Begini Tips Liburan ke Bromo untuk Para Pemula

0
Tips Liburan ke Bromo untuk Para Pemula

Apakah anda sedang berencana liburan ke Bromo dan ini pertama kalinya untuk anda? maka jangan lewatkan tips lburan ke Bromo untuk para pemula biar liburan anda menjadi momen yang asik dan tidak terlupakan.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana wisata Bromo merupakan salah satu destinasi unggulan di Indonesia yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Bromo adalah gunung aktif dengan ketinggian 2.329 mdpl yang berada pada 4 Kabupaten di provinsi Jawa Timur. Akan tetapi, walaupun berstatus gunung aktif, tetapi hal tersebut tidak mengurangi minat wisatawan lokal maupun asing untuk berkunjung ke obyek wisata ini.

Banyak alasan mengapa Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi favorit banyak wisatawan tanah air hingga mancanegara dimana Gunung Bromo menawarakan keindahan alam yang penuh dengan daya tarik dan keunikan tersendiri. Matahari terbit yang indah, Lautan pasir seakan tidak berujung yang selaras dengan perbukitan hijau yang mempesona. Selain itu, pemandangan alam dan udara dingin sejuk di sekitar Gunung Bromo adalah perwujudan keindahan mempesona.

Bagi anda para pemula yang ingin berlibur ke Gunung Bromo, maka terdapat sejumlah persiapan dan tips yang harus anda lakukan agar liburan anda ke Bromo bisa menyenangkan dan menjadi momen tidak terlupakan. Hal ini penting, sebab gunung Bromo dikenal wisata gunung dengan medan dan cuacanya yang tidak menentu.

Berikut beberapa tips liburan ke Bromo untuk para pemula yang bisa anda simak dibawah ini.

Tips Liburan ke Bromo untuk Para Pemula

Tips Liburan ke Bromo untuk Para Pemula

Lakukan persiapan fisik

Saat merencanakan liburan, banyak orang akan lebih fokus pada budge dan perlengkapan yang harus dibawa. Tetapi selain bujet atau perlengkapan, anda juga harus memperhatikan fisik anda dimana liburan ke Bromo butuh fisik yang kuat dan sehat dimana anda harus bangun dini hari, mendaki bukit, hingga berkeliling kawasan wisata yang cukup luas.

Membawa Perlengkapan Yang Tepat Saat di Gunung Bromo

Selanjutnya, anda harus persiapkan perlengkapan tepat selama liburan di Bromo yang terkenal dengan suhu udara yang sangat dingin. Suhu di Gunung Bromo berkisar 5 hingga 13 derajat celsius saat menjelang matahari terbit. Suhu tersebut bisa mendekati 0 derajat celsius saat musim kemarau antara bulan Juli hingga September.

Agar selama wisata di Bromo tetap merasa aman dan nyaman, anda bisa menyiapkan beberapa perlengkapan dibawah ini untuk anda masukkan ke dalam tas anda.

  • Kenakan pakaian hangat dan nyaman, seperti jaket tebal, kaos kaki, sarung tangan, syal dan kupluk karena suhu bisa sangat dingin terutama pada malam hari.
  • Siapkan obat – obatan pribadi yang anda perlukan, sebagai contoh obat sakit kepala atau mual karena apabila yang lemah terhadap suhu dingin dan ketinggian gunung dapat beresiko terkena sakit kepala saat ada di bromo.
  • Pastikan membawa kamera atau ponsel yang memiliki kualitas foto yang baik karena Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang luar biasa indah di Gunung Bromo.
  • Powerbank juga sangat penting untuk dibawa, sangat berguna untuk mengisi daya ponsel atau HP agar tidak kehabisan baterai selama liburan di bromo.
  • Membawa masker jika anda memerlukanya, karena asap dari kawah serta debu di lautan pasir bromo yang berterbangan dapat mengganggu pernapasan.
  • Membawa jas hujan atau raincoat karena tidak menutup kemungkinan selama ada di Bromo akan turun hujan. Bahkan embun pagi di kawasan Bromo pun bisa membuat bajumu basah kuyup karena suhu yang sangat rendah.
Baca juga  Begini Harga Tiket Masuk Gembira Loka Zoo 2024 untuk Dewasa dan Anak-Anak

Gunakan transportasi umum

Berada di empat kabupaten yang berbeda, Bromo bisa diakses dari banyak kota. Meski begitu, rute terbaiknya adalah berangkat dari dua kota yaitu Malang dan Surabaya. Opsi terbaiknya adalah dengan naik kendaraan umum seperti kereta api dan bus. Sedangkan untuk bus, anda bisa naik bus dengan tujuan Terminal Malang. Dari terminal, barulah naik angkot sampai ke Desa Cemoro Lawang.

Pilih waktu terbaik untuk berkunjung

Wisata Bromo memang selalu bisa dikunjungi selama tidak terjadi pelarangan oleh pihak pengelola. Namun setiap musim akan memberikan pemandangan yang berbeda. Di musim kemarau yang terjadi dari April sampai Oktober, Bromo didominasi oleh warna cokelat karena tanaman yang mengering dan hamparan padang pasir yang luas.

Di musim hujan yang terjadi dari bulan November hingga Maret, anda akan mendapati Bromo menghijau dengan hamparan savana yang luas. Di musim hujan juga, turis yang berkunjung tida terlalu padat sehingga anda bisa lebih leluasa menikmati pemandangan yang ada.

Dan terakhir, kalau anda mau menyaksikan fenomena golden sunrise, anda bisa datang saat puncak musim kemarau yang terjadi dari Juni sampai Agustus.

Demikian informasi mengenai tips lburan ke Bromo untuk para pemula. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *