Begini Tips Membeli Rumah Cluster untuk Pertama Kali

Date:

Share post:

Apakah anda untuk pertama kali berencana untuk membeli rumah dalam perumahan cluster? maka simak tips membeli rumah cluster yang akan kami bagikan kali ini agar anda tidak salah membeli nantinya.

Tahapan membeli rumah bisa menjadi salah satu tahapan terpenting dan terbesar seseorang dalam membangun keluarga secara mandiri. Dengan harga rumah yang terus meningkat setiap tahunnya, maka pembelian rumah pun harus dipertimbangkan dengan matang agar sesuai dengan harapan dan kebutuhan anda.

Adapun salah satu pilihan populer banyak orang dalam memilih rumah adalah dengan memilih rumah cluster dimana ini dianggap sebagai langkah awal yang sempurna untuk memiliki rumah pertama dimana rumah cluster dikenal sebagai rumah dengan fasilitas perumahan atau kompleks yang cukup lengkap.

Ada banyak alasan positif mengapa banyak orang memilih rumah cluster untuk dimiliki. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Alasan Memilih Rumah Cluster

  • Rumah cluster telah dilengkapi fasilitas yang memberi kenyamanan dan keamanan penghuni.
  • Fitur Perumahan yang Lengkap seperti sarana ibadah, playground, ruang terbuka hijau, hingga clubhouse.
  • Infrastrukturnya Memadai seperti ROW jalan di dalam cluster yang lebar, kabel listrik bawah tanah, hingga fasilitas air bersih.
  • Didukung sarana modern juga suasana hunian yang nyaman.
  • Fasilitas Keamanan Lengkap seperti security 24 jam, CCTV, gerbang masuk cluster.
  • Bisa menjadi investasi properti yang Menguntungkan dalam jangka panjang.

Tips Membeli Rumah Cluster untuk Pertama Kali

Tips Membeli Rumah Cluster

Namun walaupun demikian, diperlukan pertimbangan matang dalam membeli rumah cluster dimana anda harus mempertimbangkan lokasi, fasilitas, lingkungan, keamanan, denah dan luas rumah dan lain sebagainya.

Baca juga  5 Rekomendasi OOTD Wisata Alam, Tetap Tampil Menarik dan Nyaman

Dan untuk itu, kali ini kami akan membagikan tips membeli rumah cluster bagi anda yang berencana membeli rumah untuk pertama kalinya agar anda tidak menyesal di kemudian hari.

Kenali Developer

Hal penting pertama yang harus anda lakukan ketika akan memutuskan membeli rumah cluster adalah dengan mengenali develover atau pengembang perumahan cluster tersebut, dimana anda harus pastikan untuk memilih pengembang yang terpercaya dan memiliki reputasi yang bagus.

Anda bisa mempelajari track record dari pengembang tersebut dari internet atau dari informasi berita lainnya untuk mengetahui apakah pengembang tersebut pernah bermasalah atau tidak.

Survey lokasi cluster

Apabila anda mendengar atau melihat informasi rumah cluster dijual yang membuat anda tertarik, maka selanjutnya adalah dengan mengatur perjanjian dengan pihak pengembang dan mengatur perjanjian survey lokasi cluster.

Dengan melakukan survey langsung, anda dapat mencermati jalan ke perumahan mudah di akses, moda transportasi umum yang tersedia, kondisi lingkungan di perumahan bagus dan aman tanpa banjir atau longsor? Apakah kawasan perumahan dekat fasilitas publik atau tidak? Dimana hal tersebut merupakan poin penting yang sangat berpengaruh pada kenyaman anda ketika membeli rumah cluster.

Menentukan Tipe Rumah

Kemudian tips selanjutnya adalah dengan memiliih tipe rumah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial anda. Pada umumnya dalam perumahan cluster, terdapat beberapa time rumah mulai dari tipe 45, tipe 70 hingga tipe 140 dengan luas bangunan dan luas tanah yang berbeda, dimana anda bisa memilih tipe rumah yang menurut anda paling cocok dan tidak memberatkan anda nantinya.

Selain itu, pastikan anda mengetahui eluk beluk kondisi rumah, mulai dari material yang digunakan, ruangan, bagian dinding, lantai, atap, pembuangan sampah, listrik dan lainnya.

Baca juga  10 Inspirasi Outfit ke Pantai yang Nyaman dan Anti Gerah

Pahami Pembayaran dan Cicilan

Dan tips terakhir dalam membeli rumah cluster adalah dengan memahami pembayaran rumah cluster anda, dimana terdapat dua cara pembayaran yang bisa anda lakukan yakni Booking Fee dan Down Payment (DP).

Untuk uang Booking Fee dibayarkan pada broker atau pengembang, dengan kisaran harga atas dasar kesepakatan kedua belah pihak. Sedangkan pembayaran DP atau uang muka umumnya berkisar dari 5-10%, dibayarkan sebagai tanda bukti keseriusan pembeli rumah.

Selain kedua jenis pembayaran tersebut, cara bayar rumah terbagi menjadi 3, yakni menggunakan KPR, Tunai Keras dan Tunai Bertahap. Adapun dengan memilih opsi menggunakan KPR, akan membantu anda memiliki rumah dengan cara mencicil setiap bulan pada pihak bank. Sedangkan tunai bertahap tergantung dari kebijakan pengembang atau kesepakatan anda dalam melakukan pembayaran tunai yang dibagi dalam beberapa tahap seperti 3 bulan-6 bulan atau 1 -2 tahun.

Sekian informasi tentang tips membeli rumah cluster bagi anda yang baru pertama kali ingin membeli rumah pertama anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...