Tips Cegah Kerusakan Mata dengan Menggunakan Kacamata Anti Radiasi, Ini dia Manfaatnya

Date:

Share post:

Mata adalah salah satu indera manusia yang berfungsi untuk bisa melihat hal-hal disekitar anda, maka dari itu penting dan wajib agar anda selalu menjaga kesehatan mata anda. Begini tips cegah kerusakan mata dengan menggunakan kacamata anti radiasi yang bisa anda simak pada artikel kami kali ini.

Perlu anda ketahui bahwa kacamata anti radiasi merupakan salah satu alat pelindung mata yang penting untuk dimiliki dimana entah anda sadar atau tidak, mata anda mungkin sering terpapar radiasi, contohnya seperti sinar UV dari matahari atau cahaya biru dari layar gadget, yang apabila dibiarkan secara terus menerus maka bisa menyebabkan kerusakan mata.

Radiasi sinar UV dari matahari dan sinar biru dari gadget atau blue light contohnya dari layar komputer atau laptop akan bisa merusak jaringan dan struktur mata, termasuk kornea dan lensa mata. Adapun radiasi adalah energi berupa gelombang atau berkekuatan tinggi yang dapat terjadi secara alami atau dihasilkan dari perangkat elektronik. Radiasi yang terjadi secara alami dihasilkan oleh sinar matahari yang membawa ultraviolet (UV). Sedangkan, radiasi dari perangkat elektronik umumnya berasal dari komputer, laptop, televisi, dan HP.

Dari banyak studi menyebutkan bahwa paparan radiasi secara terus menerus dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit atau kerusakan pada mata, sehingga anda perlu menggunakan kacamata khusus untuk menghambat atau menghalangi radiasi tersebut. Selain menghalau radiasi, kacamata anti radiasi juga memiliki beberapa manfaat lainnya yang bisa menjadi alasan mengapa anda memerlukan kacamata ini. Penasaran? simak sebagai berikut.

Manfaat Kacamata Anti Radiasi

Kacamata Anti Radiasi

Meningkatkan Kualitas Penglihatan

Saat anda beraktivitas dibawah sinar matahari, biasanya akan timbul efek menyilaukan pada mata. Dengan penggunaan kacamata anti radiasi ini juga mampu meredam intensitas cahaya yang masuk ke mata, sehingga pandangan terasa lebih jelas. Selain meredam efek silau pada sinar matahari, kacamata anti radiasi ini juga memiliki fungsi yang sama pada dalam penggunaan ponsel, laptop, atau televisi.

Mencegah Penyakit dan Kerusakan Mata

Paparan radiasi ultraviolet secara berlebihan juga meningkatkan risiko terjadinya penyakit pada mata, seperti kerusakan retina, degenerasi makula, katarak, kanker mata, dan pterygium pada mata.

Untuk mencegah hal itu terjadi, maka direkomendasikam agar anda menggunakan kacamata anti radiasi saat bekerja dibawah terik matahari, dan saat menggunakan komputer dalam waktu yang lama. Walaupun penggunaan kacamata anti radiasi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mata, anda tetap disarankan untuk membatasi waktu pemakaian gadget (screen time) maksimal 2 jam perhari. Tetapi jika pekerjaan anda memang menuntut anda menggunakan gadget, cobalah untuk memberikan waktu istirahat kepada mata anda setiap 1 atau 2 jam sekali.

Meringankan Gejala Mata Lelah atau Mata Kering

Gejala mata lelah dan mata kering sering dialami oleh seseorang yang menatap layar komputer atau gadget berjam-jam Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi pada orang yang terlalu lama terpapar sinar matahari. Penelitian menyebutkan bahwa penggunaan kacamata anti radiasi mampu mencegah sekaligus meringankan gejala mata lelah dan kering yang dirasakan.

Meningkatkan kualitas tidur

Paparan sinar biru yang berlebihan bisa membuat produksi hormon melatonin di dalam tubuh terganggu. Hal ini bisa mengganggu siklus bangun dan tidur alami tubuh (irama sirkadian), sehingga menyebabkan anda bisa merasa sering mengantuk di siang hari dan susah tidur di malam hari (insomnia).

Baca juga  5+ Manfaat Masker Lumpur untuk Kecantikan Kulit Wajah, Bisa Mencegah Penuaan Dini

Untuk mencegah dampak buruk paparan sinar biru tersebut, anda bisa menggunakan kacamata anti radiasi. Kacamata ini bisa menghalau sinar biru yang masuk ke mata dan membuat hormon melatonin tetap diproduksi dengan lancar.

Demikian informasi mengenai tips cegah kerusakan mata dengan menggunakan kacamata anti radiasi. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...