10 Tips Tetap Sehat Saat Banyak Kerjaan

0
Tips Tetap Sehat Saat Banyak Kerjaan

Bagi anda yang memiliki seabrek kerjaan atau tugas, maka penting untuk memastikan kesehatan anda selalu terjaga agar bisa mengerjakan dan menyelesaikan kerja dengan baik. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips tetap sehat saat banyak kerjaan untuk anda simak dibawah ini.

Menjaga kesehatan saat kerjaan menumpuk bisa jadi menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang dimana menumpuknya kerjaan bisa membuat fisik dan pikiran manusia melemah dan mudah diserang penyakit.

Tetap sehat pun dibutuhkan untuk bisa mengerjakan tugas dengan baik dan sesuai perencanaan. Dan agar tetap sehat, maka pastinya terdapat beberapa hal ekstra yang harus anda lakukan untuk menjaga kesehatan anda walaupun sedang memiliki banyak kerjaan. Berikut beberapa tips tetap sehat saat banyak kerjaan yang bisa anda simak dibawah ini.

Tips Tetap Sehat Saat Banyak Kerjaan

Tips Tetap Sehat Saat Banyak Kerjaan

Sering mencuci tangan

Tips pertama dan paling mudah dilakukan tetapi sering dilupakan adalah dengan mencuci tangan dimana tampaknya masih belum banyak orang yang menganggap cuci tangan sebagai hal yang serius. Cucilah tangan anda sebelum makan, setelah menggunakan kamar mandi, dan setelah bersin atau batuk. Cuci sesering mungkin karena tenang saja tidak ada yang namanya terlalu sering mencuci tangan.

Jaga kebersihan area kerja

Rata-rata meja kerja mengandung seratus kali lebih banyak bakteri daripada dudukan toilet. Oleh karena itu, jagalah area kerja anda tetap tersusun rapi. Rapikan meja setiap hari sesaat sebelum pulang kerja.

Baca juga  Begini Cara Bikin Visa Korea, Beserta Syarat dan Biayanya

Selain itu, simpan lap dan cairan pembersih atau pensteril di meja kerja anda. Bersihkan permukaan meja secara teratur.

Cukup minum

Terhidrasi dengan baik sangat penting bagi produktivitas, energi, dan kesehatan anda secara menyeluruh. Air membantu anda tetap waspada dan segar. Cukup minum juga meningkatkan pikiran yang jernih. Beli botol minum besar yang dapat anda simpan di atas meja kerja dan isi ulang setiap hari.

Menyiapkan pembersih tangan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mencuci tangan harus dilakukan banyak kesempatan. Meski demikian, saat bekerja Anda mungkin tidak dapat terlalu sering beranjak dari meja kerja anda.

Dalam kasus tersebut, contohnya setelah bersin atau batuk, segera gunakan pembersih tangan alias hand sanitizer. Sediakan hand sanitizer di meja kerja anda sehingga ia dapat mudah digunakan saat dibutuhkan.

Hindari rekan kerja yang sedang sakit

Sebisa mungkin, hindari interaksi yang telalu dekat dengan rekan kerja yang sedang sakit atau menunjukkan gejala-gejala akan sakit. Cuci tangan setelah Anda menghabiskan waktu atau berada di dekat area kerja rekan yang sakit.

Di samping itu, memastikan manajemen kantor untuk menyadari bahwa ada seseorang yang bekerja di saat sakit merupakan ide bagus. Sebab, akan lebih baik untuk semua orang kantor jika mereka yang sakit tinggal di rumah untuk beristirahat.

Makan yang baik, termasuk makan siang sehat

Rencanakan menu makanan anda untuk satu minggu, termasuk apa yang akan anda santap untuk makan siang. Luangkan waktu di malam hari untuk menyiapkan makan siang sehat esok hari. Pastikan makanan anda mengandung protein, salad atau sayuran segar, juga buah-buahan segar untuk energi sepanjang hari.

Istirahat dan keluar untuk dapatkan matahari dan udara segar

Pastikan anda mendapatkan asupan vitamin D yang cukup setiap hari dengan keluar ruangan setiap hari. Bahkan saat hari-hari kerja paling sibuk, amat penting keluar ruangan untuk beberapa menit saja.

Baca juga  8+ Game Matematika Sarat Edukasi Untuk Belajar Anak

Segarkan diri Anda di luar ruangan dan sempatkan diri berjalan-jalan santai di sekitar gedung kantor Anda. Atau tenangkan diri Anda sejenak dari kesibukan kerja dengan duduk dan bermeditasi dikelilingi oleh alam.

Makan camilan

Untuk kesehatan dan energi yang optimal, pastikan anda menyediakan camilan sehat di meja kerja yang dapat anda kunyah setiap kali rasa lapar menyerang. Tinggalkan makanan cepat saji dari vending machine dan beralih pada buah-buahan, kacang, yoghurt, dan keju.

Saat jeda antara satu waktu makan dengan yang lainnya, kadar gula dalam tubuh menurun sehingga kerap mendorong anda mengambil makanan cepat saji atau makanan manis yang tersedia di dekat anda. Alih-alih demikian, usahakan makan setiap dua atau tiga jam untuk menjaga kadar gula darah stabil dan energi meningkat untuk sepanjang hari.

Atur stres dengan tepat

Banyak pekerja yang hanya memikirkna ritme kerja yang cepat sehingga sering dirundung kesibukan. Banyak perusahaan yang menuntut pekerjanya untuk melakukan banyak hal dengan sedikit pengorbanan.

Agar bisa bekerja dengan efektif dan tetap sehat, anda harus belajar mengatur tingkat stres anda dengan baik. Mulai dari meluangkan waktu untuk spa, bersama keluarga, atau buku yang bagus, carilah aktivitas yang merelaksasi anda. Pastikan menjaga kesehatan sebagai prioritas utama.

Batasi konsumsi kafein

Dan terakhir, bisa anda termasuk pecinta kopi, maka anda harus mengingat untuk meminum kopi dan makanan atau minuman lain yang mengandung kafein secukupnya. Anda bisa mencoba mengurangi konsumsi kafein, batasi hanya satu cangkir saja pada pagi hari.

Anda juga dapat mengurangi konsumsi kalori dan gula dengan meminum kopi tanpa krim atau gula. Rasanya mungkin tidak senikmat biasanya, namun itu amat baik untuk kesehatan.

Baca juga  5 Tips Investasi Kaum Millenial di P2P Lending

Demikian informasi mengenai tips tetap sehat saat banyak kerjaan untuk menjadi catatan sekaligus menambah informasi kesehatan anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *