Begini Tips Beli Ban Bekas Yang Aman Agar Tidak Salah Beli

0
Tips Beli Ban Bekas Yang Aman

Membeli ban bekas telah menjadi opsi yang cukup menarik bagi banyak pemilik kendaraan karena harganya yang murah tetapi penting untuk mengetahui cara membeli ban bekas yang aman agar anda tidak salah beli.

Bukan rahasia apabila dikatakan membeli ban bekas merupakan alternatif yang populer bagi banyak pemilik kendaraan yang ingin menghemat biaya perawatan dimana ban bekas bisa didapat dengan harga yang ramah dikantong dan bahkan bisa mendapatkan kondisi ban bekas like new apabila beruntung dan cermat dalam memilih ban bekas.

Namun seperti yang kita ketahui bersama dimana ban kendaraan sangat berperan penting dalam keamanan dan kenyamanan anda berkendara, maka dari itu penting untuk memilih dan membeli ban bekas dengan baik dan benar agar anda tidak menyesal di kemudian hari dan malah membuat anda lebih boros lagi akibat kesalahan dalam membeli ban bekas.

Berikut kami bagikan tips beli ban bekas yang aman agar anda tidak salah beli yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Beli Ban Bekas Yang Aman Agar Tidak Salah Beli

Tips Beli Ban Bekas Yang Aman

Cek Umur Ban

Pertama, hal penting yang harus diperhatikan saat membeli ban bekas adalah umurnya. Perlu diketahui semakin tua umur ban, maka kualitasnya semakin menurun, sehingga ban tersebut lebih berisiko cepat bocor.

Apabila anda ingin membeli ban bekas, maka anda bisa memilih ban yang umurnya kurang dari lima tahun. Karena ban yang umurnya lebih dari lima tahun bisa dibilang sudah kadaluarsa dan tak layak pakai.

Baca juga  7 Tips Merencanakan Liburan Seru Bersama Keluarga

Cek Fisik Ban

Setelah mengetahui berapa umurnya, hal kedua yang perlu dilakukan adalah mengecek bagaimana fisiknya. Apakah ada cacat atau tidak, apakah berlubang atau tidak? Selain itu, perlu dipastikan juga apakah ban tersebut masih orsinil atau sudah divulkanisir atau ban yang sudah habis motif atau kembangannya alias gundul, kemudian diberi alur lagi dengan cara disilet.

Sebagai saran jika ingin membeli ban bekas, baik untuk sepeda motor ataupun mobil, pilih ban yang masih orsinil, alias bukan hasil vulkanisiran atau ban siletan.

Lihat Merek

Walaupun hanya membeli ban bekas, namun masalah merek harus tetap penting untuk anda perhatikan dimana merek produk selalu berhubungan dengan kualitas. Selain terkenal, merek ban ternama sudah teruji kualitasnya. Maka jika ingin membeli ban bekas sebaiknya carilah ban bekas dengan merek-merek terkenal.

Cek Harga

Dan terakhir, soal harga juga penting untuk menjadi pertimbangan anda saat ingin membeli ban bekas. Tujuannya agar jangan sampai mengeluarkan biaya terlalu mahal, tapi kondisi dan kualitasnya tidak sesuai. Jika anda menemukan ban bekas yang dijual dengan harga murah kondisinya kelihatan masih bagus, sebaiknya jangan langsung rogoh dompet. Cek lebih teliti. Biasanya ban yang kelihatan masih bagus, tapi dijual dengan harga murah adalah ban yang sudah diakalin.

Demikian informasi mengenai cara membeli ban bekas yang aman agar anda tidak salah beli. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *