7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Date:

Share post:

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan tips olahraga jalan kaki yang baik untuk menurunkan berat badan.

Siapa bilang menurunkan berat badan harus membutuhkan biaya besar, dimana dengan berolahraga jalan kaki secara gratis dan mudah bisa membantu anda menurunkan berat badan.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana olahraga jalan kaki merupakan olahraga yang sangat mudah dilakukan, dimana anda cukup keluar rumah dan berjalan keliling kompleksi rumah anda maupun berjalan di taman kota maupun tempat yang nyaman bagi anda. Berolahraga jalan kaki pun hampir bisa dilakukan secara gratis dan bisa dilakukan siapa saja.

Dan inilah solusi olahraga mudah dan gratis yang bisa anda lakukan untuk menurunkan berat badan, dimana menurut beberapa sumber, jalan kaki bisa membantu membakar kalori yang mana jalan kaki sepanjang 1,6 kilometer, contohnya anda dapat membakar sekitar 100 kalori.

Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Peregangan sebelum jalan kaki

Meregangkan dan mengaktifkan otot-otot tertentu sebelum jalan kaki akan membantu mengurangi kemungkinan nyeri dan cedera. Apabila anda merasakan nyeri saat berjalan, maka ini jadi tanda tubuh memberi tahu bahwa anda benar-benar perlu mulai mendedikasikan waktu untuk mobilitas sendi.

Menggendong beban

Menambah beban saat berjalan akan menuntut tubuh lebih kuat. Hal ini juga akan menambah intensitas berjalan kaki. Biasanya, apa pun yang membuat olahraga lebih menantang akan meningkatkan kalori yang terbakar.

Baca juga  5 Gejala Turun Peranakan yang Harus Diketahui Wanita dan Faktor Penyebabnya

Sisipkan joging atau lari singkat

Jalan kaki saja tidak akan banyak membakar kalori. Sebaiknya, sisipkan joging atau lari setidaknya 10 detik lalu jalan kaki lagi selama dua menit dan ulangi lagi.

Cari jalur menanjak

Untuk membantu meningkatkan pembakaran kalori, pilih jalur menanjak. Pilihan lainnya, anda perlu mempertimbangkan untuk mulai lebih banyak menggunakan tangga manual dibandingkan eskalator atau lift.

Fokus pada bentuk dan postur

Selama jalan kaki, perhatikan bentuk dan postur tubuh. Jaga pandangan tetap ke depan agar kecepatan jalan meningkat dan langkah lebih panjang. Anda juga perlu fokus mengencangkan otot perut dan bokong.

Power walk berkala

Power walk secara berkala akan meningkatkan jumlah kalori yang terbakar. Anda bisa coba awali dengan jalan kaki selama 5-10 menit untuk pemanasan. Kemudian, naikkan kecepatannya dan lanjutkan dengan kecepatan yang yang lebih tinggi tapi berkelanjutan selama 10-15 detik sebelum kembali ke kecepatan normal.

Tambah jumlah langkah setiap hari

Jalan kaki sebanyak 10 ribu langkah memang membantu menurunkan berat badan sebab ada seribu kalori terbakar. Namun, anda tidak perlu langsung menghajar 10 ribu langkah sekaligus di saat pertama kali mencoba berjalan kaki. Tetapkan target yang kiranya mampu dicapai dan tingkatkan setiap harinya.

Demikian informasi mengenai tips olahraga jalan kaki yang baik untuk menurunkan berat badan. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

6 Destinasi Tempat Agrowisata di Bali, Cocok Untuk Wisata Keluarga

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan destinasi tempat agrowisata di Bali yang cocok untuk liburan wisata keluarga...

Panduan Cerdas Investasi Emas Dengan Gaji Kecil

Bagi anda yang ingin berinvestasi emas tetapi berkecil hati karena gaji yang kecil, maka anda harus menyimak tips...

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...

Berapa Biaya Liburan ke Jepang? Ini Rincian dan Prosesnya

Bagi anda yang penasaran berapa biaya liburan ke Jepang untuk jalan-jalan ke negeri sakura ini, maka anda tepat...