Tips Memilih Sepatu Joging yang Baik dan Tepat

0
Tips Memilih Sepatu Joging

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana olahraga lari atau joging merupakan tipe olahraga yang paling mudah dilakukan sekaligus efektif untuk menjaga kesehatan. Namun penting untuk mengetahui cara memilih sepatu joging yang tepat agar anda tetap bisa nyaman melakukan olahraga ini.

Mengapa memilih sepatu joging yang tepat menjadi penting? sebab seperti yang kita ketahui bersama dimana jenis olahraga ini merupakan olahraga yang fokus menggunakan kaki untuk berlari. Maka dari itu memilih alas kaki yang nyaman menjadi sangat penting agar kaki anda tidak mengalami nyeri, luka, dan sebagainya.

Selain itu, sepatu joging yang tepat tidak hanya memberikan kenyamanan selama berlari tetapi juga membantu mencegah cedera dan meningkatkan performa. Dengan berbagai pilihan yang tersedia di pasaran, menemukan sepatu yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe kaki anda bisa menjadi menjadi pilihan yang cukup membingungkan.

Namun jangan kuatir sebab pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa tips dasar dalam memilih sepatu joging dapat membantu anda membuat keputusan yang lebih baik dan memastikan pengalaman berlari yang optimal. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Tips Memilih Sepatu Joging

Tips Memilih Sepatu Joging

Tentukan ukuran sepatu

Langkah pertama adalah menentukan ukuran sepatu yang benar, termasuk panjang dan lebar. Sepatu lari yang pas adalah kombinasi antara memberikan ruang yang cukup bagi kaki di dalam sepatu dan penyangga yang cukup sehingga kaki tidak bergerak atau tergelincir di dalam sepatu.

Penting juga bagi anda untuk mendapatkan ukuran panjang dan lebar sepatu yang disesuaikan dengan jenis kaus kaki yang akan digunakan saat berlari.Untuk panjang yang tepat, beri jarak setidaknya 1,25-2,5 sentimeter antara jari kaki terpanjang dan ujung sepatu. Untuk mendapatkan lebar yang pas, pastikan Anda bisa mencubit atau menekan beberapa bagian samping sepatu.

Baca juga  6 Obat Batuk Dengan Bahan Alami Yang Aman Dan Bisa Dibuat Dirumah

Ukuran sepatu lari biasanya setengah kali lebih besar dari ukuran sepatu biasa yang anda gunakan. Jadi, setelah menentukan panjang dan lebar yang tepat, coba juga cari ukuran sepatu dengan ukuran setengah kali lebih besar dari yang biasa anda pakai.

Coba sepatu yang berbeda

Setelah pengukuran selesai, saatnya mencoba beberapa merek dan tipe sepatu lari. Disarankan anda berdiskusi dengan profesional atau orang yang berpengalaman untuk ini. Selain memastikan ukuran yang tepat, mereka akan membantu anda untuk mempertimbangkan kesejajaran kaki, jarak tempuh yang direncanakan, dan variabel-variabel lain yang berkontribusi terhadap kenyamanan dan keamanan saat berlari.

Beberapa toko sepatu olahraga khusus juga umumnya akan memberikan saran yang dilihat berdasarkan analisis gaya berjalan anda. Hasil analisis gaya berjalan akan menemukan mana dari tiga sepatu lari yang harus dipertimbangkan, seperti netral, stabilitas, dan kontrol gerak.

Setelahnya, luangkan waktu sebentar untuk melakukan percobaan joging di tempat dengan sepatu pilihan. Ini akan membantu anda menentukan kenyamanan sepatu yang digunakan. Pastikan juga untuk mengenakan kaus kaki saat mencobanya.

Pastikan ukuran pas

Manfaat utama dari pengukuran yang tepat adalah stabilitas dan dukungan yang baik untuk kaki Anda. Hal itu akan memungkinkan tingkat aktivitas dan lari yang anda inginkan. Anda perlu mencatat dimana sepatu lari yang terlalu besar dapat menyebabkan kerusakan pada jari kaki. Sementara sepatu yang terlalu kecil sering kali menimbulkan kerusakan pada kuku.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti berikut:

  • Jari kaki anda harus memiliki ruang yang cukup untuk menyebar.
  • Jari kaki tidak boleh terasa kaku atau menyentuh ujung sepatu.
  • Tumit harus terasa nyaman.

Tips Lain Memilih Sepatu Olahraga Lari

Menemukan sepatu lari yang tepat melibatkan lebih dari sekadar warna dan model terbaik. Selain ukuran yang pas, ada beberapa hal yang yang perlu diperhatikan seperti berikut.

  • Apabila anda kurang yakin pada pengukuran, anda bisa meminta bantuan ahli untuk mengukur kedua kaki saat berdiri.
  • Ukur kaki anda setiap tahun
  • Kaki cenderung membengkak sepanjang hari. Ada baiknya jika anda mencoba memilih sepatu di pagi atau sore hari.
  • Pastikan ada ruang di antara ujung jari terpanjang dan ujung sepatu.
  • Saat mencoba sepatu lari, pastikan anda telah mengetahui jenis lari yang akan dilakukan. Contohnya, lari lintas alam atau lari di perkotaan.
  • Rasakan potensi titik nyeri untuk menghindari masalah di kemudian hari.
  • Tetap mencoba sepatu sebelum membeli.
Baca juga  6 Tips Liburan Yang Aman Saat Anak Bermain di Pantai

Demikian informasi mengenai cara memilih sepatu joging yang tepat untuk mendukung kenyamanan anda berolahraga sekaligus menghindari nyeri bahkan luka di kaki karena salah memilih sepatu. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *