Tips Jitu Menaikkan Berat Badan untuk Remaja Yang Aman Dan Sehat

Date:

Share post:

Bagi anda para remaja yang merasa kurang percaya diri akan penampilan karena memiliki berat badan yang termasuk kurus dan jauh dari BB ideal, maka anda tidak perlu kuatir sebab terdapat beberapa tips cara menaikkan berat badan untuk remaja yang aman dan sehat sehingga anda bisa mencapai BB yang anda inginkan.

Mengapa tips menaikkan berat badan ini khusus untuk remaja? sebab seperti yang kita ketahui bersama remaja biasanya memiliki aktivitas yang padat seperti mulai dari sekolah, kursus atau bimbel, bergaul dan hangout bersama teman, dan lain sebagainya. Selain itu asupan tubuh remaja dan orang dewasa pun berbeda yang bisa disebabkan karena usia, kondisi tubuh dan lain sebagainya.

Dengan ragam aktivitas yang remaja lakukan maka apabila asupan tubuh kurang, maka perkembangan otot, tulang dan tubuh akan kurang maksimal dan akan menyebabkan kekurangan berat badan. Namun menaikkan berat badan tidak cukup hanya banyak makan saja sebab hal tersebut bisa menjadi tidak sehat apabila asupan yang tidak seimbang dan berlebih. Tetapi anda tidak perlu bingung, sebab kali ini kami akan membagikan tips menaikkan berat badan untuk remaja yang aman dan sehat yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Menaikkan Berat Badan untuk Remaja

Menaikkan Berat Badan untuk Remaja

Menambahkan asupan kalori

Kalori digunakan sebagai sumber energi untuk menjalankan fungsi tubuh sehari-hari. Apabila jumlah kalori yang dikonsumsi melebihi kebutuhan energi tubuh harian, kelebihan kalori tersebut akan disimpan dalam bentuk lemak sebagai cadangan energi. Untuk memperoleh kalori yang lebih, anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan, seperti, minyak zaitun, saus krim, mentega, madu, dan keju parut.

Baca juga  5 Penyebab Kenapa Bau Mulut Walaupun Sudah Sikat Gigi

Tidak melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan dapat membuat tubuh kekurangan nutrisi dan energi. Sarapan berfungsi untuk menjaga keseimbangan nutrisi seperti protein, serat, mineral, karbohidrat, dan vitamin, yang berguna untuk membantu menjaga keseimbangan nutrisi serta mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Hindari stres dan cemas

Stres atau kecemasan dapat membuat tubuh melepaskan hormon stres seperti kortisol hingga ke kadar yang tinggi sehingga dapat mengganggu sistem pencernaan dan mengurangi nafsu makan. Untuk mengatasinya, remaja bisa melakukan hal yang menyenangkan, seperti olahraga, istirahat, dan bersosialisasi.

Melakukan aktivitas fisik secara rutin dan teratur

Melakukan aktivitas fisik secara rutin dan teratur dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini karena aktivitas fisik menghasilkan peningkatan kebutuhan kalori dan tubuh dapat mengirim sinyal untuk meningkatkan nafsu makan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh.

Memperbanyak porsi makan Gizi Tinggi

Pastikan untuk memilih makanan yang kaya nutrisi dan meningkatkan jumlah makanan yang dikonsumsi dalam setiap waktu makan. Makanan yang kaya nutrisi, yaitu karbohidrat kompleks seperti roti gandum dan nasi, protein yang diperoleh dari ikan, daging, produk susu, dan telur, lemak sehat dari kacang-kacangan dan alpukat. Selain itu, selalu ingat pula untuk mengonsumsi buah dan sayuran.

Demikian informasi mengenai tips cara menaikkan berat badan untuk remaja yang aman dan sehat. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Begini Cara Mengatasi Sakit Leher Akibat Salah Posisi Tidur

Apakah anda mengalami sakit pada area leher karena salah posisi tidur? Maka anda tepat berada di artikel ini...

6 Liburan Pertama Kali ke Bali? Ini Tips agar Tidak Boros

Ini pertama kali anda berencana liburan ke Bali, maka anda harus memiliki panduan agar liburan anda tetap menyenangkan...

6+ Jenis Plafon Rumah Minimalis dan Tips Memilihnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai jenis-jenis plafon rumah minimalis beserta tips memilih plafon yang...

8+ Spot Wisata Pantai Dekat Bandung Untuk Liburan Asik

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi spot wisata pantai dekat Bandung untuk liburan asik dan menyenangkan. Walaupun...