9 Cara Mengatasi Darah Rendah Secara Cepat, Sehat dan Alami

0
Cara Mengatasi Darah Rendah Secara Cepat

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi darah rendah secara sehat dan alami serta mudah anda terapkan.

Sekedar informasi, darah rendah atau disebut juga hipotensi adalah merupakan kondisi medis di mana tekanan darah seseorang berada di bawah batas normal. Kondisi ini tidak boleh disepelekan dimana hal ini dapat menyebabkan gejala seperti pusing, lemas, kelelahan, dan bahkan pingsan.

Bagi anda yang kerap mengalami kondisi ini, maka tentunya sudah seharusnya anda mencari cara untuk mengatasinya sehingga kondisi ini tidak mempengaruhi aktivitas harian anda dimana terdapat beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi darah rendah secara alami.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi darah rendah secara cepat, sehat dan juga alami yang bisa anda simak dibawah ini.

Cara Mengatasi Darah Rendah Secara Cepat

Cara Mengatasi Darah Rendah Secara Cepat

Minum Air Putih

Cara pertama untuk mengatasi darah rendah adalah dengan banyak mengonsumsi air putih dan merupakan hal paling mudah untuk anda lakukan dimana dehidrasi adalah salah satu penyebab seseorang mengalami darah rendah. Maka dari itu, cara tercepat untuk mengatasi darah rendah adalah dengan minum air putih yang banyak.

Konsumsi Makanan dan Minuman Mengandung Gula

Darah rendah bisa terjadi karena kadar gula darah juga ikut rendah. Nah, untuk mengatasi hal tersebut anda harus mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula. Tapi, jangan juga terlalu kebanyakan karena bisa menyebabkan diabetes.

Baca juga  7 Penyebab Sakit Punggung Bawah (Lowback Pain) dan solusi Cara Mengatasinya

Hindari Gerakan Mendadak

Bagi anda yang pernah merasakan ketika baru bangun tidur dan langsung duduk lalu tiba-tiba saja kepala anda merasa pusing maka bisa jadi hal tersebut karena gejala darah rendah. Mungkin terkesan sepele untuk dilakukan, tapi saat bangun tidur cobalah lakukan secara perlahan. Ketika sudah bangun, coba duduk terlebih dahulu selama beberapa detik, jika anda tidak mengalami pusing atau pandangan mendadak kabur, baru setelah itu anda berdiri dan berjalan seperti biasanya.

Hindari Minuman Alkohol

Alkohol ternyata memiliki sejumlah dampak buruk bagi tubuh, salah satunya dapat menyebabkan darah rendah. Maka dari itu, disarankan kepada kamu yang memiliki darah rendah untuk hindari minuman beralkohol. Sebaiknya, ganti minuman alkohol dengan memperbanyak minum air putih agar tubuh tetap sehat.

Hindari Berdiri Terlalu Lama

Darah rendah atau hipotensi juga bisa disebabkan karena terlalu lama berdiri, sebab darah akan menumpuk ke kaki. Hal ini disebut sebagai neural mediated hypotension atau NMH. Maka dari itu, sebaiknya penderita darah rendah jangan terlalu lama berdiri. Kalau anda mulai merasa sudah lelah, pusing, hingga mual, sebaiknya segera mencari kursi untuk duduk dan minum air putih.

Konsumsi Garam

Sodium yang terdapat dalam garam ternyata mampu meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh, sehingga cocok buat kamu yang memiliki darah rendah. Tapi jangan mengkonsumsi garam terlalu banyak juga, karena hal ini justru berisiko menyebabkan darah tinggi. Maka dari itu, konsumsi garam secukupnya untuk mengatasi darah rendah.

Perhatikan Pola Makan

Pola makan juga dapat mempengaruhi tekanan darah. Disarankan konsumsi makanan dalam porsi yang kecil hingga sedang saja, tapi anda bisa siasati dengan lebih sering makan dalam satu hari. Contohnya, biasanya anda makan sebanyak tiga kali dalam sehari, tapi kini menjadi lima kali dalam sehari, asalkan porsinya berukuran kecil. Sebab, makan dengan porsi kecil dapat membantu mencegah terjadinya darah rendah.

Baca juga  Bahan Alami untuk Mengatasi Bau Badan Menyengat

Konsumsi Kismis

Hipotensi juga dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi kismis. Caranya cukup mudah, disarankan mengkonsumsi kismis sekitar 10-15 butir setiap hari guna meminimalisir terjadinya darah rendah.

Konsumsi Sayur Bayam

Selanjutnya untuk mengatasi darah rendah adalah dengan rutin mengkonsumsi sayur bayam. Sebab, di dalam sayur bayam terdapat kandungan kalium, folat, dan vitamin E yang mana dapat melancarkan peredaran darah dan membantu memproses pembentukan sel darah merah, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah.

Pakai Stoking Kompresi

Cara terakhir untuk mengatasi darah rendah adalah dengan menggunakan stoking kompresi. Penggunaan stoking khusus ini sebenarnya untuk mencegah terjadinya varises, yakni pembengkakan pada pembuluh darah vena di kaki. Namun, stoking kompresi juga bisa digunakan untuk meminimalisir risiko terjadinya darah rendah.

Demikian informasi mengenai tips cara mengatasi darah rendah secara sehat dan alami. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *