Tips Sebelum Mencari Kerja di Luar Negeri

0
Tips Sebelum Mencari Kerja di Luar Negeri

Bagi anda yang sedang memikirkan peluang mencari kerja di luar negeri maka penting bagi anda mengetahui tips mencari kerja diluar negeri agar anda bisa betah dan mendapatkan pekerjaan serta penghasilan seperti yang anda harapkan sebelum meninggalkan tanah air.

Bukan rahasia umum lagi dimana banyak orang yang memiliki mimpi bekerja diluar negeri karena dikenal memiliki standar gaji yang lebih tinggi dibandingkan gaji ditanah air. Namun tentunya tidak semua negara yang menjadi tujuan para pencari kerja yang dikenal memiliki gaji tinggi dimana terdapat beberapa negara yang membutuhkan tenaga kerja dari luar negeri dan menawarkan standar gaji yang tinggi. sebut saja seperti negara Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Qatar, negara-negara di Eropa hingga negara tetangga Malaysia yang juga menawarkan gaji sedikit lebih tinggi dari gaji di Indonesia.

Selain gaji yang tinggi, berhasil kerja di luar negeri untuk jenis pekerjaan yang membutuhkan skill dan keterampilan khusus juga akan membawa dampak positif bagi karier dan riwayat kerja para profersional yang bisa diartikan penuh akan pengalaman dan telah berhasil menembus dunia kerja internasional sehingga akan sangat baik untuk jenjang karir.

Akan tetapi bekerja di luar negeri tidak semudah membalikkan telapak tangan dan bukan hanya sekedar gaji yang tinggi dimana anda harus juga memikirkan beberapa aspek lainnya yang juga sangat penting untuk anda perhatikan. Untuk itu, kali ini kami akan membagikan tips sebelum mencari kerja di luar negeri yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Sebelum Mencari Kerja di Luar Negeri

Tips Sebelum Mencari Kerja di Luar Negeri

Antisipasi Perbedaan Bahasa

Apabila anda ingin bekerja dan menetap di negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, pastikan bahwa anda mampu mempelajari bahasa tersebut. Sebab, perbedaan bahasa dengan penduduk setempat dapat menyulitkan proses bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Sebagai permulaan, fokuslah mempelajari kalimat praktis yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, anda akan lebih mudah ketika menjelajahi kota, mengakses fasilitas umum, dan bekerja dengan efektif di tempat kerja.

Pahami Budaya Perusahaan

Sebelum melamar dan bergabung dengan perusahaan baru di luar negeri, pastikan anda memahami budaya perusahaan tersebut, terlebih jika memutuskan untuk bekerja di divisi yang berbeda dari perusahaan saat ini.

Hal ini penting bagi calon pelamar kerja untuk mengetahui apakah perusahaan memberikan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan kerja. Selain itu, pastikan juga apakah perusahaan dapat menjamin jenjang karier di masa depan.

Pahami Ketentuan Visa

Perlu anda ketahui bahwa beberapa negara di dunia memiliki sejumlah jenis visa yang mengharuskan para pekerja internasional untuk kembali ke negara asal secara berkala. Meskipun banyak perusahaan yang memberikan dukungan dalam proses mendapatkan visa kerja, pahami secara pasti ketentuan yang ditetapkan agar tidak memperoleh masalah serius di kemudian hari.

Selain itu, pastikan bahwa anda memiliki rencana lain jika terjadi sesuatu terhadap visa kerja, seperti perubahan aturan atau kondisi kerja.

Mengetahui Ketentuan Libur dan Hari Besar

Serupa dengan zona waktu, bekerja dengan perusahaan luar negeri juga berarti anda memiliki perbedaan hari libur. Sebab, perusahaan pasti akan menyesuaikan hari libur dengan kebijakan pemerintah setempat. Maka dari itu, pastikan bagaimana perusahaan memberikan kebijakan hari libur, termasuk saat hari raya keagamaan.

Baca juga  7 Rekomendasi Kampus Swasta Terbaik di Jakarta Dengan Jurusan Serta Biaya Kuliah

Pahami Perbedaan Zona Waktu

Seiring dengan perkembangan teknologi, ada sejumlah perusahaan yang tidak mewajibkan para pekerja asingnya untuk bekerja di kantor (work from office) atau pekerjaan dapat dilakukan dengan jarak jauh (remote atau work from anywhere).

Maka dari itu, anda harus memahami perbedaan zona waktu sedetail mungkin agar anda tidak melewati agenda-agenda penting perusahaan dan melewatkan jam kerja. Selain itu, persiapkan kondisi fisik dengan baik agar tubuh anda siap bekerja dengan waktu yang berbeda dari para pekerja di dalam negeri.

Demikian informasi mengenai tips mencari kerja diluar negeri. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda para pencari kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *