Tips Mencegah Kanker Payudara sejak Dini, Ketahui Faktor Risikonya

Date:

Share post:

Bagi anda para wanita, maka penting untuk mengetahui bahaya kanker payudara dan tips mencegah kanker payudara sejak dini.

Apakah anda mengetahui bahwa kanker payudara adalah salah satu penyebab kematian tertinggi pada wanita di Indonesia dimana menuru data dari Kemkes, pada tahun 2020, kasus kanker payudara di Indonesia mencapai 68.858 kasus, dengan jumlah kematian sebanyak 22 ribu jiwa. Untuk itulah diperlukan kesadaran sejak dini mengenai cara mencegah kanker payudara.

Perlu anda ketahui bahwa selain faktor genetik dan usia dimana tidak sedikit pula kasus kanker payudara yang berkaitan dengan faktor gaya hidup tidak sehat. Oleh karena itu, setiap wanita disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat sebagai langkah pencegahan kanker payudara sejak dini.

Maka dari itu, kali ini kami akan membagikan tips mencegah kanker payudara sejak dini yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Mencegah Kanker Payudara sejak Dini

Tips Mencegah Kanker Payudara sejak Dini, Ketahui Faktor Risikonya

Memahami Faktor Risiko

Semua orang perlu mengetahui dan memahami faktor risiko yang terkait dengan kanker payudara. Faktor-faktor seperti riwayat keluarga, usia, kebiasaan merokok, obesitas, dan paparan radiasi dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Dengan mengetahui faktor-faktor ini, kita dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat.

Menjaga Berat Badan dan Aktif Berolahraga

Menjaga berat badan dan aktif berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara. Berat badan berlebih dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh, yang dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker. Olahraga seperti berjalan cepat, berlari, bersepeda, atau berenang dapat membantu menjaga berat badan ideal dan meningkatkan kesehatan.

Baca juga  7 Tips Melancarkan Darah Haid yang Sedikit agar Normal Kembali

Mengonsumsi Makanan Sehat

Salah satu cara mencegah kanker payudara sejak dini adalah mengonsumsi makanan sehat sehari-hari, seperti buah-buahan dan sayur yang kaya antioksidan dan mengurangi makanan berlemak. Namun, perlu anda ingat bahwa mengonsumsi makanan sehat tidak lantas mencegah kanker payudara. Anda tetap perlu mengimbanginya dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti menjaga berat badan ideal dan rutin berolahraga.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Gaya hidup sehat juga mencakup pola makan yang seimbang dan mengonsumsi makanan sehat. Makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara. Selain itu, menghindari konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dan mengurangi asupan alkohol juga merupakan langkah signifikan demi mencegah kanker payudara.

Pemeriksaan Payudara Sendiri

Melakukan pemeriksaan payudara sendiri secara rutin dapat membantu mendeteksi perubahan apa pun yang terjadi pada payudara. Ketika kita mengenali perubahan seperti benjolan, perubahan ukuran atau bentuk payudara, atau keluarnya cairan dari puting susu, segera berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mendapatkan evaluasi lebih lanjut.

Mengikuti Pemeriksaan oleh Tenaga Medis

Selain pemeriksaan sendiri, perlu juga untuk mengikuti pemeriksaan payudara rutin yang dilakukan oleh tenaga medis. Pemeriksaan payudara yang dilakukan oleh dokter atau petugas medis yang berpengalaman bisa membantu mendeteksi kanker payudara pada tahap awal, ketika pengobatan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

Mammografi Secara Teratur

Perlu anda ketahui bahwa Mammografi merupakan tes penting dalam deteksi dini kanker payudara. Adapun test ini menggunakan sinar-X untuk mengambil gambar rontgen dari jaringan payudara. Mammografi dapat membantu mengidentifikasi adanya massa atau benjolan yang tidak terlihat atau teraba saat pemeriksaan fisik. Untuk perempuan usia 40 tahun ke atas, mammografi biasanya direkomendasikan sebagai bagian dari skrining rutin.

Baca juga  Tips Menjaga Kesehatan Mata Yang Gemar Membaca atau Menatap Gadget

Demikian informasi mengenai tips mencegah kanker payudara sejak dini. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

8+ Spot Wisata Pantai Dekat Bandung Untuk Liburan Asik

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi spot wisata pantai dekat Bandung untuk liburan asik dan menyenangkan. Walaupun...

5 Penyebab Kenapa Bau Mulut Walaupun Sudah Sikat Gigi

Anda merasakan mulut anda berbau tidak sedap walaupun sudah rutin menyikat gigi? Agar anda tidak bingung, kali ini...

Tips Menciptakan Kesan Luas untuk Rumah yang Kecil

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips untuk menciptakan kesan luas bagi anda pemilik rumah dengan luas...

Begini Cara Mengatasi Kaki Keseleo Yang Aman Dilakukan Sendiri

Bagi anda yang mengalami kaki keseleo atau hal ini terjadi pada orang terdekat anda, maka kali ini kami...