8 Tempat Wisata di Indonesia yang Mirip Luar Negeri

0
Tempat Wisata di Indonesia yang Mirip Luar Negeri

Apabila anda mencari tempat wisata di Indonesia yang mirip dengan wisata di luar negeri yang populer tanpa harus meninggalkan tanah air untuk berlibur, maka jangan lewatkan rekomendasi tempat wisata di Indonesia yang mirip luar negeri.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana negara kita Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang kaya akan keindahan alam dan budaya dimana destinaasi wisata favorit dan indah di Indonesia sudah sangat populer di seluruh negara.

Apabila dulu Bali menjadi senjata utama pariwisata di Indonesia yang sudah sangat tersohor, tetapi saat ini telah hadir banyak tempat wisata lainnya yang sedang naik daun dikenal wisatawan lokal dan mancanegara.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan rekomendasi tempat wisata di Indonesia yang mirip luar negeri. Dengan begitu, anda pun tidak perlu repot meninggalkan tanah air hanya untuk sekedar liburan. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Tempat Wisata di Indonesia yang Mirip Luar Negeri

Tempat Wisata di Indonesia yang Mirip Luar Negeri

Pulo Cinta di Gorontalo, Maldives-nya Indonesia

Rekomendasi pertama adalah destinasi Pulo Cinta yang awalnya hanya pulau kosong yang berada di lepas pantai Gorontalo. Namun karena pemandangannya yang indah, pemerintah setempat mengubah pulau ini menjadi destinasi wisata. Pasir putih berpadu dengan birunya laut, lengkap dengan resort-resort mewah membuat Pulo Cinta menjadi destinasi impian banyak pasangan untuk berbulan madu.

  • Alamat: Patoameme, Kec. Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo
  • Jam buka: setiap hari, 24 jam
  • Harga penginapan: Rp3.000.000 – Rp5.000.000

Dusun Butuh di Magelang mendapat julukan ‘Nepal Van Java’

Berada di lereng Gunung Sumbing, pemandangan di Dusun Butuh Magelang seringkali disamakan dengan sebuah kota cantik di Nepal bernama Namche Bazar. Bukan cuma karena lokasinya yang sama-sama berada di lereng gunung, susunan dan warna rumah penduduk di dusun ini juga membuatnya semakin mirip dengan Namche Bazar.

Baca juga  8 Model Celana Cowok Trend 2024 Yang Terbaru dan Kekinian

Berkunjung ke Dusun Butuh, anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah, udara yang sejuk dan bersih, plus keramahan penduduknya. Selain bisa berkeliling, anda juga diperbolehkan untuk berkunjung ke kebun sayur milik warga setempat.

  • Alamat: Temanggung, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56153
  • Jam buka: setiap hari, pukul 07.00-17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp8.000

Pink Beach

Terletak di Lombok Timur, Pink Beach sebenarnya merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo. Berbeda dengan pasir di pantai lain yang berwarna putih, pasir di Pink Beach justru berwarna merah muda. Warna ini sendiri berasal dari serpihan karang yang hancur karena ombak selama puluhan bahkan ratusan tahun.

Warna pasirnya yang cantik ditambah lautan birunya yang jernih membuat Pink Beach viral di kalangan wisatawan mancanegara.

  • Alamat: Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 83672
  • Jam buka: setiap hari, 24 jam
  • Harga tiket: Rp10.000

Pgoda emas di Taman Alam Lumbini replika dari Pagoda Shwedagon Myanmar

Anda tidak perlu ke Myanmar kalau anda mau melihat Pagoda Shwedagon berlapis emas dimana anda bisa menemukan replikanya di Taman Alam Lumbini. Selain menjadi tempat ibadah, pagoda setinggi 42 meter ini juga menjadi destinasi wisata favorit di Berastagi.

Menariknya, tempat ini bukan hanya terbuka untuk umat Buddha, tapi juga pemeluk agama lain. Meski begitu, pastikan anda tidak berisik dan mengganggu pengunjung lain yang hendak beribadah.

  • Alamat: Jalan Barusjahe, Kecamatan Dolan Rakyat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22171
  • Jam buka: setiap hari, pukul 09.00-17.00 WIB
  • Harga tiket: sukarela

Janjang Koto Gadang di Bukittinggi, kembaran dari Great Wall of China Versi Mini

Jangan sedih kalau anda belum pernah menginjakkan kaki di Great Wall of China. Sebagai gantinya, anda bisa berkunjung ke Janjang Koto Gadang di Bukittinggi. Meski panjangnya hanya 1,5 kilometer, pemandangan di Janjang Koto Gadang keren banget lho!

Berada di wilayah perbukitan, Janjang Koto Gadang dikelilingi oleh pepohonan hijau yang bikin suasana ditempat ini jadi asri banget. Gak jarang pengunjung akan disambut oleh hewan liat seperti monyet di tengah jalan. Di puncak lintasan, anda bahkan bisa melihat indahnya Kota Bukittinggi dari kejauhan.

  • Alamat: Kayu Kubu, Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia 26115
  • Jam buka: setiap hari, pukul 07.00-15.00 WIB
  • Harga tiket: Rp5.000 – Rp10.000
Baca juga  6 Zodiak yang Susah Move On Dari Memikirkan Mantan

Kampung Jodipan, Mirip Gamcheon Village di Korea Selatan

Malang memiliki Kampung Jodipan sebagai kampung wisata. Selain rumah warna-warni, ada banyak spot estetik yang asyik buat foto-foto

Bagi anda yang suka segala hal tentang Korea Selatan, pasti anda sudah tidak asing lagi sama Gamcheon Culture Village yang merupakan kampung wisata populer di Negeri Ginseng. Nah ternyata, Indonesia juga memiliki kampung wisata serupa di Malang, namanya Kampung Jodipan. Awalnya Kampung Jodipan hanya perkampungan biasa di pinggiran Sungai Brantas.

Sekelompok mahasiswa kemudian mengubahnya menjadi destinasi wisata dengan mengecat rumah-rumah penduduk setempat. Selain rumah warna-warni, Kampung Jodipan juga memiliki banyak spot estetik seperti lorong payung, lorong topeng, hingga jembatan kaca Ngalam yang menghubungkan Kampung Jodipan dengan Kampung Tridi yang ada disisi lain sungai.

  • Alamat: Jodipan, Blimbing, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65126
  • Jam buka: setiap hari, pukul 07.00-17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp5.000

Brown Canyon di Semarang, Saingi Grand Canyon di Arizona

Apabila di Amerika Serikat memiliki Grand Canyon, Indonesia memiliki Brown Canyon sebagai saingannya. Terletak di Semarang, Brown Canyon ini awalnya adalah tempat penambangan pasir. Galian pasir yang dilakukan selama puluhan tahun akhirnya menciptakan tebing-tebing tinggi dan lubang yang dalam.

Di musim hujan, lubang-lubang ini berubah menjadi danau mini yang membuat pemandangan di Brown Canyon jadi semakin apik. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Brown Canyon adalah di sore hari. Selain suhunya yang lebih sejuk dan aktivitas penambangan yang sudah selesai, anda juga bisa menyaksikan sunset yang menawan diantara tebing-tebing tinggi.

  • Alamat: Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50279
  • Jam buka: setiap hari, 24 jam
  • Harga tiket: gratis

Goa Jomblang di Yogyakarta, kembaran dari wisata Stephens Gap

Anda yang suka wisata ekstrim, wajib banget berkunjung ke Goa Jomblang. Terletak di Gunung Kidul, Goa Jomblang merupakan goa vertikal sedalam 90 meter yang populer karena fenomena cahayanya. Untuk bisa melihat fenomena tersebut, anda perlu turun ke dasar goa, lalu melakukan susur goa sejauh 300 meter dengan jalur berlumpur.

Baca juga  6+ Rekomendasi Outfit ke Kampus Yang Keren Dan Tetap Sopan

Tidak mudah memang, tapi anda gak akan menyesal begitu tiba di ujung goa tempat fenomena cahaya itu terjadi. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Goa Jomblang adalah di musim panas, sekitar pukul 10.00 sampai 12.00. Pasalnya di waktu-waktu tersebut, sinar matahari lebih terik sehingga kemungkinan anda untuk melihat fenomena tersebut jadi lebih besar.

  • Alamat: Dukuh Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • Jam buka: setiap hari, pukul 08.00-14.00 WIB
  • Harga tiket: Rp500.000 – Rp1.000.000

Pantai Gigi Hiu di Lampung, replika mini dari Taman Nasional Zhangjiajie di China

Pantai biasanya dikelilingi oleh hamparan pasir, namun Taman Nasional Zhangjiajie di China justru dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi. Pemandangan serupa juga bisa anda temukan di Pantai Gigi Hiu. Terletak di Lampung, pantai satu ini bukanlah pantai pasir yang biasa anda kunjungi.

Pantainya dipenuhi karang besar dan tajam persis seperti gigi hiu. Selain batuan karang, ombak di pantai satu ini juga cukup besar sehingga pengunjung tidak bisa berenang disini. Sebagai gantinya, anda bisa menikmati pemandangan tidak biasa yang dimiliki oleh Pantai Gigi Hiu lengkap dengan fenomena sunsetnya yang memukau.

  • Alamat: Desa Kelumbayan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung
  • Jam buka: setiap hari, pukul 06.00-17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp20.000

Taman Nasional Baluran dijuluki Little Africa In Java!

Dan terakhir adalah Taman Nasional Baluran dijuluki Little Africa In Java! yang Terletak di Banyuwangi. Taman Nasional Baluran ini memang berbeda dengan kebanyakan taman nasional lain di Indonesia. Alih-alih hutan hijau yang rimbun, taman nasional satu ini justru terkenal dengan padang savana-nya yang mirip dengan savana di Afrika sana.

Suasananya akan semakin mirip dengan kehadiran berbagai hewan liar yang hidup disini. Mulai dari rusa, kerbau liar, kera ekor panjang dan berbagai hewan lainnya.

  • Alamat: Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
  • Jam buka: setiap hari, pukul 07.30-17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp15.000 – Rp17.500

Demikian informasi mengenai rekomendasi tempat wisata di Indonesia yang mirip luar negeri untuk menjadi rekomendasi anda liburan menarik. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *