Begini Tips Memelihara Ikan Cupang agar Berumur Panjang

Date:

Share post:

Bagi anda para penggemar dan pemilik ikan cupang yang mencari cara agar ikan peliharaan bisa berumur panjang, maka simak tips memelihara ikan cupang agar berumur panjang yang bisa anda simak tipsnya pada artikel ini.

Hobi memelihara ikan cupang atau memiliki nama betta fish ini menjadi trend tersendiri bagi para pecinta ikan hias ini, dimana walaupun ikan ini bertubuh kecil tetapi juga memiliki banyak corak dan warna. Hal inilah yang menjadi andalan para kolektor atau pemilik ikan cupang ini.

Selain itu untuk memulai hobi ini pun tergolong cukup terjangkau bagi banyak orang yang menyukai ikan imut ini dan tidak semahal dengan hobi hewan peliharaan lain seperti sebut saja kucing, anjing yang harganya bisa jutaan. Selain itu dari sisi perawatan pun sangat mudah dilakukan bagi pemula sekalipun. Dengan harga murah dan perawatan mudah, maka siapapun bisa mengoleksi ikan dengan visualisasi yang inda dengan warna elegan, ekor yang panjang, dan lekuk tubuh yang elegan ketika berenang.

Namun masih banyak orang yang belum tahu cara benar dan baik dalam memelihara ikan cupang agar memiliki umur yang panjang dan corak yang indah. Untuk itu kali ini kami akan membagikan tips cara benar memelihara ikan cupang agar berumur panjang yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Memelihara Ikan Cupang agar Berumur Panjang

Tips Memelihara Ikan Cupang

Simak tips dan cara benar memelihara ikan cupang yang kami kutip dari berbagai sumber referensi untuk anda simak sebagai berikut.

Baca juga  7 Destinasi Wisata di Toraja Sulawesi Selatan yang Populer

Jangan Terlalu Banyak Menaburkan Makanan

Anda bisa memberikan makanan kepada ikan cupang anda sebanyak 2 kali sehari. Ingat, jangan terlalu banyak dalam menaburkan pakan. Hal ini dikarenakan jika ikan cupang anda tidak menghabiskan makanannya, pakan tersebut justru akan mengotori air dan membuatnya cepat keruh. Ikan cupang yang diberi makanan secara berlebihan juga bisa berpotensi mengalami obesitas sehingga membahayakan kesehatannya.

Rutin Mengganti Air Minimal 3 Hari Sekali

Jangan lupa untuk sering mengganti air ikan cupang anda minimal 3 hari sekali dan maksimal 7 hari sekali. Anda bisa menambahkan sedikit garam ikan, methylene blue, dan daun ketapang untuk mencegah bakteri dan jamur serta untuk menyeimbangkan pH air.

Jemur Ikan Cupang Minimal Seminggu Sekali

Anda bisa menjemur ikan cupang anda di bawah sinar matahari pagi untuk membunuh bakteri. Waktu ideal untuk menjemur ikan cupang adalah di jam 7-10 pagi. Ingat, jangan terlalu lama dalam menjemur ikan cupang. 10-30 menit sudah cukup untuk membiarkan ikan cupang anda di bawah paparan sinar matahari.

Hindari Hal-Hal yang Memicu Stres pada Ikan Cupang

Stres pada cupang juga mempengaruhi tingkat kematiannya. Maka dari itu, penting sekali untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi ikan cupang anda. Hal-hal yang bisa anda lakukan agar ikan cupang tidak sering stres, antara lain jangan terlalu sering mengadu ikan cupang, jangan mengocok atau mengobok airnya, jauhkan dari predator atau hewan yang mengganggu seperti kucing, dan selalu rutin dalam mengganti air.

Tempatkan di Wadah yang Tidak Terlalu Kecil

Walaupun ikan cupang memiliki ukuran yang cukup kecil, bukan berarti ia bisa di tempatkan di wadah yang sangat kecil pula. Minimal ukuran dari wadah ikan cupang adalah sebesar 3 kali tubuhnya. Dengan itu, ikan cupang anda bisa berenang dan tidak stres. Jadi, sebelum mengadopsi ikan cupang, pertimbangankan dulu untuk menyediakan wadah dengan ukuran sesuai.

Baca juga  Begini Cara Mengatasi Kecanduan HP Yang Sudah Parah

Demikian tips memelihara ikan cupang agar berumur panjang yang bisa menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...