Tips Membeli Mobil Bekas Dengan Harga Murah Agar Tidak Menyesal Dikemudian Hari

Date:

Share post:

Apakah anda berminat membeli mobil bekas karena memiliki harga yang lebih miring apabila dibandingkan membeli mobil baru? maka penting untuk mengetahui tips membeli mobil bekas dengan harga murah agar nantinya anda tidak menyesal dikemudian hari.

Jual beli mobil bekas merupakan salah jenis usaha yang cukup diminati masyarakat dalam menjual dan membeli mobil bekas. Kegiatan ini adalah menjual mobil bekas dengan harga miring dan mendapatkan uang tunai yang bisa dipergunakan untuk kebutuhan lain, dan disis lain para pencari mobil bekas bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga miring dan lebih terjangkau dibandingkan membeli mobil baru.

Maka tidak heran apabila banyak orang yang menjadikan opsi membeli mobil bekas menjadi prioritas utama untuk bisa memiliki mobil dengan dana terbatas. Akan tetapi bagi anda yang berada disisi sebagai pembeli, maka sebaiknya anda tidak hanya tergiur dengan harga murah sebab terdapat beberapa poin penting yang harus anda perhatikan ketika akan membeli mobil bekas agar nanti anda tidak menyesal sebab mobil bekas adalah mobil bekas pakai sehingga ada beberapa hal yang patut anda perhatikan.

Untuk itu kali ini kami akan membagikan tips membeli mobil bekas dengan harga murah yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Membeli Mobil Bekas Dengan Harga Murah

Tips Membeli Mobil Bekas

Ketahui asal usul mobil sejelas-jelasnya

Tips pertama dan paling penting adalah anda harus mengetahui asal usul mobil bekas yang anda beli, apakah mobil yang akan anda beli ini dijual dari tangan pertama, apakah mobil ini pernah mengalami modifikasi, digunakan sebagai transportasi umum seperti taksi, dan alasan dibalik dari penjualan mobil ini.

Baca juga  Tips Solo Traveling ke Bali untuk Wanita, Aman dan Menyenangkan

Beberapa kasus jual beli mobil bekas yang sering ditemui adalah mobil yang dijual merupakan mobil modifikasi sehingga beberapa sparepart sudah diganti dari sparepart orisinil, sehingga adanya perubahan fungsional menyebabkan mobil bekas kerap kali keluar masuk bengkel.

Perhatikan pajak mobil

Saat membeli mobil bekas, anda juga harus mengetahui apakah pajak kendaraan dari mobil tersebut sudah dibayarkan oleh pemilik sebelumnya dan kapan waktu anda akan kembali membayar pajak apabila anda setuju untuk membeli mobil tersebut.

Hal tersebut berkaitan dengan peraturan perpajakan untuk kendaraan bermotor yang biasanya mengalami perubahan setiap tahunnya. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan soal pajak kendaraan, terutama bagi kendaraan bekas.

Perhitungkan masa pakai mobil

Perlu anda ketahui bahwa idealnya masa pakai sebuah mobil berkisar dari 5-10 tahun. Apabila lebih dari itu, mobil biasanya memerlukan perawatan yang lebih intensif karena melebihi masa pakai ideal. Maka dari itu, penting untuk perhitungkan sejak kapan mobil ini pertama kali digunakan dan perhitungkan pula di sisi anda berapa lama anda akan menggunakan mobil tersebut.

Sebagai contoh, apabila anda membeli mobil bekas yang sudah 5 tahun digunakan sejak pertama kali di beli, maka anda hanya memiliki 5 tahun lagi untuk menggunakan mobil secara optimal. Oleh karena itu, perkiraan masa pakai mobil juga perlu jadi fokus calon konsumen.

Bandingkan harga dengan mobil baru

Walaupun kebanyakan mobil bekas memiliki harga yang lebih terjangkau, namun kini banyak inovasi yang dilakukan oleh para perusahaan produsen mobil untuk memproduksi mobil baru dengan harga terjangkau dan memiliki harga hampir setara dengan mobil bekas.

Hal tersebut juga perlu menjadi pertimbangan finansial mengingat biasanya mobil baru memiliki masa pakai dan kualitas yang lebih tinggi jika dibandingkan mobil bekas. Jika perbandingan harga mobil baru dan bekas tidak terlalu signifikan, mungkin anda perlu mempertimbangkan kembali keputusan untuk membeli mobil bekas.

Baca juga  Begini Tips Cara Agar Mur Roda Mobil Mudah Dibuka

Pertimbangkan bahan bakar

Dan tips terakhir membeli mobil bekas dan mungkin sering terlewat dari pembelian mobil bekas adalah memperhatikan jenis bahan bakar yang digunakan oleh kendaraan tersebut. Banyak pembeli mobil yang kurang melakukan riset apa jenis bahan bakar dari mobil bekas yang dibeli oleh mereka, sehingga biasanya muncul penyesalan karena tidak melakukan riset terlebih dahulu.

Di Indonesia sendiri, pengembangan energi listrik sebagai bahan bakar mobil pun kini sedang masif dilakukan. Pergantian dari bahan bakar fosil menjadi listrik juga perlu menjadi pertimbangan anda dalam memilih membeli mobil bekas.

Demikian informasi mengenai tips membeli mobil bekas dengan harga murah agar nantinya anda tidak menyesal dikemudian hari. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...