10 Tujuan Wisata Alam dan Sejuk di Jawa Tengah

0
Tujuan Wisata Alam dan Sejuk di Jawa Tengah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tujuan wisata alam yang sejuk dan menyegarkan di seluruh penjuru provinsi Jawa Tengah yang jangan sampai anda lewatkan.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana Jawa Tengah yang menjadi salah satu provinsi terluas di Indonesia, menawarkan berbagai tujuan wisata alam yang memukau dan menyejukkan. Terdapat banyak pilihan tujuan wisata yang bisa anda sesuaikan dengan lokasi dan keinginan anda.

Sebut saja mulai dari wisata pegunungan hijau yang asri dan segar, hingga wisata pantai yang ekstotis di berbagai daerah di Jawa Tengah. Dijamin anda tidak akan kehabisan pilihan tujuan wisata di Jawa Tengah dengan banyaknya opsi yang tersedia.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tujuan wisata alam yang sejuk di Jawa Tengah yang cocok bagi anda yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari dan menikmati kedamaian dan kesegaran alam.

Penasaran? langsung saja simak daftar tujuan wisata yang bisa menjadi referensi anda sebagai berikut.

Tujuan Wisata Alam dan Sejuk di Jawa Tengah

Tujuan Wisata Alam dan Sejuk di Jawa Tengah

Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar

Pertama, anda harus mengunjungi Kecamatan Ngargoyoso di Jawa Tengah yang berhawa sejuk karena berada di ketinggian. Beberapa tempat wisata di Ngargoyoso, antara lain Kebun Teh Kemuning, Candi Sukuh, dan Candi Cetho.

Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar

Tempat ini berlokasi di dataran tinggi sebelah selatan Gunung Lawu, Tawangmangu jadi destinasi favorit masyarakat Soloraya, Magetan, Madiun, dan sekitarnya untuk ngadem saat cuaca panas. Terdapat banyak tempat wisata di Tawangmangu, mulai dari alam hingga buatan, seperti Air Terjun Grojogan Sewu, pendakian Bukit Mongkrang, Sakura Hills, dan Lawu Park.

Baca juga  5 Tips Cara Packing Koper saat Traveling Agar Anda Tidak Kewalahan

Getasan, Kabupaten Semarang

Selanjutnya, ada destinasi wisata yang berada di lereng Gunung Merbabu sisi utara, yakni Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Anda bisa menyaksikan keasrian alam berpadu dengan udara sejuk di sini. Ada banyak tempat wisata menarik, seperti Merbabu 360, Agrowisata Kopeng Gunungsari, hingga Kopeng Treetop.

Bandungan, Kabupaten Semarang

Kabupaten Semarang masih punya satu lagi tempat wisata berhawa sejuk, yakni Kecamatan Bandungan. Destinasi wisata ini berada di selatan Gunung Ungaran. Beberapa tempat wisata di Bandungan, antara lain Candi Gedong Songo, Taman Bunga Celosia Bandungan, hingga Wisata Alam Perantunan.

Sawangan, Magelang

Destinasi wisata ini ada di sebelah barat Kecamatan Selo dan masih berada di dataran tinggi antara Gunung Merapi dan Merbabu. Terdapt beberapa tempat wisata di sini, antara lain adalah Negeri Khayangan, Gardu Pandang Ketep Pass, dan Gunung Gupak.

Kaliangkrik, Magelang

Destinasi wisata selanjutnya ada di lereng Gunung Sumbing, yakni kawasan Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Selain sejuk, destinasi wisata ini juga menyuguhkan keindahan panorama sunrise pada pagi hari saat cuaca cerah.

Tempat wisata juga tersebar luas di tempat ini, seperti Silancur Highland, Mangli Sky View, hingga Nepal van Java.

Kejajar-Dieng, Wonosobo dan Banjarnegara

Membentang dari Kecamatan Kejajar di Kabupaten Wonosobo, hingga ke utara menuju Dataran Tinggi Dieng kawasan Kabupaten Banjarnegara, merupakan destinasi wisata favorit. Tempat-tempat wisata bertebaran di sana, mulai dari kebun teh, Batu Angkruk, Candi Arjuna, Kawah Sikidang, hingga pemandian air panas.

Baturraden, Banyumas

Berada di kaki atap Jawa Tengah, yakni Gunung Slamet, Baturraden menyuguhkan nuansa alam yang asri dan sejuk. Tempat ini jadi tujuan wisata masyarakat Purwokerto, Banyumas, dan Purbalingga. Beberapa tempat wisata di sana, antara lain Hutan Pinus Limpakuwus dan Pancuran Pitu.

Baca juga  8 Spot Wisata di Solo yang Instagramable Dan Hits

Guci, Tegal

Kabupaten Tegal juga punya destinasi wisata favorit yang berada di lereng Gunung Slamet sisi utara, yakni Guci. Keunikan destinasi wisata Guci selain menyuguhkan udara sejuk, juga memiliki pemandian air panas alami.

Selo, Boyolali

Terakhir dan tidak kalah menariknya dengan beberapa tujuan wisata diatas adalah Selo di Boyolali. Beberapa tempat wisata di Kecamatan Selo, antara lain adalah Embung Manajar, Bukit Sanjaya, hingga pendakian Gunung Merbabu.

Demikian informasi mengenai tujuan wisata alam yang sejuk dan menyegarkan di seluruh penjuru provinsi Jawa Tengah. Masih ada banyak tujuan wisata lainnya yang tidak sempat kami sebutkan disini. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *