Tips Cara Memilih Tukang Bangunan yang Tepat Agar Hati Nyaman

0

Cara memilih tukang bangunan yang tepat sangat penting untuk diketahui agar pekerjaan renovasi atau pembuatan rumah membuat hati anda nyaman dan kantong tidak jebol.

Membuat atau merenovasi rumah merupakan jenis pekerjaan yang sebaiknya dikerjakan oleh para ahlinya dan dalam hal ini, tukang bangunan merupakan pilihan yang tepat dan menjamin hasil seperti yang diharapkan.

Memilih tukang bangunan yang tepat merupakan langkah penting yang pertama dan krusial dalam memastikan proyek konstruksi atau renovasi berjalan lancar dan sesuai harapan. Dengan banyaknya pilihan tukang bangunan yang tersedia, menemukan yang terbaik bisa menjadi tantangan tersendiri bagi setiap pemilik rumah.

Oleh sebab itu, diperlukan beberapa pertimbangan yang harus anda ketahui agar bisa memilih tukang bangunan yang dapat dipercaya dan membuat hati anda aman. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Tips Cara Memilih Tukang Bangunan yang Tepat Agar Hati Nyaman

Tips Cara Memilih Tukang Bangunan yang Tepat Agar Hati Nyaman

Bisa Berkomunikasi dengan Baik

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana penting untuk memiliki komunikasi yang baik dengan tukang yang bekerja dengan anda dimana mereka mungkin bekerja di rumah anda selama berbulan-bulan. Mampu berkomunikasi dengan mudah akan sangat membantu menyelesaikan masalah apa pun yang mungkin timbul di kemudian hari.

Tanyakan siapa yang akan berada di lokasi setiap hari karena mungkin berbeda dengan orang yang menawar pekerjaan jika itu adalah perusahaan besar. Apabila anda merasa tidak nyaman dengan seorang kontraktor, jangan mempekerjakan mereka, sebab anda selalu dapat menemukan orang lain untuk melakukan pekerjaan itu yang cocok dengan anda.

Baca juga  6 Destinasi Wisata Dekat Stasiun Kereta Cepat Bandung Whoosh di Padalarang

Bertanya Pengalaman Orang Lain

Pada umumnya, tukang bangunan punya reputasi yang berasal dari pengalaman orang lain. Anda bisa menanyakan rekomendasi pribadi dari seseorang yang anda percayai yang baru-baru ini menyewa tukang. Kalau anda tidak bisa mendapatkan rekomendasi pribadi, anda bisa kunjungi dua atau tiga contoh pekerjaan serupa yang telah dikerjakan tukang atau kelompok tukang yang sama. Dapatkan detail kontak orang-orang tempat mereka bekerja.

Siapkan RAB tertulis

Jangan terlalu cepat menghubungi tukang. Yang lebih penting adalah menyiapkan ringkasan tertulis, termasuk gambar detail jika memungkinkan, agar jelas dan spesifik tentang apa yang ingin anda lakukan.

Mintalah seorang arsitek melakukan perhitungan, sebelum anda menanyakan harga. Perjelas tentang rentang waktu apa pun. Berikan salinannya kepada setiap tukang yang terlibat dalam proyek rumah yang ingin anda bangun.

Bandingkan Harga

Ketika anda memiliki daftar pendek tukang, anda bisa meminta setidaknya tiga orang untuk menghitung harga pekerjaan yang sama. Penawaran adalah janji kontraktor untuk melakukan pekerjaan dengan harga tetap, sehingga anda tahu berapa biayanya. Membandingkan penawaran akan membantu anda mendapatkan harga yang wajar. Pastikan anda mendapatkan penawaran dan bukan perkiraan.

Jangan Tergiur Harga Murah

Apabila salah satu tukang memberikan perkiraan yang jauh lebih murah dibandingkan yang lain, berhati-hatilah. Periksa dengan tepat apa yang disertakan. Jangan berasumsi bahwa kontraktor telah mengizinkan segala sesuatunya kecuali dinyatakan secara eksplisit.

Bicaralah dengan klien sebelumnya untuk memeriksa kualitas dan kecepatan pekerjaan. Jika anda mempekerjakan seorang arsitek, dia harus dilibatkan dalam proses tender. Arsitek atau surveyor kuantitas untuk sebuah proyek besar akan memeriksa penawaran pembangun dan merekomendasikan mana yang harus dipilih.

Jangan Bayar Penuh di Muka

Dan tips terakhir, penting untuk menghindari membayar di muka atau setoran tunai. Ini tidak diperlukan kecuali anda memerlukan barang besar, seperti dapur atau ketel uap baru. Berhati-hatilah jika mereka menawarkan pekerjaan bebas PPN jika anda membayar tunai. Jika seorang pembangun menghindari PPN, mereka mungkin juga tidak jujur kepada anda dimana PPN.

Baca juga  8 Tempat Nongkrong di Jogja yang Populer dan Asik

Sekian informasi tentang cara memilih tukang bangunan yang tepat dan benar agar hati tenang dan pekerjaan rumah anda lancar seperti yang anda harapkan. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *