Tips Panduan Memilih Lantai Rumah Agar Makin Cantik dan Estetik

0
Tips Panduan Memilih Lantai Rumah Agar Makin Cantik

Apakah anda bingung memilih lantai dirumah anda agar terlihat makin cantik dan estetik? maka berikut kami bagikan tips panduan memilih lantai rumah yang bisa menjadi referensi anda.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana memilih lantai untuk rumah merupakan keputusan penting yang akan memengaruhi estetika dan keseluruhan suasana interior. Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia di pasaran, maka tidak heran apabila banyak pemilik rumah menjadi kebingungan ketika memiliki lantai rumah.

Agar anda tidak salah memilih lantai rumah, tentunya ada beberapa dasar pertimbangan yang penting untuk pikirkan sebelum memutuskan memilih lantai rumah yang akan anda gunakan. Adapun beberapa faktor tersebut seperti mempertimbangkan faktor-faktor seperti gaya dekorasi yang anda inginkan, tingkat kepadatan lantai yang diperlukan untuk ruangan tertentu, serta daya tahan dan perawatan yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, penting juga untuk mempertimbangkan kepraktisan lantai dalam jangka panjang, seperti kemudahan pembersihan dan keawetan materialnya. Dan dengan memahami kebutuhan dan preferensi anda, maka anda membuat pilihan yang cerdas dan estetis untuk lantai rumah anda yang akan mempercantik ruangan dan meningkatkan nilai estetika keseluruhan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut kami bagikan tips panduan memilih lantai rumah agar makin cantik dan estetik yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Memilih Lantai Rumah

Tips Panduan Memilih Lantai Rumah Agar Makin Cantik

Ketersediaan Biaya

Hal pertama yang harus anda pertimbangkan adalah menghitung ketersediaan biaya yang akan dianggarkan untuk anda keluarkan. Apabila anda mempunyai anggaran minim, maka anda bisa memilih lantai dengan harga terjangkau dengan tetap memperhatikan kualitas material.

Baca juga  5 Tips Liburan ke Turki Biar Kantong Tidak Jebol dan Terhindar dari Penipuan

Sebaliknya, apabila anda punya anggaran cukup besar akan lebih leluasa dalam menentukan pilihan jenis dan material lantai. Anda bisa memilih lantai yang minimalis namun tahan lama atau lantai dengan kesan mewah, Semua tergantung kebutuhan desain interior ruangan.

Bahan Dasar Material

Pertimbangan selanjutnya adalah dengan memilih bahan dasar material sesuai dengan anggaran dan penempatannya. Sebagai contoh di ruangan kamar mandi atau dapur, di ruangan ini anda tentu membutuhkan lantai dengan kualitas kuat dan tahan lama. Adapun jenis material lantai yang cocok untuk ruangan tersebut adalah lantai keramik, ubin dan marmer.

Berbeda dengan ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur dan ruang kerja. Pada ruangan-ruangan tersebut anda bisa menggunakan lantai granit dan lantai kayu agar bisa memberi kesan estetis dan cantik.

Tingkat Ketahanan

Tentunya, siapa saja ingin memiliki lantai yang awet dan juga bisa digunakan dalam waktu yang lama maka dari itu penting memilih lantai berdasarkan ketahanannya.

Sama seperti saat memilih bahan dasar material, menentukan tingkat ketahanan lantai juga perlu menyesuaikan dengan ruangannya. Jadi bila ingin memasang lantai untuk kamar mandi, anda harus memilih lantai dengan tingkat ketahanan yang kuat. Jenis yang sesuai dengan ruangan kamar mandi adalah lantai granit. Hal ini karena lantai granit cenderung tahan air, anti rayap dan anti tahan jamur.

Motif atau Corak Menarik

Bagi anda yang menyukai desain interior minimalis atau luxury, maka ini ternyata juga penting untuk dipertimbangkan sebelum memilih lantai di rumah anda. Kalau hunian anda berkonsep minimalis, lantai dengan corak dan motif sederhana akan lebih sesuai.

Berbeda jika anda ingin membuat desain interior luxury di mana anda bisa mengaplikasikan lantai dengan ragam motif dan corak menarik. Dengan demikian, lantai pilihan anda akan menambah kesan mewah pada ruangan. Beberapa jenis contoh lantai yang selaras dengan konsep mewah adalah lantai kayu, granit dan marmer.

Baca juga  9+ Recomended Drakor Sedih Yang Menguras Air Mata, Wajib Tonton!

Kesesuaian Ukuran

Tips memilih lantai rumah selanjutnya, yaitu kesesuaian ukuran. Walaupun bisa dipotong berdasarkan beragam ukuran, tapi jika anda bisa memilih lantai dengan ukuran yang tepat tentu akan lebih menghemat anggaran bukan?

Maka dari itu, ada baiknya anda menggunakan lantai dengan ukuran yang sesuai dengan ruangan. Setiap jenis lantai mempunyai ukurannya masing-masing. Adapun jenis yang sering dijumpai, di antaranya:

  • Berukuran kecil 20x20cm
  • Berukuran standar 30x30cm
  • Berukuran sedang 40x40cm
  • Berukuran besar 45x45cm
  • Berukuran ekstra besar 50x50cm

Cara Perawatan yang Benar

Ada beragam jenis lantai dengan perawatan khusus. Misalnya , seperti lantai marmer dan tegel yang perlu anda poles secara rutin dengan cairan pembersih. Lalu, ada juga lantai vinyl yang tidak bisa dibersihkan dengan menggunakan bahan kimia.

Bila anda tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan perawatan, bisa memilih lantai berjenis keramik karena dapat dibersihkan hanya dengan di lap. Untuk itu, silakan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Tekstur Lantai

Setiap jenis lantai mempunyai tekstur berbeda. Mulai dari bertekstur kasar hingga lembut. Ketika ingin menempatkan lantai di kamar mandi anda sebaiknya memilih yang berkontur kasar. Dengan begitu, kamar mandi anda tidak akan licin saat digunakan seperti lantai batu alam atau granit. Untuk ruang tidur atau ruang keluarga anda dapat memilih lantai dengan tekstur lembut. Tekstur lembut tersebut dapat ditemukan pada lantai berjenis karpet atau parket.

Konsep Rumah

Industrial, minimalis, skandinavian atau japandi? Mana konsep rumah yang anda gunakan? Bila rumah anda mengusung konsep industrial, bisa menggunakan lantai beton dan vinyl. Ini karena jenis lantai ini menunjukkan kesan unfinish sebagai ciri khas dari konsep industrial.

Sedangkan jika rumah anda minimalis, pakailah lantai dengan corak sederhana tapi tetap memiliki kualitas tinggi. Misalnya, lantai plester, lantai keramik dan lantai ubin.

Baca juga  7 Destinasi Wisata Jogja Bernuansa Alam, Segar dan Cocok Untuk Healing

Penghuni Ruangan

Dalam memilih lantai rumah, setiap ruangan pasti punya dihuni oleh masing-masing orang dengan karakter berbeda. Sebagai contoh ruangan foyer atau lobi rumah. Di kawasan ini tentu akan sering dilewati oleh banyak orang. Karena itu, tidak disarankan anda menggunakan jenis yang mudah rusak seperti karpet atau vinyl. Pilihlah lantai dengan karakter solid seperti granite agar lebih awet digunakan dalam waktu yang lama

Contoh lainnya, yakni ruangan anak. Di mana pada ruangan ini anda disarankan untuk mengaplikasikan lantai berjenis karpet, parket kayu atau linoleum agar lebih lunak digunakan oleh anak.

Warna Selaras

Pemilihan warna lantai juga menjadi salah satu tips memilih lantai rumah yang perlu anda perhatikan. Tentukanlah warna lantai yang match dengan warna dinding, apakah ingin membuat paduan warna kontras atau padu.

Untuk ruangan seperti dapur, anda bisa saja menggunakan lantai berwarna gelap agar tidak mudah terlihat kotor saat sedang memasak. Berbeda dengan ruang tamu di mana anda bisa memilih lantai dengan warna cerah agar terlihat nyaman untuk ditinggali.

Sekian informasi tentang panduan memilih lantai rumah agar makin cantik dan estetik yang bisa menjadi pertimbangan anda sebelum memutuskan membeli lantai untuk rumah anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *