Tips Investasi Tanah Beserta Perhitungan Keuntungan dan Risikonya

Date:

Share post:

Anda sedang mencari tips investasi tanah? maka anda tepat menemukan artikel ini dimana anda bisa menyimak perhitungan keuntungan dan risikonya yang bisa anda hadapi.

Investasi tanah merupakan jenis investasi yang sudah dikenal sejak dulu dan banyak dilakukan masyarakat di tanah air. Walaupun dalam jangka pendek, mungkin investasi tanah belum menghasilkan apa-apa tetapi dalam waktu yang panjang, terbukti dimana investasi bisa dijadikan jaminan untuk masa depan, jaminan masa pensiun bahkan jaminan untuk anak cucu kelak. Apalagi jika anda memiliki aset tanah pada lokasi yang strategis dan kelak menjadi perencanaan kota yang penting nantinya.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana harga tanah yang cenderung naik tiap tahun, ditambah lagi dengan pesat pembangunan yang dilakukan pemerintah maupun swasta, maka investasi tanah menjadi sebuah instrumen investasi yang menjanjikan keutungan besar di masa depan, apalagi jika tanah anda berada di lokasi yang strategis. Bahkan tidak jarang ditemukan pemilik tanah yang meraih keuntungan berkali-kali lipat dibandingkan harga pada saat membelinya pertama kali yang membuat pemilik tanah bisa menjadi “kaya mendadak”.

Tips Investasi Tanah

Tips Investasi Tanah

Seperti yang kami sebutkan diatas, dimana investasi mungkin bukan investasi jangka pendek yang menguntungkan tetapi dalam jangka panjang, investasi tanah bisa sangat menggiurkan dengan potensi harga naik bisa berkali-kali lipat.

Baca juga  4 Aplikasi Game Penghasil Saldo OVO Gratis Terbaru 2023

Untuk bisa memaksimalkan keuntungan investasi tanah anda dan terhindar dari kerugian, berikut beberapa tips cara berinvestasi tanah yang bisa anda simak dibawah ini.

Cek Kelengkapan legalitas

Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika akan berinvestasi tanah adalah dengan memeriksa kelengkapan legalitas tanah. Hal ini penting dan tidak boleh disepelekan dimana dengan legalitas yang terjamin akan menghindarkan anda dari berbagai masalah hukum, seperti sengketa tanah. Maka dari itu, penting bagi anda yang ingin membeli tanah, maka anda bisa mencoba untuk memerhatikan status dan landasan hukumnya, seperti hak guna usaha (HGU) dan hak guna bangunan (HGB).

Apabila anda tidak memahami mengenai legalitas, maka anda bisa menggunakan jasa notaris untuk memeriksa legalitas tanah sebelum mengurus sertifikat hak milik (SHM).

Mencari Tanah dengan Lokasi Strategis

Lokasi strategis jadi salah satu faktor tanah memiliki nilai investasi yang tinggi. Tanah dengan lokasi yang strategis, akses yang memadai, serta infrastruktur yang lengkap bisa memiliki nilai jual tinggi. lahan seperti ini juga dapat dimanfaatkan untuk membangun rumah, ruko, kos-kosan, apartemen, atau jenis properti lainnya yang mendatangkan keuntungan.

Prospek kenaikan harga

Agar memperoleh keuntungan yang maksimal, anda harus memahami data kenaikan harga tanah per tahun. Umumnya, kenaikan harganya sekitar 5% hingga 20%. Lokasi yang strategis juga bisa mempengaruhi nilai jual tanah menjadi lebih tinggi.

Apabila tanah berada di area terpencil, anda bisa menggali informasi terkait prospek pembangunan infrastruktur sekitar lahan. Informasi ini dapat diperoleh di dinas tata kota setempat.

Keuntungan Investasi Tanah

Kepopuleran investasi tanah yang sejak dulu dilakukan banyak masyarakat ditanah air pastinya bukan tanpa alasan, dimana investasi tanah memiliki sejumlah keuntungan dibandingkan investasi lain. Akan tetapi sebagai investasi, maka investasi tanah juga memiliki sejumlah risiko dan kekurangan. Untuk lebih jelasnya, simak keuntungan dan kekurangan dari investasi tanah yang bisa anda simak sebagai berikut.

Baca juga  7 Rekomendasi Aplikasi Jual Beli Rumah Gratis Yang Aman dan Terpercaya

Biaya perawatan yang terjangkau

Investasi tanah memerlukan biaya perawatan pula, seperti produk properti lainnya. Salah satunya adalah biaya keamanan agar tanah anda aman, terutama dari aksi penyerobotan lahan.

Nilai tambah

Dengan aset tanah kosong, anda juga bisa memanfaatkan untuk berbagai hal sehingga bisa menjadi penghasilan pasif atau passive income bagi pemiliknya. Seperti anda bisa membangun ruko untuk usaha, membuat perumahan berbentuk klaster atau kavling, kos-kosan, dan lainnya. Tanah kosong juga bisa anda sewakan atau bisa juga anda fungsikan sebagai lahan parkir atau bercocok tanam.

Sulit hilang

Tidak seperti aset lainnya, sifat tanah yang tetap alias tidak berpindah-pindah membuat risiko kehilangan tanah menjadi kecil. Syaratnya, pemilik menyimpan kelengkapan surat dan sertifikat kepemilikan.

Sedikit kompetitor

Tidak seperti rumah, ruko, atau apartemen, penjualan tanah kosong cenderung lebih cepat karena hanya memiliki sedikit kompetitor.

Risiko Investasi Tanah

Walaupun investasi tanah yang terlihat menggiurkan untuk dilakukan, tetapi perlu anda ketahui bahwa sebagai instrumen investasi, aset tanah juga memeliki beberapa kekurangan dan risiko yang harus anda ketahui. Berikut risiko dan kekurangan investasi tanah.

Perlu modal besar

Investasi tanah memang memerlukan modal yang besar, sebab keuntungan yang ditawarkan dikemudian hari juga tinggi. Terlebih untuk tanah yang berada di lokasi strategis, tentu butuh modal yang tidak sedikit.

Risiko penyerobotan

Apabila anda rutin membaca berita, pastinya andas sering melihat banyaknya kasus penyerobotan tanah. Apalagi jika tanah tersebut jarang diawasi, dirawat, atau sekadar dikunjungi. Penyerobotan dapat berupa pemanfaatan lahan tanpa seizin pemiliknya, seperti mendirikan bangunan tidak tetap, dijadikan lahan parkir, hingga pengurangan luas tanah.

Ketelitian terhadap legalitas

Pembelian tanah perlu memperhatikan segala dokumen legalitas terkait agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Oeh karena itu, anda sebagai calon investor, anda perlu memastikan apakah tanah yang hendak dibeli sudah memiliki status kepemilikan dan legalitas yang solid atau justru sebaliknya.

Baca juga  Cara Cek Pengajuan Kartu Kredit Disetujui atau Tidak

Pilihan kredit tanah yang Masih Terbatas

Fasilitas kredit pemilikan tanah (KPT) dan kredit kepemilikan lahan yang masih terbatas, membuat berinvestasi tanah harus mengumpulkan dana segar untuk membeli tunai.

Sekian informasi mengenai tips cara investasi tanah perhitungan keuntungan dan risikonya yang bisa menjadi pertimbangan dan perhitungan anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...