Tips Daftar Gelombang Kartu Prakerja Terbaru 2023

0
Daftar Gelombang Kartu Prakerja

Gelombang baru kartu prakerja 2023 terus dibuka, begini tips daftar gelombang kartu prakerja terbaru 2023.

Pengajuan dan pendaftaran kartu prakerja anda terus mengalami kegagalan gelombang demi gelombang? Atau anda baru ingin mengikuti gelombang terbaru 2023 ini?

Apabila anda terus mengalami penolakan pada saat pengajuan pra kerja bisa jadi karena anda memiliki kekurangan pada syarat administrasi anda seperti KTP yang tidak lengkap, data formulir yang tidak sesuai atau bisa saja karena kuota pra kerja yang sudah penuh pada gelombang yang anda ikuti, sebagaimana pra kerja sendiri memiliki kuota terbatas dan mengingat banyaknya masyarakat yang mendaftar.

Jadi bagi anda yang baru ingin mendaftar prakerja, maka sebaiknya anda benar-benar mengisi formulir yang ada dengan tepat dan memastikan data KTP anda valid dan ada didatabase dukcapil sehingga bisa saja anda bisa lolos prakerja pada percobaan pertama yang anda lakukan.

Lalu apa itu prakerja dan manfaatnya? sekedar informasi, prakerja program adalah bantuan sosial pemerintah yang diberikan kepada masyarakat untuk mencari kerja dengan bantuan meningkatkan softskill dan hardskill melakuan bantuan biaya kursus dan pelatihan sehingga memperbesar peluang diterima bekerja dengan gaji yang memadai dengan skill yang telah dimiliki. Selain para pencari kerja, prakerja juga bisa bermanfaat bagi yang telah memiliki pekerjaan dan ingin meningkatkan softskill serta hardskill agar memperoleh gaji dan posisi yang lebih tinggi.

Jadi pada intinya, prakerja akan berpengaruh besar pada peningkatan taraf hidup dengan pekerjaan yang lebih baik atau keterampilan untuk membuka usaha sendiri. Adapun untuk pendaftaran prakerja dibuka secara bergelombang dimana pemberikan bantuan diberikan secara bertahap kepada masyarakat.

Adapun manfaat yang diberikan program kartu prakerja adalah dimana program ini memberikan total bantuan dana yang akan diterima sebesar Rp 3.550.000 per orang dalam bentik insentif dimana jumlah itu terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif senilai Rp 600 ribu selama 4 bulan berturut-turut setelah mengikuti pelatihan, serta insentif survei Rp 150.000 untuk 3 kali survei.

Baca juga  Cara Investasi Crypto dari Nol, Minim Risiko Dan Aman

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja

Daftar Gelombang Kartu Prakerja

Untuk mendaftar kartu prakerja, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk pengajuan di situs resmi prakerja. Apa saja syaratnya? simak sebagai berikut.

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18-64 tahun
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  • Bukan merupakan anggota TNI/Polri/ASN, anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, kepala dan perangkat desa dan sebagainya
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19
  • Dalam 1 Kartu Keluarga (KK) maksimal 2 NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang terdaftar sebagai penerima kartu prakerja
  • Merupakan pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, wirausahawan yang terdampak COVID-19

Cara Daftar Prakerja Terbaru 2023

Bagi anda yang telah memenuhi syarat diatas, maka selanjutnya adalah mencari informasi kapan gelombang prakerja terbaru akan buka. Atau anda juga bisa melakukan pendaftaran prakerja terlebih dahulu sambil menunggu gelombang baru terbuka dan nantinya anda cukup mendaftar pada gelombang prakerja terbaru tersebut.

Berikut cara daftar prakerja terbaru 2023 yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Pertama, silahkan buka website resmi prakerja di www.prakerja.go.id di browser perangkat anda.
  • Kemudian klik “Daftar Sekarang” kemudian masukkan email dan password yang akan digunakan. Apabila anda sudah pernah mendaftar sebelumnya, langsung login dengan mengklik menu login
  • Selanjutnya, silahkan buka email dan cek notifikasi dari situs prakerja
  • Kemudian klik tautan yang ada pada email untuk melakukan verifikasi
  • Selanjutnya, login ke akun prakerja
  • Pada halaman utama website prakerja, lengkapi data diri untuk melakukan verifikasi KTP dan KK
  • Unggah foto KTP dan foto foto diri sesuai yang diminta
  • Masukkan nomor telepon yang aktif, lalu verifikasi
  • Setelah itu isi deklarasi survei

Dan langkah terakhir, anda bisa mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar yang tersedia, kemudian anda bisa menunggu hasil dari gelombang prakerja yang anda ikuti, apakah diterima atau ditolak. Apabila ditolak, anda bisa mengajukan lagi pada gelombang selanjutnya.

Baca juga  7+ Rekomendasi Aplikasi Invoice Online, Mudah Dan Gratis

Tips Lolos Program Kartu Prakerja

Agar memperbesar peluang anda diterima saat gelombang prakerja terbaru dibuka, maka berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagai berikut.

  • Pastikan anda telah memenuhi syarat yang telah ditentukan
  • Pastikan memasukkan email dan nomor telepon yang digunakan aktif
  • Pastikan data diri benar dan lengkap sesuai dengan data yang terdaftar di Dukcapil
  • Mengunggah foto KTP dengan jelas. Sebagai catatan, sebaiknya menggunakan kamera handphone untuk mengunggah foto, bukan menggunakan foto KTP yang ada di galeri.
  • Memastikan wajah terlihat dengan jelas saat foto
  • Menjawab tes minat bakat dengan benar dan akurat
  • Memastikan lokasi di perangkat anda telah dinyalakan dan diizinkan yang merupakan syarat utama pendaftaran prakerja.

Sekian informasi mengenai tips cara daftar prakerja terbaru 2023 bagi anda para pencari kerja atau yang sudah bekerja untuk bisa mendapatkan program pemerintah mendapatkan biaya pelatihan dan kursus untuk meningkatkan skill dan keterampilan kerja anda sehingga diperhitungkan dalam dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *