Tips Liburan ke Luar Negeri Murah dan Tidak Membuat Kantong Jebol

Date:

Share post:

Apakah anda memiliki rencana berlibur ke luar negeri? maka penting untuk mengetahui tips liburan ke luar negeri murah dan tidak membuat kantong jebol yang akan kami bagikan kali ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana saat ini liburan ke luar negeri menjadi salah satu cara healing favorit banyak masyarakat di tanah air dimana liburan ke luar negeri tidak harus memiliki kantong yang tebal sebab saat ini telah hadir banyak promo pesawat atau agen travel murah yang menawarkan liburan murah ke negara favorit yang ingin anda kunjungi.

Tetapi bagi anda para pemula yang belum terbiasa liburan keluarga negeri, maka penting untuk anda ketahui dimana libiran ke luar negeri tidak hanya terbatas ongkos pesawat tetapi anda juga harus memikirkan hal-hal penting lainnya mulai dari biaya hotel, biaya akomodasi perjalanan, biaya ke tempat wisata, uang jajan, hingga biaya berbelanja sebab bisa saja anda menjadi “kalap” mata untuk berbelanja maupuh untuk dijadikan oleh-oleh.

Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan tips liburan ke negeri murah dan tidak membuat kantong jebol yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Liburan ke Luar Negeri Murah dan Tidak Membuat Kantong Jebol

Liburan ke Luar Negeri Murah

Pilih negara tujuan bebas visa

Hal pertama yang perlu anda ketahui dan perhatikan adalah tidak semua negara mengizinkan WNI masuk tanpa visa. Adapun Visa sendiri merupakan surat izin yang sengaja dibuat untuk keperluan seseorang saat akan memasuki negara lain. Visa ini memiliki masa berlaku, untuk visa sekali jalan biasanya berlaku selama 60 hari.

Baca juga  4 Trik Cerdas Beli Tiket Pesawat Murah Biar Kantong Tidak Jebol

Apabila anda ingin liburan ke luar negeri, maka sebaiknya anda usahakan memilih negara yang membebaskan bisa bagi pemegang paspor Indonesia. Hal ini penting, karena membuat visa cukup ribet dan memerlukan banyak dokumen dan setelahnya pun belum tentu visa bisa disetujui.

Selain itu, anda juga harus mengurusnya minimal satu bulan sebelum keberangkatan dan tentunya harus mengeluarkan biaya yang cukup besar kisaran Rp2 juta. Biasanya mereka yang ingin berlibur menghindari negara-negara yang memberlakukan visa agar tidak repot.

Negara-negara bebas visa yang bisa anda kunjungi di antaranya Malaysia, Jepang, Maroko, Oman, Brasil, Fiji, Hongkong, Singapura, Kamboja, Laos, Thailand, Makau, Filipina, Myanmar, Pakistan, Vietnam, dan masih banyak lagi.

Usahakan berangkat sebelum atau sesudah high season

Salah satu tips liburan ke luar negeri yang murah meriah yakni memilih waktu keberangkatan. Saat high season, harga tiket, penginapan, dan transportasi biasanya melonjak karena ramainya orang-orang yang bepergian.

Jika ingin menghemat budget liburan, baiknya anda berangkat sebelum atau sesudah high season. High season biasanya sekitar bulan Desember hingga Februari awal. Anda bisa cek harga tiket di aplikasi-aplikasi penjualan tiket, di sana anda bisa melihat harga tiket hingga beberapa bulan ke depan. Pilih harga tiket paling murah agar bisa menghemat pengeluaran.

Rutin cek tiket diskon atau promo

Tips selanjutnya adalah rutin memeriksa promo atau diskon tiket. Umumnya, online travel agent sering mengadakan promo setiap bulan, termasuk harga tiket hingga penginapan. Dengan menggunakan harga promo, tentunya anda bisa meminimalisir anggaran untuk liburan. Anda bisa memilih kode promo dengan potongan tertinggi dan hitung potongan harga tersebut dengan estimasi harga tiket yang anda cari sebelumnya.

Baca juga  Tips Mudah Cara Dapat Tiket Murah ke Eropa

Jangan pilih hotel sebagai penginapan

Saat liburan ke luar negeri, anda pastinya akan lebih sering berada di luar dibandingkan berdiam diri penginapan. Untuk itu usahakan tidak memilih hotel sebagai tempat singgah jika anda liburan ke luar negeri.

Di luar negeri biasanya banyak tersedia hostel atau homestay. Tidak seperti hotel, penginapan semacam ini bentuknya menyerupai rumah biasa yang memang disediakan untuk pendatang senyaman mungkin.

Anda bisa mulai survei tentang homestay di negara tujuan anda beserta harganya yang sudah pasti jauh lebih murah dari hotel. Tidak hanya murah, bahkan anda juga bisa dapat kenalan baru.

Jangan boros saat membeli makanan

Salah satu daya tarik suatu negeri pasti makanannya. Anda pasti sudah survei sebelumnya makanan apa yang terkenal dan jadi ciri khas negara tujuan anda berlibur. Agar tidak membuang-buang uang, jika harganya mahal beli makanan tersebut secukupnya. Anda bisa mencicipinya satu kali dan mengabadikannya dengan kamera. Hal terpenting saat anda datang ke luar negeri setidaknya anda sudah mencicipi makanan khas negeri tersebut satu kali.

Gunakan transportasi umum

Saat di luar negeri, jika ingin menghemat budget, anda harus pandai memilih transportasi apa yang akan anda gunakan. Jika anda pergi menggunakan taksi untuk setiap destinasi tujuan wisata anda, bisa dipastikan kantong anda malah bakal jebol.

Di luar negeri seperti Jepang, Korea, China atau negara-negara di Eropa lainnya biasanya banyak yang menggunakan bis atau kereta cepat. Hal ini karena harga transportasi umum ini jauh lebih murah jika anda harus naik taksi ke mana-mana.

Alternatif lain, jika tujuan tempat wisata tersebut tidak jauh dari tempat penginapan, kamu juga bisa jalan kaki sambil menikmati suasana kota.

Baca juga  8+ Inspirasi Outfit Korean Style Yang Trendy dan Keren

Jangan beli oleh-oleh berlebihan

Oleh-oleh tentunya tidak harus mahal dimana tujuan anda membelinya agar anda bisa mendapatkan kenangan berupa cinderamata dari negara tempat anda berlibur. Oleh karena itu, anda cukup membeli oleh-oleh murah dan seperlunya saja. Oleh-oleh yang bisa anda beli di antaranya gantungan kunci, miniatur tempat, atau semacam gelang, kalung, aksesori lainnya.

Bersikap sopan dan jangan malu bertanya

Karena ini adalah liburan di luar negeri yang pertama untuk anda jadi tentunya anda tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Walaupun anda sudah memperhatikan tips-tips liburan ke luar negeri tetapi di sana akan ada saja hal tidak terduga yang bisa terjadi.

Oleh karena itu penting untuk anda harus bersikap sopan dan jangan pernah malu bertanya pada orang-orang di sekitar. Saat menemui kendala, jelaskan pada mereka kendala yang anda alami dan apa yang seharusnya anda lakukan.

Demikian informasi mengenai tips liburan ke luar negeri murah dan tidak membuat kantong jebol. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...

Berapa Biaya Liburan ke Jepang? Ini Rincian dan Prosesnya

Bagi anda yang penasaran berapa biaya liburan ke Jepang untuk jalan-jalan ke negeri sakura ini, maka anda tepat...

8+ Aplikasi Video Slow Motion Keren di HP Android

Apakah anda mencari aplikasi edit video yang memungkinkan anda mengedit video dalam bentuk slow motion atau gerak lambat,...

7 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Ampuh Mengatasi Gigi Berlubang di Apotik

Apabila anda merasakan sakit gigi karena gigi berlubang, maka salah satu cara cepat mengatasinya adalah dengan meminum obat....