Begini Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak Sejak Dini

Date:

Share post:

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips menjaga kesehatan mata anak sejak dini yang penting untuk anda ketahui para orang tua untuk mencegah kerusakan mata anak sejak dini.

Perlu kita sadari bersama dimana kesehatan mata anak merupakan hal penting yang harus diupayakan sejak dini dengan memperhatikan berbagai aspek mulai dari memastikan nutrisi yang cukup dan berimbang untuk anak, memastikan pola tidur yang teratur, dan mengontrol waktu bermain gadget seperti HP atau tablet.

Sebagai orang tua, pastiya anda tidak menginginkan terjadi kerusakan mata pada anak sehingga harus menggunakan kacamata sejak dini untuk membantu penglihatannya bukan? Apalagi dijaman sekarang dimana banyak anak yang “terobsesi” dengan penggunaan gadget untuk bermain game dan bisa berakibat buruk pada kesehatan mata anak.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips menjaga kesehatan mata anak sejak dini yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak Sejak Dini

Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak Sejak Dini

Hindari menggosok mata

Banyak kebiasaan anak-anak yang cenderung menggosok mata, terutama saat ada benda asing yang masuk. Namun, hal ini dapat merusak mata dan kuman berisiko masuk ke dalamnya. Daripada digosok, anjurkan anak untuk membilas matanya dengan air mengalir dan rutin mencuci tangan.

Pola makan sehat

Penuhi kebutuhan gizi anak dengan memberikannya sayuran segar, telur, ikan, daging, dan buah-buahan. Ketika gizi yang terpenuhi kemudian mampu menjaga mata tetap sehat. Anda bisa memilih sayuran berdaun hijau dan sayuran kuning yang kaya vitamin A. Nutrisi ini mampu menunjang kesehatan mata.

Baca juga  Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Kurang Tidur

Perbanyak minum air putih

Mata kering dapat menyebabkan infeksi. Oleh sebab itu, orang tua perlu memastikan kebutuhan cairan anak terpenuhi agar mata tetap lembap. Anda bisa mendorong Si Kecil untuk minum minimal empat gelas penuh air setiap harinya. Kebutuhannya dapat berubah tergantung pada usia anak, aktivitas, dan kondisi cuaca.

Tidur cukup

Tidur malam yang berkualitas membantu meremajakan tubuh dan merilekskan mata. Anda bisa membuat rutinitas tidur secara teratur seperti tidak bermain gadget sebelum tidur, membersihkan kasur, mengganti pakaian dan mengatur suhu ruangan agar nyaman.

Batasi waktu layar

Anak-anak cenderung belum bisa mengontrol pemakaian HP, tablet, konsol game, dan komputer dimana kadang mereka menjadi terobsesi dan ketergantungan dimana penggunaan perangkat ini dalam waktu yang lama dapat membuat mata tegang. Maka dari itu, sebaiknya waktu layar sebaiknya dibatasi satu jam per hari saja.

Demikian informasi mengenai tips menjaga kesehatan mata anak sejak dini. Sebaiknya juga agar anda jangan ragu untuk menemui dokter mata apabila anak mengeluhkan masalah pada mata mereka sehingga bisa segera dilakukan pencegahan dan pengobatan. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...