10 Tips Menghilangkan Gatal Secara Dengan Cepat dan Alami

0
Tips Menghilangkan Gatal Secara Dengan Cepat

Jika anda merasakan rasa gatal pada bagian kulit di tubuh anda, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan tips cara menghilangkan gatal secara cepat dan alami.

Rasa gatal pada kulit dapat menjadi hal yang cukup mengganggu. Apalagi jika rasa gatal tersebut cukup sering dan cukup menyiksa kulit hingga timbul bekas merah karena rasa gatal dan akibat digaruk.

Banyak hal yang bisa menyebabkan rasa gatal dikulit, mulai dari gigitan serangga, alergi, dan hal lainnya yang dapat membuat kulit menjadi sensitif dan membuat anda terasa ingin menggaruknya. Bahkan tidak jarang, rasa gatal yang cukup intens membuat kulit menjadi luka.

Sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan tips cara menghilangkan gatal secara cepat dan alami yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Menghilangkan Gatal Secara Dengan Cepat dan Alami

Tips Menghilangkan Gatal Secara Dengan Cepat

Konsumsi Air Putih

Cara pertama dan paling mudaha adalah dengan mengkonsumsi air putih yang mungkin sering diabaikan namun sangat efektif untuk menghilangkan gatal secara alami dan cepat, terutama jika gatal disebabkan oleh kulit kering atau dehidrasi. Air putih memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menjaga hidrasi tubuh dan kulit.

Oleskan Minyak Herbal

Perlu anda ketahui dimana minyak herbal yang mengandung eucalyptus (eukaliptus) dapat membantu mengatasi gatal pada tubuh. Eucalyptus adalah tanaman yang memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan dan gatal pada kulit. Beberapa produk yang mengandung minyak eucalyptus dapat membantu mengatasi masalah gatal, terutama jika disebabkan oleh kulit kering atau peradangan.

Baca juga  7 Penyebab Darah Tinggi yang Harus Anda Hindari

Kompres dengan Es Batu

Mengompres dengan es batu adalah cara lain yang efektif untuk menghilangkan gatal secara alami dan cepat, terutama jika gatal disebabkan oleh peradangan atau bengkak pada kulit. Es batu dapat memberikan efek pendinginan, yang membantu meredakan rasa gatal dan peradangan.

Tutup dengan Kasa yang Basa

Wet wrap therapy, atau terapi bungkus basah, adalah metode yang digunakan untuk meredakan gatal pada kulit, terutama pada kondisi seperti dermatitis atopik (eczema) atau kulit sangat kering. Terapi ini dapat membantu mengurangi gatal, menghidrasi kulit, dan meredakan peradangan.

Oleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah sumber alami asam lemak rantai yang dapat memberikan manfaat untuk kulit yang gatal. Minyak kelapa mengandung asam lemak seperti asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat, yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi. Inilah sebabnya mengapa minyak kelapa sering digunakan untuk meredakan gatal pada kulit.

Oleskan Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya (aloe vera) adalah bahan alami yang sering digunakan untuk menjaga kulit tetap lembab dan meredakan gatal. Gel lidah buaya mengandung berbagai nutrisi, termasuk enzim, vitamin, mineral, dan asam amino, yang membantu dalam memelihara kesehatan kulit. Ambil gel lidah buaya dari daun segar atau gunakan produk komersial yang mengandung gel lidah buaya murni. Oleskan secara merata pada area kulit yang kering atau gatal.

Memakai Pakaian yang Ringan dan Longgar

Pemilihan pakaian yang tepat dapat membantu mengurangi intensitas menggaruk karena rasa gatal pada kulit. Pakaian yang terbuat dari bahan alami, seperti katun, seringkali lebih lembut dan nyaman bagi kulit dibandingkan dengan bahan sintetis. Sebaiknya hindari pakaian yang terbuat dari bahan kasar atau berstruktur.

Baca juga  8+ Cara Mudah Mengatasi Telinga Tersumbat yang Ampuh dan Aman

Berendam dengan Air yang Dicampur Cuka Sari Apel

Berendam dengan air yang dicampur cuka sari apel merupakan salah satu metode yang dapat membantu mengatasi gatal pada kulit. Cuka sari apel memiliki sifat antiseptik dan antijamur yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi pada kulit dan meredakan gatal. Cuka sari apel juga dikenal memiliki pH yang sedikit asam, yang dapat membantu merestrukturkan lapisan kulit. Ini dapat memberikan manfaat tambahan untuk kulit yang gatal atau teriritasi.

Konsumsi Kunyit

Kunyit mengandung senyawa aktif yang disebut kurkumin, yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai masalah kulit, termasuk mengatasi gatal akibat iritasi. Kurkumin memiliki sifat anti inflamasi, antiseptik, dan antioksidan yang dapat membantu meredakan peradangan dan gatal pada kulit. Namun, perlu diingat bahwa efek kunyit pada kulit dapat bervariasi dari individu ke individu.

Mandi Oatmeal dengan Air Hangat

Berendam dalam air yang mengandung oatmeal (havermut) dapat membantu menenangkan kulit yang gatal. Oatmeal memiliki sifat anti inflamasi dan dapat membantu meredakan peradangan dan gatal pada kulit. Berendamlah dalam air tersebut selama sekitar 15-20 menit. Pastikan air oatmeal meresap ke seluruh tubuh anda.

Demikian informasi mengenai tips cara menghilangkan gatal secara cepat dan alami. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *