4 Tips Menjaga Gigi Anak dari Karies, Hindari Makanan Manis

0
Menjaga Gigi Anak dari Karies

Menjaga kesehatan gigi anak penting untuk dilakukan sejak dini agar tumbuh kembang gigi anak bisa sempurna. Untuk itu kali ini kami akan membagikan tips menjaga gigi anak dari karies dengan salah satunya menghindari makanan manis.

Mengapa menghindari masalah Karies pada gigi anak? Sebab masalah ini umum diderita banyak anak dimana karies gigi adalah masalah gigi berlubang, yaitu ketika gigi mengalami kerusakan serta pembusukan di bagian luar dan dalam. Kondisi ini merupakan permasalahan gigi yang dapat menyerang saraf, sering kali karies gigi disebabkan oleh aktivitas bakteri Streptococcus mutans di dalam mulut.

Bakteri yang berada di dalam rongga mulut tersebut berkembang biak dan menggerogoti sisa makanan yang menempel di permukaan gigi, kemudian menghasilkan zat asam. Paparan zat asam disertai makanan dan minuman yang asam akan menyebabkan mineral gigi hilang, sehingga timbul karies gigi.

Gigi anak-anak rentan terhadap serangan karies atau gigi berlubang karena anak yang masih dalam fase pertumbuhan dan perkembangan. Kebiasaan makan yang tidak sehat dan kurangnya perawatan gigi yang tepat dapat memicu masalah gigi pada anak-anak. Maka itulah pentingnya untuk menjaga kebersihan gigi dari karies agar anak tidak mudah sakit gigi dan gigi dapat bertumbuh dengan baik.

Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan tips menjaga gigi anak dari Karies yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Menjaga Gigi Anak dari Karies

Menjaga Gigi Anak dari Karies

Mulai Perawatan Sejak Dini

Perawatan gigi sebaiknya dimulai sejak gigi pertama anak mulai tumbuh. Meskipun gigi susu akan digantikan oleh gigi permanen, tetapi merawat gigi susu sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi permanen yang akan datang.

Baca juga  10 Tips Cara Mengatasi Perut Begah dengan Cepat Dan Mudah

Membersihkan gusi dan gigi bayi menggunakan kain lembap setelah makan dan sebelum tidur, dapat membantu menghilangkan sisa makanan yang bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri.

Memilih Sikat Gigi yang Tepat

Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan ukuran yang sesuai untuk mulut anak. Jika bulu sikat terlalu keras, dapat merusak gusi anak yang masih sensitif. Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dalam jumlah yang sesuai dengan usia anak. Fluoride dapat membantu menguatkan enamel gigi dan mencegah karies.

Membiasakan Berkumur Setelah Makan

Setelah makan, ajarkan anak untuk berkumur dengan air bersih. Hal ini dapat membantu membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi. Lalu, dengan berkumur juga bisa meredam tingkat asam dalam mulut setelah makan.

Mengajarkan anak tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi sejak dini adalah investasi jangka panjang bagi kesehatan mereka di masa depan. Dengan perawatan gigi yang tepat dan gaya hidup sehat, kita dapat membantu anak-anak tumbuh dengan senyuman yang cerah dan gigi yang kuat.

Mengatur Pola Makan yang Sehat

Membatasi konsumsi makanan dan minuman manis atau yang berkarbohidrat tinggi, terutama yang mengandung gula tambahan. Gula menjadi salah satu penyebab utama terjadinya karies bagi gigi anak. Batasi cemilan yang mengandung gula dan pastikan anak membersihkan gigi setelah mengonsumsi makanan manis.

Demikian informasi mengenai tips menjaga gigi anak dari karies dengan salah satunya menghindari makanan manis. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *