Tips Aman Mengendarai Motor agar Terhindar dari Kecelakaan di Jalan

Date:

Share post:

Tips aman mengendarai motor agar terhindar dari kecelakaan di jalan merupakan hal penting yang wajib anda ketahui bagi anda para pengendara motor dalam melakukan perjalanan sehari-hari untuk kekantor, ke pasar dan lain sebagainya.

Bisa dikatakan motor merupakan model kendaraan yang sangat praktis dan mudah digunakan. Selain itu motor juga lebih irit penggunaan bahan bakar serta bisa terhindar dari kemacetan lalu lintas dengan “menyelip” pada celah-celah aman yang tersedia.

Namun kekurangan dari motor adalah faktor keamanan dimana ketika anda terjatuh maka tidak ada penyangga apapun sehingga anda bisa langsung berbenturan dengan aspal. Maka dari itulah penggunaan helm setiap mengendarai motor adalah hal yang wajib untuk setiap pengedara motor.

Saat ini mudah sekali ditemukan cara tidak aman mengendarai motor dijalan seperti salah menekan arah weser, mengambil dan seenaknya memotong jalur kendaraan lain, melawan arus, hingga menggunakan jalan yang tidak diperuntukkan untuk kendaraan umum.

Maka dari itu kali ini kami akan membagikan tips aman mengendarai motor agar anda bisa menghindari kecelakaan di jalan yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Aman Mengendarai Motor agar Terhindar dari Kecelakaan di Jalan

Tips Aman Mengendarai Motor agar Terhindar dari Kecelakaan di Jalan

Menggunakan Perlengkapan Keselamatan

Bukan rahasia umum lagi dimana banyak kebiasaan buruk pengguna sepeda motor adalah menyepelekan perlengkapan keselamatan berkendara. Padahal perlengkapan keselamatan ini menjadi yang utama untuk melindungi tubuh dari kondisi yang tidak diinginkan.

Salah satu yang penting untuk diperhatikan adalah penggunaan helm yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk melindungi bagian kepala. Selain itu penting juga untuk menggunakan jaket, sarung tangan, sepatu yang nyaman, dan perlengkapan lainnya untuk melindungi bagian tubuh lainnya.

Baca juga  Informasi HTM Taman Safari Bogor Beserta Jam Buka dan Jenis Pertunjukan

Mengenali dan Menaati Aturan Lalu Lintas

Pengetahuan akan setiap jenis rambu lalu lintas adalah hal dasar yang wajib diketahui setiap pengendara. Beberapa jenis rambu seperti rambu peringatan, rambu perintah, rambu larangan, rambu petunjuk, dan rambu tambahan ada sebagai sarana komunikasi di jalan raya sehingga setiap pengendara bisa berkendara dengan tertib dan aman.

Maka dari itu setiap pengendara dihimbau untuk mengenali dan mengetahui aturan serta rambu lalu lintas sebelum melakukan perjalanan, serta menaatinya untuk mengurangi resiko kecelakaan.

Berkendara dengan Hati-hati dan Fokus

Pengendara dihimbau untuk mempersiapkan diri guna meningkatkan fokus berkendara. Pastikan bahwa sebelum berkendara, kondisi pengemudi tidak dalam keadaan mengantuk. Jika mengantuk, sebaiknya beristirahat sejenak untuk mengembalikan fokus berkendara.

Selain itu hindari juga berkendara sambil menggunakan telepon genggam atau mendengarkan music menggunakan earphone, karena hal ini mengurangi kemampuan pengendara untuk menyadari hal-hal yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Perlunya mengatur emosi dan perilaku berkendara seperti menjaga batas kecepatan, dan tidak mudah terprovokasi pengendara lain.

Gunakan Motor yang Tepat

Pengendara harus memahami kondisi jalan yang akan ditempuh untuk mengetahui kendaraan yang sesuai untuk digunakan. Untuk mendukung mobilisasi sehari-hari, masyarakat umumnya menjatuhkan pilihan pada motor skutik compact untuk menunjang kenyamanan aktivitas sehari-hari.

Memeriksa Kendaraan Secara Berkala

Dan tips terakhir dan tidak untuk disepelekan adalah dengan memperhatikan kondisi kendaraan agar tetap prima untuk pemakaian sehari-hari merupakan kewajiban setiap pemilik kendaraan. Untuk menjaga kualitas kendaraan tetap terjaga, dianjurkan para pemilik kendaraan untuk melakukan service di bengkel resmi.

Demikian informasi mengenai tips aman mengendarai motor agar terhindar dari kecelakaan di jalan agar anda bisa pulang kerumah dengan selamat bersama orang-orang kesayangan anda. Keselamatan bermotor harus selalu anda utamakan sebab jangan sampai menimpa anda dan menjadi penyesalan nantinya.

Baca juga  Begini Tips Memelihara Ikan Cupang agar Berumur Panjang
Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...