Tips Cara Main Saham Modal Kecil, Aman dan Menguntungkan

0
Cara Main Saham Modal Kecil

Apakah anda tertarik berinvestasi dan bermain saham? Begini tips cara main saham modal kecil yang aman dan menguntungkan.

Seperti yang kita ketahui bersama, berinvestasi merupakan tindakan yang cerdas untuk mengamankan masa depan anda dan mewujudkan cita-cita anda. Berbeda halnya dengan mengikuti lifestyle yang hedon dan menghabiskan uang untuk sesuatu yang tidak anda butuhkan dimana anda akan tidak memiliki tabungan dan rencana masa depan yang baik.

Adapun salah satu investasi yang sangat populer dikalangan investor adalah dengan berinvestasi bermain saham. Tetapi banyak orang yang mengurungkan niatnya bermain saham karena mengira akan membutuhkan modal besar. Namun perlu anda ketahui bahwa anda bisa memulai investasi saham dengan modal kecil sekalipun.

Seiring dengan perkembangan teknologi, bermain saham pun semakin mudah dimana anda bisa memulai dari modal kecil saja bagi anda yang memiliki dana terbatas, bahkan anda bisa memulai berinvestasi saham hanya mulai dari 100 ribu rupiah saja. Namun sebagai catatan bahwa berinvestasi dengan bermain saham bukan hanya sekedar untung-untungan dimana perlu adanya strategi dan analisa yang tepat serta mental yang kuat bagi anda yang memilih investasi dengan risiko tinggi.

Bagi anda yang bermodal kecil karena data terbatas, jangan kuatir sebab anda tetapi bisa berinvestasi dengan aman dan menghasilkan profit dengan baik. Untuk itu, kali ini kami akan membagikan tips cara main saham modal kecil yang aman dan menguntungkan yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Main Saham Modal Kecil

Cara Main Saham Modal Kecil

Memilih Sekuritas dengan Biaya Terendah

Tips pertama yang harus anda lakukan dalam berinvestasi dan bermain saham adalah membuka rekening efek di perusahaan sekuritas. Anda bisa memilih perusahaan sekuritas yang menawarkan setoran rendah dan biaya ringan.

Untuk setoran awalnya sendiri, anda bisa mencari perusahaan sekuritas yang memperbolehkan setoran awal di bawah Rp5 juta. Hal ini penting, sebagai cara menabung saham dengan modal kecil. Selain itu, pertimbangkan juga biaya transaksi (jual/beli saham) yang ditawarkan perusahaan tersebut. Sebaiknya, cari perusahaan sekuritas yang menawarkan biaya transaksi saham paling rendah dan murah.

Pilih Satu atau Dua Emiten Saham Saja

Selanjutnya adalah memilih saham dari emiten perusahaan besar yang sudah dikenal publik. Anda bisa mencari saham dengan harga di sekitar ratusan Rupiah saja per lembarnya. Apabila anda seorang pemula, memilih satu atau dua emiten saham perusahaan saja sudah cukup. Metode menabung saham dengan modal kecil ini berguna untuk memperkecil risiko kegagalan.

Anda bisa membuka laman Bursa Efek Indonesia dan mulai menyeleksi perusahaan yang telah terdaftar. Anda bisa memilih perusahaan mana yang bagus kinerjanya dan cocok dengan modal yang dimiliki. Apabila anda merasa sudah cukup berpengalaman, anda bisa mulai membeli beberapa emiten saham lainnya.

Cari Tahu Indeks Saham Paling Tepat

Cara main saham dengan modal kecil selanjutnya adalah dengan mencari tahu indeks saham paling tepat. Bagi anda yang ingin melakukan menabung saham dengan modal kecil, maka anda wajib mengetahui indeks saham wajib. Indeks saham merupakan portofolio imajiner yang mengukur perubahan harga dari suatu pasar atau sebagian dari pasar tersebut. Jika indeks saham naik, berarti harga sebagian besar saham meningkat.

Baca juga  Cara Cek Saldo E-Toll di HP Android NFC dan Tanpa NFC

Sedangkan jika indeks saham turun maka sebagian besar saham-saham konstituen indeks bergerak turun. Sebagai pemula, sebaiknya pilihlah saham yang tergabung dalam indeks LQ45 atau IDX30. Karena, kedua indeks itu terdiri atas perusahaan-perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar, serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Menggunakan Bantuan Aplikasi Trading Saham

Dan tips terakhir cara main saham dengan modal kecil adalah memilih dan menggunakan bantuan aplikasi trading saham. Saat ini, anda bisa melakukan investasi dengan mudah, hanya melalui HP. Kini sudah banyak aplikasi trading saham yang bisa diunduh gratis di Play Store dan AppStore. Dengan aplikasi ini anda bisa melakukan online trading kapan pun dan di mana pun.

Aplikasi ini biasanya disediakan oleh perusahaan sekuritas tempat anda membuka rekening efek. Pastikan anda memilih perusahaan sekuritas yang sudah menyediakan aplikasi online trading.

Sekian informasi mengenai tips cara main saham modal kecil yang bisa menjadi referensi anda dalam berinvestasi saham untuk mengamankan finansial masa depan anda yang mana jauh lebih baik dibandingkan dengan bersifat hedon dan menghabiskan uang anda hanya sekedar untuk bermewah-mewahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *