7+ Tips Aman Bepergian bersama Bayi Dengan Kereta

0
Tips Aman Bepergian bersama Bayi Dengan Kereta

Apakah anda berencana bepergian atau liburan bersama bersama bayi dengan menggunakan transportasi dengan kereta api, maka jangan lewatkan rekomendasi tips aman bepergian bersama bayi dengan kereta yang akan kami bagikan kali ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana bepergian keluar daerah atau kota menggunakan kereta api merupakan salah satu pilihan favorit banyak orang. Apalagi saat ini, transportasi kereta api dalam negeri telah berkembang pesat, baik dari armada kereta hingga pelayanan. Bahkan Indonesia telah memiliki kereta api cepat yang mana hanya dimiliki beberapa negara maju saja.

Bepergian bersama bayi menggunakan kereta dapat menjadi pengalaman yang menantang namun menyenangkan bagi para orang tua. Namun, keamanan bayi selama perjalanan harus menjadi prioritas utama. Sebagai orang tua, penting untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan cermat sebelum memulai perjalanan, mulai dari memilih kereta yang aman hingga membawa perlengkapan yang diperlukan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan bayi selama perjalanan.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips tips aman bepergian bersama bayi dengan kereta yang bisa anda simak dibawah ini.

Tips Aman Bepergian bersama Bayi Dengan Kereta

Tips Aman Bepergian bersama Bayi Dengan Kereta

Kemas semua barang-barang yang penting

Tidak masalah seberapa panjang perjalanan yang akan ditempuh menggunakan kereta, pastikan semua kebutuhan bayi anda tidak tertinggal. Beberapa barang yang penting dan jangan sampai anda lewatkan saat bepergian bersama bayi menggunakan kereta adalah sebagai berikut:

  • Seprai atau kain yang lembut untuk alas bayi berbaring
  • Mainan favorit bayi sebagai hiburan
  • Oto atau celemek bayi untuk mencegah makanan mengotori pakaiana d
  • Selendang atau kain penutup menyusui
  • Termos atau vacuum flask
  • Popok ekstra
  • Pakaian ekstra dan pakaian hangat jika kereta ber-AC
  • Kantong plastik
  • Obat untuk mabuk perjalanan dan masalah pencernaan akibat perjalanan
Baca juga  Tips Sebelum Membeli CCTV Rumah untuk Keamanan Maksimal

Sesuaikan tiket kereta dengan jadwal si kecil

Bayi kecil bisa menjadi sangat rewel jika jadwalnya berubah. Contohnya, ketika ia tidak diberi makan atau tidur sesuai waktu yang biasa dilakukan. Oleh sebab itu, cobalah untuk memesan tiket kereta yang paling sesuai dengan jadwal bayi anda. Juga, hindari membuat perubahan besar dalam jadwal si kecil beberapa hari sebelum bepergian.

Apabila tidak memungkinkan, berusahalah untuk membuat bayi anda merasa senyaman mungkin di sekitar waktu keberangkatan yang sudah anda jadwalkan. Contoh, jika waktu keberangkatan kereta bentrok dengan waktu makan bayi anda, maka anda dapat memberinya makan terlebih dahulu agar ia tidak lapar dan menangis.

Bawa kotak P3K

Siapkan kotak P3K khusus bayi jauh-jauh hari sebelum keberangkatan dan jangan lupa untuk membawanya saat hari-H. Kotak P3K tersebut harus berisi obat-obatan untuk demam, pilek, hidung tersumbat, infeksi telinga, tetes hidung bayi (nasal saline), tisu, termometer, antiseptik, perban, dan kapas.

Jangan lupa juga untuk menyimpan nomor telepon dokter anak langganan anda jika anda perlu menghubunginya selama perjalanan.

Pertimbangkan untuk menggunakan baby carrier

Untuk perjalanan kereta api, anda dapat mempertimbangkan untuk menggendong si kecil dengan baby carrier alih-alih menggunakan kereta dorong bayi. Dengan menggunakan baby carrier, itu akan membantu Anda menavigasi peron dan stasiun yang padat dengan lebih mudah.

Siapkan makanan bayi dengan baik

Memastikan bayi makan dengan baik dalam kereta api bisa menjadi tantangan besar bagi para ibu, baik itu menyusui atau memberi susu formula, pastikan anda membawa semua peralatan makan si kecil termasuk botol, alat sterilisasi, pompa ASI, bantal menyusui, oto, dan kain penutup menyusui.

Jika bayi anda sudah mulai makan makanan padat, selalu ingat untuk membawa buah-buahan seperti pisang, apel, dan jeruk. Bawa juga sereal semolina atau sereal berbahan beras dan pure buatan sendiri yang dibekukan.

Baca juga  7 Destinasi Wisata di Toraja Sulawesi Selatan yang Populer

Pastikan bayi terhibur dan nyaman selama perjalanan

Sebelum memutuskan untuk bepergian dengan bayi menggunakan kereta, persiapkan terlebih dahulu berbagai cara untuk membuatnya tetap terhibur dan nyaman selama perjalanan. Anda bisa membawa beberapa mainan favorit, benda-benda rumah tangga berukuran kecil, dan buku bergambar. Sesekali, putar lagu pengantar tidur di ponsel dan buatlah ekspresi wajah lucu untuk membuat si kecil nyaman dan terhibur.

Jika memungkinkan, anda bisa memesan tiket first class atau second class untuk mendapatkan tempat yang lebih lega sekaligus nyaman untuk bayi Anda.

Jangan terlalu mengkhawatirkan reaksi orang

Ketika bayi anda mulai menangis atau rewel, jangan lantas memasukkannya ke dalam hati. Jangan pula merasa terintimidasi dengan reaksi orang-orang di dalam kereta dimana perilaku bayi yang demikian merupakan hal yang normal terjadi dalam fase pertumbuhannya. Sehingga anda tidak perlu menganggap diri anda sebagai sosok ibu yang buruk saat bayi anda menciptakan kegaduhan selama perjalanan.

Demikian informasi mengenai tips aman bepergian bersama bayi dengan kereta. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *