7 Tips Merencanakan Liburan Seru Bersama Keluarga

0
Tips Merencanakan Liburan Seru Bersama Keluarga

Liburan bersama keluarga tercinta pastinya akan menjadi momen yang berharga, maka dari itu penting untuk memiliki perencanaan yang baik. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips merencanakan liburan seru bersama keluarga yang bisa anda simak dibawah ini.

Dalam merencanakan liburan bersama keluarga untuk bisa menjadi momen yang menyenangkan dan berkesan, maka diperlukan persiapan yang matang untuk memastikan semuanya berjalan lancar meliputi perencanaan budget liburan, destinasi liburan, transportasi, penginapan dan lain sebagainya. Berikan kesempatan setiap anggota keluarga akan merasa terlibat dan memiliki kesempatan untuk menyampaikan preferensi dan keinginan mereka, sehingga meningkatkan kesenangan dan antusiasme selama liburan.

Selain itu, penting juga untuk membuat jadwal atau rencana perjalanan yang fleksibel namun terstruktur agar anda dan keluarga telah memiliki gambaran apa saja yang akan anda lakukan. Rencana perjalanan bisa berubah pada saat telah sampai dilokasi tujuan, tetapi sebaiknya tetap menyesuaikan dengan jadwal dan rencana yang ada.

Dan sesuai dengan judul diatas, berikut kami bagikan tips merencanakan liburan seru bersama keluarga yang bisa menjadi referensi anda.

Tips Merencanakan Liburan Seru Bersama Keluarga

Tips Merencanakan Liburan Seru Bersama Keluarga

Siapkan Itinerary yang Ramah Keluarga

Pertama, hal yang harus dipahami dan paling penting untuk diperhatikan adalah liburan bersama keluarga ini sangat berbeda dengan solo traveling yang mungkin pernah anda lakukan. Sebab liburab bersama keluarga, anda tidak hanya mengajak orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Karenanya, pertimbangkan secara saksama pilihan itinerary agar semua anggota keluarga bisa menikmati liburan dengan penuh keceriaan.

Hal terlebih dahulu anda pikirkan adalan menentukan ke kota mana anda akan berlibur. Kemudian, anda bisa tanyakan kepada pasangan dan anak-anak mengenai tempat wisata seperti apa yang ingin mereka kunjungi. Dalam hal ini, anda harus tahu beragam pilihan destinasi wisata yang ramah anak dan keluarga. Selanjutnya, diskusikan dan tentukan pilihan tempat wisata, serta masukkan dalam daftar itinerary.

Baca juga  Begini Cara Membuat Visa Australia Beserta Syarat dan Biayanya

Persiapkan Kebutuhan Traveling

Apabila anda menentukan ke mana tujuan berlibur, selanjutnya anda bisa segera menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Hal ini penting agar nantinya tidak terlalu repot ketika tiba di lokasi tempat wisata. Apalagi, jika destinasi yang dituju berada di daerah yang notabenenya kurang strategis.

Sebelum menyiapkan segala sesuatunya, penting bagi anda untuk mengetahui kondisi di daerah tujuan utamanya terkait cuaca dimana hal ini akan sangat berpengaruh terhadap barang yang harus dibawa. Jika kota tujuan tengah dalam musim hujan, tentu anda harus menyiapkan baju hangat, obat-obatan, jas hujan, payung, dan sebagainya. Begitupun jika daerah yang dituju tengah musim panas, sunblock dan baju agak tipislah yang harus dibawa.

Bawalah baju lebih karena saat traveling bisa saja terjadi hal-hal yang tidak terduga, seperti baju sobek, basah, atau lainnya. Anda pun perlu membawa beberapa perlengkapan khusus, utamanya jika ada salah satu anggota keluarga yang memiliki penyakit bawaan.

Walaupun demikian, usahakan jangan membawa barang terlalu berlebihan. Selain akan membuat repot, ini juga akan sangat membebani terkait biaya bagasi. Bawalah barang secukupnya dan packing serapi mungkin.

Tidak hanya itu, dengan mengetahui kondisi cuaca, anda juga bisa mempertimbangkan kembali destinasi mana yang hendak dikunjungi. Jika tengah musim hujan, otomatis hindarilah berkunjung ke alam terbuka seperti pegunungan, dan sebaiknya pilihlah tempat wisata yang lebih aman. Contohnya, dengan cara staycation di hotel yang berfasilitas lengkap.

Pilih Transportasi dan Penginapan yang Nyaman

Merencanakan liburan bersama keluarga memang membutuhkan banyak pertimbangan, utamanya dalam hal pemilihan transportasi dan penginapan. Untuk transportasi, Anda harus memutuskan akan memilih jenis transportasi mobil pribadi, kereta api, atau pesawat. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang bisa Anda sesuaikan dengan kondisi.

Baca juga  8+ Aplikasi Chat Dewasa Terbaik Untuk Mencari Pasangan dan Jodoh

Contohnya jika tujuan berlibur masih tergolong jarak dekat, membawa mobil pribadi bisa menjadi pilihan tepat. Selain lebih nyaman, ini juga terbilang lebih fleksibel dan lebih bisa menghemat pengeluaran. Sebaliknya, jika Anda hendak berlibur ke luar negeri, masalahnya terletak pada bagaimana memilih travel agent yang tepat.

Di sini, anda harus bisa memilih jasa travel yang tepercaya agar semua urusan perjalanan bisa berjalan mudah, lancar, dan nyaman. Sedangkan untuk pemesanan hotel, Anda bisa memanfaatkan layanan Traveloka untuk mendapatkan beragam pilihan dan penawaran menarik. Jangan lupa pula untuk selalu membaca testimoni atau meminta rekomendasi terkait hal ini.

Anda bisa pilih Waktu Keberangkatan dengan Tepat

Disadari atau tidak pemilihan waktu keberangkatan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan perjalanan. Terlebih bagi anda yang akan membawa anak berusia di bawah 5 tahun, yang notabenenya rentan rewel jika dibawa bepergian jauh.

Jadi, alangkah baiknya anda memilih waktu perjalanan malam hari atau di saat jam tidur anak. Dengan begitu, diharapkan anak akan lebih tenang dan bisa beristirahat selama perjalanan. Demikian pula dengan anggota keluarga yang lain, bisa beristirahat demi menyiapkan stamina untuk liburan di esok hari. Namun, jika anda memutuskan untuk membawa kendaraan pribadi, pastikan supir dalam kondisi fit dan tidak mengantuk.

Kunjungi Tempat Wisata Khas Daerah

Liburan bersama keluarga taidak hanya bertujuan untuk melepas penat dan mempererat hubungan, tetapi sudah seharusnya terdapat edukasi. Karenanya, tak ada salahnya jika anda memasukkan tempat wisata khas daerah ke dalam daftar itinerary perjalanan wisata.

Dengan mengunjungi wisata khas daerah diharapkan anda dan keluarga bisa lebih mengenal kebudayaan masyarakat lokal setempat. Hal ini tentu akan menjadi sebuah pengalaman menarik bagi anak-anak, yang notabenenya masih diselimuti rasa ingin tahu yang tinggi. Tidak hanya itu, lokasinya yang masih tergolong asri dan alami juga akan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dari padatnya rutinitas khas perkotaan.

Baca juga  Tips Menciptakan Kesan Luas untuk Rumah yang Kecil

Kemudian, anda jangan lupa untuk membeli produk khas daerah setempat sebagai kenang-kenangan. Anda pun bisa membelinya untuk buah tangan kepada saudara, teman, atau kerabat. Meski demikian, belilah secukupnya atau sesuai bujet agar tidak terlalu boros.

Bawa Snack Favorit

Sebagaimana yang kita ketahui dimana perjalanan jauh tidak hanya akan membosankan tetapi juga mengundang rasa lapar. Karenanya, penting bagi anda untuk membawa makanan berupa camilan atau snack favorit. Untuk anak-anak, bisa juga dilengkapi dengan susu dan makanan kesukaan.

Anda bisa membawa bekal secukupnya sesuai dengan keperluan selama liburan. Kecuali jika anak tergolong balita yang susah beradaptasi dengan makanan baru, maka wajib hukumnya bagi anda untuk membawa stok bekal lebih.

Abadikan Momen Bersama Keluarga

Dan terakhir dimana selama liburan, anda jangan lupa untuk selalu mengabadikan momen bahagia bersama keluarga, baik itu dalam bentuk foto, video, ataupun vlog. Hal ini penting agar momen berkesan tersebut dapat dengan mudah diingat kembali ketika suatu saat melihatnya dalam bentuk fisik.

Apalagi, bagi anak-anak, ini tentu akan menjadi pengalaman dan kenangan berkesan bersama kedua orang tuanya dimana tentu akan sangat bahagia ketika suatu saat kembali melihat bahwa masa kecilnya dipenuhi dengan berbagai kenangan manis.

Sehingga jangan lupa untuk membawa perangkat yang dibutuhkan, seperti smartphone atau kamera digital. Kemudian, abadikanlah setiap momen, mulai dari yang lucu hingga foto bersama dengan formasi lengkap.

Demikian informasi mengenai tips merencanakan liburan seru bersama keluarga yang bisa menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *