7 Tips Cara Berhenti Ketergantungan Memakan Mi Instan

Date:

Share post:

Jika anda termasuk orang yang sangat terbiasa memakan mi instan dan sulit untuk menghindari kebiasaan ini, maka berikut kami bagikan tips cara berhenti ketergantungan memakan mi instan untuk menjaga asupan tubuh tetap sehat dan bervariasi.

Bukan rahasia lagi apabila di katakan Indonesia merupakan salah satu negara yang penduduknya mengkonsumsi mi instan terbesar didunia, mengingat jumlah penduduknya yang besar. Tidak heran apabila berbagai macam merek mi instan dan rasa selalu memenuhi toko, supermarket, swalayan di berbagai daerah di Indonesia.

Walaupun makan mi instan diperbolehkan tetapi banyak orang yang menjadi ketergantungan memakan mi instan sehingga tidak menghiraukan asupan makanan sehat lainnya yang harusnya menjadi pilihan. Bahkan banyak orang yang tidak bisa melewati satu haripun tanpa mengkonsumsi mi instan dimana hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan, baik itu dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Mengapa harus menghindari ketergantungan mi instan? hal ini disebabkan mi instan mengandung lemak jenuh dan termasuk makanan kemasan tinggi natrium dimaan apabila tubuh mengkonsumsi asupan natrium berlebih dapat berakibat pada meningkatnya risiko penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan penyakit kronis lainnya.

Apabila anda termasuk salah satu orang yang sangat rutin makan mi istan dan sulit untuk melepaskan kebiasaan makan tersebut, maka berikut kami bagikan tips cara berhenti ketergantungan memakan mi instan untuk menjaga asupan tubuh tetap sehat.

Tips Cara Berhenti Ketergantungan Memakan Mi Instan

Tips Cara Berhenti Ketergantungan Memakan Mi Instan

Jangan langsung berhenti

Apabla anda sudah telanjur ketagihan makan mi instan setiap hari, maka tentunya menyetop dan berhenti mengonsumsinya secara tiba-tiba pasti akan sangat menyiksa. Bukannya berhasil, mendadak berhenti makan mi sama sekali justru akan bikin anda semakin ngidam walaupun sedang tidak hamil.

Cara jitu berhenti makan mi instan yang pertama adalah mulailah mengurangi frekuensi makan mi secara bertahap. Jika anda biasanya makan mi instan setiap hari, cobalah untuk membatasi frekuensinya jadi dua kali seminggu.

Setelah berhasil, kurangi lagi jadi sekali seminggu. Begitu terus sampai anda mampu menahan diri ketika muncul keinginan makan mi.

Tambahkan sayur dan sumber protein

Coba cara sehat makan mi instan seperti menambahkan sayur dan telur. Anda bisa memasukkan sayur sawi, kubis, pakcoy, kangkung, atau brokoli ke dalam semangkuk mi yang anda buat.

Daripada makan mi instan dengan bakso olahan pabrik, sebaiknya tambahkan daging ayam atau sapi asli. Anda pun akan semakin terbiasa makan makanan sehat dan mulai meninggalkan mi instan yang minim zat gizi yang sebelumnya membuat anda ketagihan.

Ganti bumbu mi dengan rempah alami

Satu hal yang membuat mi instan sangat menggiurkan dan bikin ketagihan adalah rasa gurihnya. Maka itu, cara berhenti makan mi instan bagi anda yang ketagihan adalah dengan mengubah cita rasanya.

Saat memasak mi, buang bumbu instan dan ganti dengan rempah alami seperti campuran bawang putih, lada, daun bawang, garam, cabai, dan ketumbar. Awalnya mungkin akan sulit bagi anda untuk menerima rasa yang berbeda, terutama bila sudah ketagihan dalam waktu lama.

Namun, tidak perlu khawatir, semakin lama lidah akan semakin terbiasa dengan rasa-rasa alami ini. Bahkan, karena rasa mi yang sudah tidak sama lagi, anda mungkin akan berhenti memakan mi instan.

Baca juga  5 Gejala Turun Peranakan yang Harus Diketahui Wanita dan Faktor Penyebabnya

Jangan menyimpan mi instan di rumah

Setelah mengurangi frekuensi makan mi secara bertahap, cara berhenti memakan mi instan berikutnya adalah tidak menyediakannya di rumah. Anda akan semakin mudah tergoda makan mi jika makanan ini mudah anda temukan di rumah.

Rasa ngidam karena ketagihan biasanya akan hilang sendiri setelah beberapa saat, atau kalau sudah makan makanan yang lain. Jika masih timbul desakan makan mi, cobalah untuk minum air terlebih dahulu atau mengganjal perut dengan camilan sehat lainnya. Trik ini juga akan mengulur waktu sehingga rasa ngidam anda akan berangsur-angsur hilang sendiri.

Hindari bergadang

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai penelitian yang menyebutkan bahwa bergadang bisa berkontribusi pada pertambahan berat badan. Sebuah studi menyebutkan kalau ada kaitannya antara kurang tidur dengan masalah obesitas.

Bagi anda yang ketagihan makan mi instan, keinginan untuk mengonsumsi makanan tidak sehat ini biasanya semakin kuat di malam hari, karena ketika anda kurang tidur, kenaikan hormon ghrelin dan leptin dapat menjadi penyebab rasa lapar meningkat.

Kabar buruknya, mi instan mengandung karbohidrat dan kalori tinggi yang berkontribusi pada kenaikan berat badan. Agar cara berhenti memakan mi instan yang anda terapkan berhasil, mulailah untuk memperbaiki pola tidur dan hindari bergadang.

Belajar masak

Bukan rahasia lagi apabila beberapa orang mulai kebanyakan makan mi instan karena makanan ini sangat mudah disiapkan. Untuk berhenti dari ketagihan makan mi karena tidak ada makanan lain, cobalah untuk mulai belajar memasak. Anda bisa mulai dari hidangan yang sederhana seperti telur dadar sampai yang cukup rumit seperti sup.

Cara berhenti makan mi ini mungkin awalnya akan terlihat merepotkan. Namun jangan khawatir, anda bisa mengurangi kerepotan dengan melakukan food preparation yang dapat membantu anda mengonsumsi makanan yang lebih berkualitas.

Baca juga  8+ Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Migrain Sebelah Kiri

Merencanakan menu makan juga membantu anda mengatur asupan kalori, sehingga masakan anda tidak menyebabkan kenaikan berat badan tidak terkendali.

Cari support system

Dan terakhir, apabila segala cara sudah ditempuh tapi belum berhasil, anda mungkin butuh bantuan orang lain. Anda bisa meminta orang terdekat, seperti pasangan atau sahabat, memberikan dukungan dan mengingatkan anda.

Cara sederhana yang bisa anda coba yaitu tidak mengonsumsi mi ketika sedang bersama orang tersebut. Anda juga tidak perlu ragu berkonsultasi dengan tenaga profesional (psikolog atau psikiater) bila kecanduan mi instan ini sangat sulit untuk diatasi sendiri.

Karena, beberapa masalah kesehatan mental dapat menyebabkan gangguan makan dan keinginan untuk makan terus-menerus. Bila kondisi ini yang menjadi pemicu anda ketagihan makan mi instan, anda mungkin perlu menjalani psikoterapi.

Demikian informasi mengenai tips cara berhenti ketergantungan memakan mi instan untuk menjaga asupan tubuh tetap sehat. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...