Tips Menjaga Kesehatan Mata Yang Gemar Membaca atau Menatap Gadget

Date:

Share post:

Apakah anda gemar membaca buku atau terbiasa didepan gadget seperti laptop atau HP? maka simak tips menjaga kesehatan mata sebagai berikut.

Seperti yang kita ketahui bersama, mata adalah panca indera yang digunakan untuk melihat sekitar maka dari itu ketika mata mengalami gangguan maka pastinya akan membuat anda tidak nyaman dan bahkan bisa mengganggu aktivitas anda. Maka dari itu, pentingnya menjaga kesehatan mata sejak dini sebelum kerusakan mata terjadi pada anda.

Sekedar informasi kerusakan mata bisa terjadi karena barbagai hal dimana alasan terbesar karena pola dan gaya hidup yang tidak sehat atau tidak tepat. Salah satu yang paling umum penyebab gangguan mata adalah kebiasaan membaca buku pada tempat yang tidak memiliki pencahaan yang baik maupun terlalu sering memandang gadget seperti HP, laptop atau PC dimana banyak orang yang tidak bisa lepas dari gadget mereka dalam rutinitas sehari-hari.

Maka dari itu sebagai pencegahan dini, berikut kami berikan tips menjaga kesehatan mata bagi anda yang gemar membaca atau menatap layar gadget yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Membacalah dengan penerangan yang cukup

Tips pertama menjaga kesehatan mata bagi anda yang gemar membaca adalah membacalah pada ruang yang memiliki penerangan yang cukup. Hindari membaca di tempat yang terlalu gelap ataupun silau, seperti membaca di ruangan gelap atau di bawah terik matahari. Sebab, kedua hal itu akan memperbesar risiko penurunan fungsi pada mata. Selain merusak penglihatan, kondisi penerangan yang buruk juga tentu membuat aktivitas membaca menjadi tidak nyaman.

Baca juga  Cara Cek dan Kontrol Diabetes Dengan Aplikasi di Android

Maka dari anda harus memiliki tempat baca yang memiliki tingkat pencahayaan yang cukup supaya kesehatan mata senantiasa terawat.

Menggunakan kacamata anti radiasi saat membaca e-book atau menggunakan perangkat pintar

Di zaman yang serba digital seperti buku elektronik semakin laris di pasaran, karena alasan jauh lebih praktis dan murah. Buku digital atau lebih dikenal sebagai e-book bisa diakses oleh seseorang melalui beragam jenis gadget, seperti smartphone, laptop, tablet, ataupun e-reader.

Seperti yang anda tahu, layar gadget tentu memiliki sinar biru yang berpotensi merusak retina mata. Maka dari itu, sangat disarankan untuk anda menggunakan kacamata anti radiasi saat membaca e-book, supaya mata anda terhindar dari paparan sinar radiasi gawai yang kamu pakai.

Atau anda juga bisa mengaktifkan fitur filter cahaya biru yang biasanya kini sudah terpasang di kebanyakan jenis gawai.

Hindari membaca sambil tiduran

Tidak sedikit dari mereka yang terbiasa membaca sambil tiduran sering tak mengindahkan jarak baca yang ideal, yakni 25-30 cm. Tanpa mereka sadari, membaca dengan jarak pandang terlalu dekat akan membuat mata bekerja lebih keras, sehingga mata menjadi cepat lelah. Apabilla dilakukan dalam jangka panjang, tentu hal ini bakal berakibat buruk pada fungsi penglihatan.

Anda bisa mulai dari sekarang untuk membaca dalam posisi yang baik, tidak menghalangi penerangan, tidak juga terlampau dekat atau jauh. Dan, jangan lupa untuk selalu mempertahankan jarak pandang yang ideal.

Istirahat saat mata mulai lelah

Perlu anda ketahui seperti halnya seperti tubuh, daya tahan mata anda juga ada batasnya. Apabila anda merasa mata anda mulai kehilangan fokus, dan kepala anda terasa pusing. Maka sebaiknya anda menghentikan dulu aktivitas membaca atau melihat gadget seperti bermain game atau browsinf. Apabila terus dipaksakan, bukannya manfaat yang anda dapatkan tetapi melainkan justru risiko penurunan fungsi penglihatan siap menanti.

Baca juga  Cara Mengatasi Badan Pegal Setelah Olahraga Dengan Cara Mudah dan Efektif

Memaksakan diri untuk terus membaca dengan tidak menghiraukan sinyal-sinyal yang mengisyaratkan kalau anda butuh istirahat, sama dengan anda berupaya merenggut kesehatan mata anda sendiri.

Mengonsumsi makanan bergizi

Dan tips terakhir cara menjaga mata tetap sehat dan optimal adalah dengan menjaga kesehatan mata dengan cara rajin konsumsi makanan bergizi. Seperti mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin A , vitamin C, vitamin E, selenium, zinc, lutein, dan asam lemak omega 3.

Segala nutrisi yang dibutuhkan mata agar tetap sehat tersebut bisa anda dapatkan dengan rutin mengonsumsi ragam sayuran dan buah-buahan, seperti wortel, jeruk, dan lain-lain.

Demikian informasi mengenai tips menjaga kesehatan mata semoga berguna dan bermanfaat untuk anda terapkan agar mata anda tetap pada kondisi maksimal.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

8+ Spot Wisata Pantai Dekat Bandung Untuk Liburan Asik

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi spot wisata pantai dekat Bandung untuk liburan asik dan menyenangkan. Walaupun...

5 Penyebab Kenapa Bau Mulut Walaupun Sudah Sikat Gigi

Anda merasakan mulut anda berbau tidak sedap walaupun sudah rutin menyikat gigi? Agar anda tidak bingung, kali ini...

Tips Menciptakan Kesan Luas untuk Rumah yang Kecil

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips untuk menciptakan kesan luas bagi anda pemilik rumah dengan luas...

Begini Cara Mengatasi Kaki Keseleo Yang Aman Dilakukan Sendiri

Bagi anda yang mengalami kaki keseleo atau hal ini terjadi pada orang terdekat anda, maka kali ini kami...