Tips untuk Meningkatkan Memori Agar Tidak Mudah Lupa

Date:

Share post:

Lupa akan sesuatu merupakan hal umum yang bisa terjadi pada setiap orang. Tetapi apabila lupa telah menjadi kebiasaan yang sering terjadi tanpa disengaja, maka anda harus melakukan beberapa tips meningkatkan memori yang akan kami bagikan kali ini agar anda tidak mudah lupa lagi.

Bagi anda yang sering mengalami lupa dan terlebih saat sedang sibuk, banyak orang yang sering melupakan dan melewatkan hal penting. Walaupun hal tersebut bisa terjadi pada siapa saja, tetapi bila lupa menjadi kebiasaan maka anda harus melakukan upaya untuk meningkatkan memori anda agar tidak mudah lupa.

Walaupun hal ini normal dialami, akan tetapi memiliki ingatan yang buruk sedikit banyak bisa membuat frustasi dan mencemaskan. Apalagi jika anda sering melupakan hal-hal penting yang seharusnya tidak anda lewatkan.

Memori yang mudah melupakan sesuatu bisa terjadi dari hal-hal kecil seperti lupa tempat menyimpan kunci mobil, lupa membawa dompet, lupa menyimpan remote dan lain sebagainya.

Banyak alasan mengapa memori seseorang menurun dan jadi mudah lupa, mulai dari pertambagan usia yang besar atau kecilnya mempengaruhi ingatan. Selain itu, pengaruh genetik juga dapat berperan dalam menurunnya daya ingat, terutama pada kondisi neurologis yang serius seperti penyakit Alzheimer. Bahkan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan dan gaya hidup juga berdampak besar pada daya ingat.

Untuk membantu masalah anda yang sering lupa, maka berikut kami bagikan tips meningkatkan memori agar tidak mudah lupa yang bisa anda simak dibawah ini.

Tips untuk Meningkatkan Memori Agar Tidak Mudah Lupa

Tips untuk Meningkatkan Memori

Sempatkan waktu untuk bermeditasi

Sudah bukan rahasia lagi jika meditasi dapat memengaruhi kesehatan secara positif dalam banyak cara. Contohnya seperti dapat membuat diri terasa jauh lebih tenang, mengurangi stres dan rasa sakit, menurunkan tekanan darah, dan juga mampu meningkatkan daya ingat. Tidak hanya itu, teknik meditasi serta relaksasi telah terbukti meningkatkan ingatan jangka pendek pada orang-orang dari segala usia, seperti orang berusia 20-an hingga orang dewasa yang jauh lebih tua.

Sebagai contoh, satu penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Taiwan yang terlibat dalam praktik meditasi seperti mindfulness memiliki memori kerja spasial yang jauh lebih baik daripada siswa yang tidak berlatih meditasi. Memori kerja spasial adalah kemampuan untuk menyimpan dan memproses informasi dalam pikiran Anda tentang posisi objek dalam ruang.​

Mengurangi asupan gula

Makan terlalu banyak gula tambahan telah dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan dan penyakit kronis, termasuk penurunan kognitif. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi gula tinggi dapat menyebabkan memori yang buruk dan volume otak berkurang, terutama di area otak yang menyimpan memori jangka pendek.

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 4.000 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi minuman manis seperti soda lebih tinggi, rupanya memiliki total volume otak yang lebih rendah dan rata-rata ingatan yang lebih buruk dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi lebih sedikit gula. Nah, mengurangi gula tidak hanya membantu ingatan Anda tetapi juga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.​

Melatih otak dengan brain training

Melatih keterampilan kognitif anda dengan memainkan permainan otak adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan daya ingat. Sebagai contoh, bermain teka-teki silang, mengingat kata, tetris, dan bahkan aplikasi seluler yang untuk melatih memori adalah cara terbaik agar tidak mudah lupa.

Baca juga  Begini Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula yang Baik untuk Kesehatan

Sebuah penelitian yang melibatkan 42 orang dewasa dengan gangguan kognitif ringan menemukan bahwa bermain game pada aplikasi pelatihan otak selama 8 jam selama periode 4 minggu meningkatkan kinerja dalam tes memori.

Studi lain terhadap 4.715 orang menunjukkan bahwa ketika mereka melakukan program pelatihan otak online selama 15 menit setidaknya 5 hari seminggu, memori jangka pendek, memori kerja, konsentrasi, dan pemecahan masalah mereka meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelompok lain.

Tambahkan konsumsi kakao dalam diet Anda

Kakao atau cocoa tidak hanya enak tapi juga bergizi, termasuk menyediakan antioksidan dengan dosis yang tinggi yang dikenal juga dengan sebutan flavonoid. Penelitian telah menunjukkan flavonoid sangat bermanfaat bagi otak. Di mana dapat membantu merangsang pertumbuhan neuron dan meningkatkan aliran darah di bagian otak yang terlibat dengan memori.

Sebuah studi terhadap 30 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi cokelat hitam yang mengandung 720 mg flavonoid kakao menunjukkan daya ingat yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi cokelat putih tanpa flavonoid kakao ini.

Nah, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari cokelat, pilihlah cokelat hitam dengan kandungan kakao 70% atau lebih tinggi dari itu. Dengan begitu, antioksidan yang Anda dapatkan juga semakin besar.

Meningkatkan level vitamin D dalam tubuh

Perlu anda ketahui dimana Vitamin D merupakan nutrisi penting yang memiliki banyak peran penting bagi tubuh. Bila tubuh kekurangan vitamin D atau kadar vitamin D rendah, bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penurunan fungsi kognitif.

Sebuah studi yang mengikuti 318 orang dewasa yang lebih tua selama 5 tahun menemukan bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin D dalam darah kurang dari 20 nanogram (ng) per mililiter (mL) kehilangan ingatan dan kemampuan kognitif lainnya lebih cepat daripada mereka yang memiliki kadar vitamin D normal.

Baca juga  7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Kadar vitamin D yang rendah juga dikaitkan dengan risiko lebih besar terkena demensia. Kekurangan vitamin D sangat umum terjadi, terutama di iklim yang lebih dingin dan pada mereka yang berkulit lebih gelap. Bicaralah dengan dokter Anda tentang tes darah untuk mengetahui apakah Anda memerlukan suplemen vitamin D.

Demikian informasi mengenai tips meningkatkan memori agar tidak mudah lupa yang bisa anda terapkan dengan mudah. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

6 Cara Efektif Redakan Sakit Perut dan Sembelit Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif redakan sakit perut dan sembelit dengan mudah yang bisa...

6 Destinasi Tempat Agrowisata di Bali, Cocok Untuk Wisata Keluarga

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan destinasi tempat agrowisata di Bali yang cocok untuk liburan wisata keluarga...

Panduan Cerdas Investasi Emas Dengan Gaji Kecil

Bagi anda yang ingin berinvestasi emas tetapi berkecil hati karena gaji yang kecil, maka anda harus menyimak tips...

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...