6 Tips Efektif untuk Meredakan Sakit Perut dan Sembelit

0
Tips Efektif untuk Meredakan Sakit Perut dan Sembelit

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips efektif untuk meredakan sakit perut dan sembelit dengan cara aman dan mudah yang bisa anda terapkan.

Sakit perut dan sembelit dapat menjadi masalah yang mengganggu keseharian siapa saja tanpa mengenal umur dimana saat kondisi ini menyerang pastinya akan membuat kegiatan dan aktivitas harian menjadi terganggu.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab sakit perut dan sembelit tergantung pada kondisi dan faktor-faktor individu. Salah satu penyebab umumnya adalah pola makan yang tidak sehat, seperti konsumsi makanan yang rendah serat atau kurangnya asupan air. Kurangnya aktivitas fisik juga dapat mengganggu pencernaan dan menyebabkan sembelit.

Selain itu, stres dan kecemasan juga dapat mempengaruhi fungsi pencernaan dan menyebabkan gangguan seperti sakit perut. Beberapa kondisi medis tertentu, seperti sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome/IBS), sindrom usus iritabel, atau gangguan pencernaan lainnya, juga dapat menjadi penyebab sakit perut dan sembelit yang sering kali memerlukan penanganan medis khusus.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan beberapa tips efektif untuk meredakan sakit perut dan sembelit yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Efektif untuk Meredakan Sakit Perut dan Sembelit

Tips Efektif untuk Meredakan Sakit Perut dan Sembelit

Minum baking soda

Baking soda bekerja untuk hal in karena kandungan sodium bikarbobat dengan kemampuan mengobati refluks asam. Ini dapat menetralisir asam lambung dan meredakan gejala-gejala mulas untuk beberapa waktu. Caranya, larutkan 1/4 sdt baking soda dalam segelas air lalu minum semuanya. Jangan campur baking soda dengan obat lain setidaknya selama 2 jam.

Baca juga  Ketahui Jenis Jerawat yang Sering Muncul di Wajah dan Cara Mengatasinya

Gunakan kompres hangat

Kompres hangat dapat secara signifikan meredakan rasa sakit yang dialami dari sindrom iritasi usus. Anda bisa menggunakan penghangat listrik atau bantal pemanas. Jangan pernah tempatkan langsung penghangat ke kulit. Ini untuk menghindari luka bakar. Jika Anda tak memiliki penghangat, kompres kain panas lama juga dapat membantu hal tersebut.

Konsumsi makanan kaya probiotik dan prebiotik

Prebiotik adalah bagian dari makanan yang tidak bisa dicerna. Misalnya, kulit buah dan sayuran. Sementara probiotik adalah bakteri hidup yang dibuat selama proses fermentasi dalam makanan seperti yogurt. Probiotik penting untuk pencernaan dan dapat mengurangi gejala seperti sakit perut, kembung, dan diare.

Konsumsi teh herbal

Konsumsi teh herbal juga dapat meringankan gejala sakit perut. Campuran adas, pepermint, jahe, dan chamomile yang dijadikan teh amat bagus untuk meredakan sakit perut. Sementara untuk diare, konsumsi teh bunga chamomile dan jahe kering. Ini membantu meredakan diare, sindrom iritasi usus, dan kolik.

Berbaring dengan kepala lebih tinggi

Berbaring dengan kepala yang sama datar bukanlah pilihan terbaik saat perut Anda sakit. Dalam posisi ini, tenggorokan dan perut Anda berada pada tingkat yang sama sehingga asam lambung dapat dengan mudah naik.

Duduklah di tempat tidur saat sakit perut melanda atau gunakan bantal yang sangat tinggi bila ingin tidur. Selain itu, posisi jongkok juga diakui baik untuk membersihkan perut Anda. Cukup tinggikan kaki dan tinja akan lebih mudah melintas dengan cara buang air besar dengan jongkok.

Mengonsumsi makanan kaya serat

Perlu anda ketahui dimana serat dapat meningkatkan fungsi usus. Semakin banyak serat yang Anda makan, semakin lembut feses sehingga terhindar dari konstipasi. Kuncinya adalah menambahkan serat ke dalam makanan Anda secara perlahan. Ini akan meminimalkan kembung dan gas. Sumber serat yang bagus adalah buah, sayuran, roti gandum, sereal, buah beri, dan kacang kering.

Baca juga  7 Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Depan dan Penyebabnya

Demikian informasi mengenai tips efektif untuk meredakan sakit perut dan sembelit dengan cara aman dan mudah untuk menjadi referensi anda. Apabila sakit berlanjut maka sebaiknya anda segera berkonsultasi pada dokter kesayangan anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *