Begini Tips Memilih Jenis Wallpaper Rumah Serta Cara Memasangnya

0
Tips Memilih Jenis Wallpaper Rumah

Apakah anda ingin menggunakan wallpaper dirumah anda tetapi bingung cara memilih wallpaper dan cara memasangnya? simak panduan tips memilih jenis wallpaper rumah dan juga cara pasangnya.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana penggunaan wallpaper untuk dinding menjadi hal yang populer dan umum digunakan para pemilik rumah untuk memberikan suasana baru dalam ruangan dengan mudah dan cepat.

Wallpaper rumah sendiri merupakan material dinding yang umum digunakan untuk menutup dan juga mempercantik dinding rumah dan bisa dilakukan secara mandiri walaupun tanpa menyewa jasa tukang bangunan.

Dengan memiliki motif dan warna yang berbeda-beda, wallpaper bisa langsung memberikan dampak signifikan pada ruangan rumah yang menggunakan wallpaper.

Berikut beberapa manfaat menggunakan wallpaper rumah yang penting untuk anda ketahui.

Manfaat Wallpaper rumah

  • Mempercantik tampilan. Wallpaper dapat membantu menambah estetika dan memberikan nuansa tersendiri pada ruangan di rumah.
  • Melindungi dinding. Dinding yang tidak dalam kondisi baik dapat disembunyikan dengan memasang wallpaper. Ini juga dapat melindungi dinding dari goresan dan kerusakan.
  • Mudah dibersihkan. Wallpaper juga mudah dibersihkan dan memiliki daya tahan yang baik, sehingga lebih baik dibandingkan dengan cat dinding yang mudah luntur.
  • Ekonomis. Walaupun harga wallpaper cukup mahal, namun dalam jangka panjang, memasang wallpaper dapat menjadi pilihan yang lebih ekonomis karena memiliki daya tahan yang baik.
  • Mereduksi suara. Beberapa jenis wallpaper memiliki bahan yang membantu mereduksi suara, membuat lingkungan rumah lebih tenang.
  • Fleksibilitas desain. Ada beragam pilihan warna, desain, dan tekstur dalam memilih wallpaper, sehingga memudahkan untuk memadukan dengan gaya dekorasi rumah.
Baca juga  10 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Biar Tetap Segar serta Awet

Jenis-Jenis Wallpaper Rumah

Tips Memilih Jenis Wallpaper Rumah

Seperti yang kami sebutkan diatas dimana wallpaper memiliki beberapa jenis yang bisa anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan anda. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Wallpaper Dinding

Jenis wallpaper rumah yang pertama dan paling populer digunakan adalah wallpaper dinding. Seperti namanya, jenis wallpaper ini biasa digunakan untuk menutupi atau menghias dinding di dalam ruangan.

Wallpaper dinding rumah minimalis juga sering digunakan untuk melindungi dinding dari kerusakan dan goresan. Apabila dibandingkan cat dinding, wallpaper tembok lebih mudah dibersihkan dari corean anak-anak.

Wallpaper Plafon Minimalis

Selanjutnya adalah jenis Wallpaper ceiling atau plafon yang merupakan jenis wallpaper yang digunakan untuk menutupi atau menghias plafon atau langit-langit di dalam ruangan.

Seperti wallpaper dinding, wallpaper plafon minimalis juga dapat dibuat dari berbagai macam bahan dan digunakan untuk menggantikan cat plafon. Wallpaper plafon dapat jadi pilihan terbaik jika dinding ruangan telah dipenuhi oleh barang, seperti rak mengambang atau lukisan.

Wallpaper untuk Furniture

Dan terakhir ada jenis wallpaper furnitur yang bisa anda terapkan ke dalam perabotan di rumah. Wallpaper non-woven sangat cocok untuk furnitur, tetapi anda juga dapat menggunakan model wallpaper dengan bahan dasar kertas.

Apabila anda berencana untuk menutupi permukaan kayu yang besar dengan wallpaper berpola, maka disarankan untuk memasang pada bagian dalamnya juga.

Cara Memasang Wallpaper Dinding Rumah

Apabila anda telah memahami fungsi dari wallpaper, dan juga telah menentukan wallpaper apa yang akan anda gunakan. Simak cara memasang wallpaper dinding rumah agar anda tidak salah pasang nantinya.

  • Hal pertama yang harus anda siapkan adalah dinding yang akan dipasangi wallpaper. Lalu anda bisa bersihkan dinding dari debu dan kotoran, lalu olesi dengan cat dinding atau cat primer terlebih dulu agar wallpaper lebih mudah melekat.
  • Anda bisa mengukur dinding dan potong wallpaper sesuai ukuran yang diinginkan. Anda juga bisa menambahkan margin sekitar 5 cm pada setiap sisinya.
  • Lalu oleskan lem adhesive pada bagian belakang wallpaper.
  • Kemudian lipat setengah dari wallpaper dan pastikan bahwa adhesive sudah tersebar merata.
  • Letakkan wallpaper pada dinding dan tekan perlahan untuk menghilangkan udara yang terjebak di antara wallpaper dan dinding.
  • Anda bisa menggunakan roller atau spatula untuk menghilangkan gelembung yang tersisa.
  • Kemudian anda bisa potong sisa wallpaper dengan menggunakan cutter atau pisau tajam. Selesaikan dengan menyelipkan potongan wallpaper pada sisi-sisi dinding yang tidak terlihat.
Baca juga  5 Tempat Wisata di Jakarta Yang Sedang Trend dan Hits serta Gratis

Sebagai catatan bahwa perlu diingat dimana setiap jenis wallpaper untuk rumah memiliki cara pemasangan yang berbeda-beda. Anda bisa membaca instruksi pemasangan yang diberikan oleh pabrikan sebelum memasang wallpaper yang biasanya disematkan pada cover wallpaper.

Jika anda merasa kurang yakin akan kemampuan anda memasang wallpaper, maka tidak ada salahnya anda meminta jasa bantuan profersional untuk membantu memasangkan wallpaper agar hasilnya seperti yang anda inginkan.

Sekian informasi tentang tips memilih jenis wallpaper ruman serta cara memasang wallpaper yang baik dan benar. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *