagai informasi, untuk jenis warna cerah biasanya prosesnya butuh waktu yang agak lama karena butuh hasil warna yang maksimal. Sebaliknya untuk jenis warna yang gelap, biasanya prosesnya lebih cepat dan tidak butuh banyak perawatan.

Lindungi Area Sekitar Rambut

Langkah tutorial cat rambut sendiri yang selanjutnya adalah dengan melindungi beberapa bagian kulit yang ada di sekitar rambut. Beberapa area yang perlu dilindungi adalah seperti pelipis, dahi, tengkuk leher dan area sekitar telinga.

Seperti yang anda tahu bahwa cat rambut pasti mengandung bahan kimia yang bisa membuat reaksi pada kulit seperti kemerahan atau gatal-gatal. Itulah mengapa area sekitar rambut perlu dilindungi. Untuk melindunginya anda bisa gunakan petrolium jelly yang sebelumnya sudah disiapkan. Oleskan saja secukupnya petrolium jelly di area-area yang sudah disebutkan.

Baca juga  7+ Spot Foto Estetik dan Instagramable di Surabaya

Gunakan Penutup Bahu dan Sarung Tangan

Selanjutnya jangan lupa pasang sarung tangan agar tangan tetap aman selama proses mewarnai rambut. Tentu saja sarung tangan ini sangat penting perannya karena yang akan disentuh adalah bahan kimia berbahaya untuk kulit. Selain itu penutup bahu atau pundak juga perlu digunakan.

Dalam hal ini anda bisa gunakan handuk kecil. Penutup pundak ini dipasang agar nantinya cairan cat warna rambut tidak menempel pada baju.

Rapikan Rambut dan Bagi Jadi Beberapa Bagian

Langkah berikutnya untuk tutorial cat rambut yang dilakukan sendiri adalah merapikan sekaligus membagi rambut dalam beberapa bagian agar memudahkan proses pengecatan rambut. Namun sebelum itu pastikan dulu rambut yang akan diwarnai harus dalam keadaan kering.

Usahakan agar tidak keramas atau melakukan perawatan rambut apapun sebelum mewarnainya. Anda bisa keramas sehari sebelum proses pewarnaan rambut ini. Untuk pembagian rambutnya bisa dibagi dari bagian atas, tengah dan bawah.

Racik Cat Rambut

Anda bisa memulai racik cat rambut yang akan digunakan. Campurkan racikan cat rambut di dalam wadah atau mangkuk plastik khusus yang sudah tidak dipakai untuk makanan. Gunakan kuas dan sisir langsung untuk mengaduk racikan.

Tes Cat Pada Rambut dan Kulit

Tidak semua rambut dan kulit cocok dengan cat rambut yang akan diaplikasikan. Bisa jadi terdapat reaksi alergi pada kulit atau rambut. Maka sebelum mengecat keseluruhan bagian rambut, maka tidak ada salahnya untuk mengecek dulu cat yang ditempel pada kulit dan rambut.

Mulai Aplikasikan Cat Rambut

Kemudian masuk ke tutorial cat rambut yang paling inti dimana anda bisa memulai mengecat rambut dengan racikan cat yang sudah disiapkan sebelumnya. Untuk mengaplikasikan pengecatan, sebaiknya mulai dari bagian akar rambut hingga ke bagian bawah.

Pengecatan rambut memang umumnya dilakukan mulai dari area ajar rambut karena area tersebut lebih lama berubah warna, untuk itu agar hasil tidak belang anda bisa mengecat bagian akar rambut terlebih dulu. Untuk menyapukan cat ke rambut, anda bisa gunakan bagian kuas yang sudah menyatu dengan sisir cat rambut. Sedangkan bagian sisirnya sendiri bisa digunakan untuk meratakan cat yang sudah disapukan pada bagian rambut.

Baca juga  6 Pilihan Jenis Tanaman Indoor Estetik Yang Cantik untuk Dirumah Anda

Bersihkan Cat yang Menempel Pada Kulit

Tidak menutup kemungkinan selama proses mengecat rambut, masih terdapat cat rambut yang menempel pada kulit maupun pakaian. Maka agar tidak terjadi reaksi kimia seperti gatal atau kemerahan, maka sebaiknya anda segera membersihkan sisa cat menggunakan tisu basah atau air secara langsung.

Bilas Rambut

Jika anda telah mengecat rambut rata ke seluruh bagian rambut yang diwarnai, maka anda perlu menunggu 20 hingga 30 menit agar cat warna merasuk pada seluruh bagian rambut. Lalu anda bisa membilas rambut yang sudah didiamkan selama kurang lebih 30 menit tadi.

Sebaiknya usahakan agar membilas rambut menggunakan air dingin atau air biasa yang tidak hangat atau panas. Penggunaan air dingin untuk membalas rambut ini bertujuan menutup kutikula rambut. Gunakan shampo khusus rambut dibleaching atau diwarnai.

Umumnya memang ada shampo khusus untuk rambut yang pernah mendapatkan perawatan bahan kimia. Hal ini dilakukan agar cat rambut tidak merusak rambut. Dan akan jauh lebih baik lagi jika anda juga menggunakan kondisioner untuk menghaluskan rambut karena rambut yang diwarnai umumnya akan bertekstur kasar. Untuk itu gunakan kondisioner agar rambut tidak hanya menarik denhan warnanya, namun juga lembut dan mudah diatur.

Sekian informasi mengenai tutorial cat rambut sendiri dirumah dengan atau tanpa bleaching yang bisa anda terapkan sendiri dirumah jika anda memiliki waktu. Dengan begitu, anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk mengecat rambut di salon. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *