Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Date:

Share post:

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi anda.

Liburan menggunakan transportasi kapal laut dapat menjadi pengalaman yang mendebarkan dan tidak terlupakan. Walaupun kapal laut tidak menjadi opsi utama banyak orang yang ingin berlibur dengan waktu terbatas. Hal ini karena perjalanan laut antara satu pulau besar ke pulau besar lainnya membutuhkan waktu perjalan yang tidak sedikit. Berbeda dengan perjalanan menggunakan pesawat yang bisa ditempuh hanya dalam hitungan jam saja.

Tetapi bagi anda anda yang merasakan sensasi baru dan memiliki waktu yang cukup untuk eksplore perjalanan kapal laut, maka bisa jadi perjalanan liburan anda akan menjadi lebih bervarisi dan unik dengan menempuh transportasi laut ini.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi rekomendasi anda.

Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Siapkan Perlengkapan dan Kebutuhan Pribadi

Seperti yang kita ketahui bersama, menggunakan kapal laut akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan transportasi lainnya. Sebagai contoh, perjalanan menggunakan bus dari Jakarta ke Surabaya ditempuh dengan waktu sekitar 14-15 jam saja, namun jika menggunakan kapal laut bisa membutuhkan waktu sekitar 24 jam bahkan hingga berhari-hari tergantung rute kapal yang sedang beroperasi.

Baca juga  6+ Jenis Plafon Rumah Minimalis dan Tips Memilihnya

Untuk itu, persiapkan berbagai perlengkapan dan kebutuhan pribadi sebaik mungkin, seperti pakaian ganti, perlengkapan mandi, dan sebagainya. Karena tidak ada toko di dalam kapal. Jangan sampai anda kebingungan saat membutuhkan perlengkapan itu karena tidak menyediakan sebelumnya.

Tentukan Kapan Anda akan Travelling

Aturlah perjalanan anda dengan membuat jadwal keberangkatan dan kepulangan dengan tepat. Hal ini agar anda bisa lebih menikmati liburan tanpa terkendala masalah sedikitnya waktu yang bisa Anda habiskan.

Pesanlah tiket keberangkatan dan kepulangan dari jauh-jauh hari untuk menghindari habisnya tiket. Jangan sampai anda bisa pergi berlibur tapi kesulitan mendapatkan tiket kapal laut untuk pulang. Sebab, tidak semua rute yang kapal lautnya beroperasi setiap hari.

Bawa Obatan-obatan dan Makanan Tahan Lama

Tidak kalah penting juga jangan sampai terlewatkan adalah membawa obat-obatan yang diperlukan jika memang sedang dalam menjalani pengobatan, maupun sekadar obat anti mabuk mengingat perjalanan yang ditempuh cukup lama.

Selain itu, bawalah makanan tahan lama karena tentunya Anda tidak bisa memanaskan makanan tersebut sebelum dimakan, bukan? Sehingga dibutuhkan makanan yang praktis karena siap santap tanpa repot. Karena jika membeli makanan di dalam kapal, tentu anda harus merogoh kocek lebih karena harganya yang tentunya lebih mahal ketimbang membawanya bekal sendiri.

Cari Lokasi Duduk yang Nyaman di Kapal

Mengingat anda akan melakukan perjalanan jauh, secara otomatis harus dipastikan bahwa Anda nyaman berada di kapal laut tersebut. Salah satu yang perlu anda terapkan adalah dengan mencari tempat duduk yang lokasinya membuat anda nyaman selama perjalanan, misalkan di bagian tengah kapal atau di lokasi yang sirkulasi udaranya baik.

Pastikan Anda Paham Perihal Safety Tips

Awak kabin di kapal laut tentu akan memberikan tips keselamatan (safety tips) perjalanan bagi penumpang. Oleh karena itu, perhatikanlah mereka agar Anda mengetahui informasi penting perihal keselamatan dalam perjalanan menggunakan transportasi kapal laut, misalnya lokasi pelampung dan terlebih lagi jalur evakuasi. Sehingga Anda benar-benar menikmati perjalanan liburan dengan kapal laut ini.

Baca juga  Tips Memilih Jam Tangan Yang Cocok Untuk Wanita Gemuk

Jangan Mengonsumsi Makanan Pemicu Mabuk

Dalam perjalanan menggunakan kapal laut, sangat sering ditemukan orang-orang yang mabuk laut selama perjalanan. Mungkin anda salah satunya. Rasa mabuk perjalanan bisa dipicu oleh makanan pedas dan makanan siap saji lainnya yang dijual di dalam kapal. Oleh sebab itu, daripada Anda muntah di kapal lebih baik Anda menghindarinya.

Hindari mengonsumsi makanan yang memicu mabuk laut, seperti makanan dari olahan susu, daging mreah, ayam, ikan dan sejenisnya, lalu keju, alkohol, dan makanan yang banyak mengandung minyak. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang banyak mengandung buah dan sayuran selama perjalanan dengan kapal laut.

Gunakan Topi, Sunblock, dan Sunglass

Walaupun anda berada di kapal, tentu paparan sinar matahari bisa mengenai kulit dan mata. Untuk itu, anda bisa menggunakan pelindung kulit dari sinar ultra violet (UV). Gunakanlah kacamata khusus matahari (sunglass) guna melindungi mata dari sinar UV. Selain itu, memakai topi juga akan membuat nyaman kepala anda saat menikmati suasana dan berjalan-jalan di bagian luar kapal.

Jaga Barang Bawaan dengan Baik

Di kapal laut, tentunya banyak sekali penumpang yang sama sekali tidak anda kenal. Oleh sebab itu, jagalah barang bawaan anda dengan baik untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Kalau bukan anda sendiri yang menjaga, sebab pihak kapal laut tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kehilangan yang terjadi di kapal tersebut. Oleh karena itu, bertanggungjawablah pada diri anda sendiri.

Beristirahatlah yang Cukup

Beristirahat yang cukup selama perjalanan dengan kapal laut sangat penting bagi tubuh. Sehingga anda tidak mudah jatuh sakit, seperti masuk angin, pusing, atau kelalahan yang amat sangat, mengingat perjalanan yang cukup lama dan berada di tengah laut. Tentu kondisi cuacanya jauh berbeda bila dibandingkan dengan daratan.

Baca juga  8+ Panduan Renovasi Rumah yang Hemat Dan Ramah Kantong

Bawalah Pengalih Perhatian agar Tidak Jenuh

Musik sudah menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan generasi milenial. Jutaan lagu dari berbagai genre yang ada di seluruh dunia, rasa bosan pastinya akan hadir saat anda melakukan perjalanan menggunakan kapal laut karena jarak yang ditempuh cukup lama. Oleh sebab itu, pastikan bahwa anda membawa benda yang bisa membuat anda keluar dari kebosanan selama perjalanan dengan kapal laut ini. Karena sepanjang perjalanan, anda akan disuguhkan pemandangan hamparan lautan yang luas seolah tidak berbatas.

Nikmati Travelling dengan Kapal Laut yang Menyenangkan

Menikmati travelling tidak melulu pada saat sesampainya di destinasi wisata. Akan tetapi, anda juga bisa menikmati perjalanan menuju tempat liburan dengan menggunakan kapal laut. Namun tetap saja perhatikan hal-hal yang dibutuhkan dan diperlukan untuk menikmati perjalanan kapal laut anda. Sehingga travelling anda semakin menyenangkan, aman, dan nyaman.

Demikian informasi mengenai tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

6 Cara Efektif Redakan Sakit Perut dan Sembelit Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif redakan sakit perut dan sembelit dengan mudah yang bisa...

6 Destinasi Tempat Agrowisata di Bali, Cocok Untuk Wisata Keluarga

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan destinasi tempat agrowisata di Bali yang cocok untuk liburan wisata keluarga...

Panduan Cerdas Investasi Emas Dengan Gaji Kecil

Bagi anda yang ingin berinvestasi emas tetapi berkecil hati karena gaji yang kecil, maka anda harus menyimak tips...

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...