6 Tempat Wisata Alam Indah dan Eksotis di Manado Termasuk Bunaken

0
Tempat Wisata Alam Indah dan Eksotis di Manado

Bagi anda warga Manado dan sekitarnya atau anda sebagai wisatawan yang berkunjung ke Manado, tentu sayang apabila anda melewatkan wisata alam Manado yang terkenal ekstotis. Dan kali ini kami akan membagikan rekomendasi tempat wisata alam indah dan eksotis di Manado termasuk Bunaken yang sudah sangat populer.

Sekedar informasi dimana Manado merupakan sebuah kota yang terletak di utara Pulau Sulawesi, Indonesia. Manado sendiri terkenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang menawarkan sejumlah tempat wisata alam yang memukau, salah satunya adalah keindahan laut yang luar biasa di Bunaken dan telah terkenal di seluruh dunia.

Bunaken sendiri terletak di Taman Nasional Laut Bunaken yang dikenal sebagai surga bagi penyelam dan pecinta alam bawah laut. Dengan terumbu karang yang mempesona dan keanekaragaman hayati yang kaya, Bunaken menawarkan pengalaman menyelam yang tidak terlupakan dengan beragam spesies ikan, terumbu karang, dan biota laut lainnya yang menakjubkan.

Namun selain Bunaken, kota Manado juga memiliki sejumlah tempat wisata alam lainnya yang tidak kalah menarik. Mulai dari Gunung Lokon yang eksotis hingga Danau Tondano yang indah dan lain sebagainya.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi tempat wisata alam indah dan eksotis di Manado yang bisa menjadi destinasi wisata anda di Manado sebagai berikut.

Tempat Wisata Alam Indah dan Eksotis di Manado

Tempat Wisata Alam Indah dan Eksotis di Manado

Kai’santi Flower Garden

Berlokasi di Tomohon, Sulawesi Utara, Kai’santi Flower Garden merupakan salah satu destinasi wisata alam di Manado yang wajib kamu kunjungi. Di tempat ini, anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan indah di taman bunga.

Tidak hanya dimanjakan dengan bunga-bunga, anda juga bisa melihat Gunung Lokon dari jauh. Dilengkapi dengan hamparan sawah yang luas, lokasi ini cocok jadi spot foto untuk menambah koleksi di galeri HP anda.

Baca juga  10 Rekomendasi Tempat Wisata di Manado Terbaru dan Hits Untuk Healing dan Liburan

Baru dibuka pada tahun 2018, tempat wisata di Manado ini sudah dikenal di kalangan wisatawan. Bahkan, destinasi wisata ini pernah didatangi oleh pangeran dari negara asing. Tidak mengherankan, sebab, taman ini dipercantik dengan sejumlah dekorasi yang berfungsi sebagai tempat berfoto. Contohnya ayunan, perahu, sampai jam besar.

Tempat wisata ini juga punya kafe dengan menu yang harganya terjangkau. Anda cukup membayar Rp25.000 saat weekday dan Rp30.000 jika datang saat weekend. Kai’santi Flower Garden buka dari pukul 9 pagi sampai pukul 7 malam dimana anda bisa menikmati udara sejuk, pemandangan yang indah, serta spot foto yang instagrammable.

Air Terjun Kali Pineleng

Pemandangan alam di tempat wisata ini merupakan tempat wisata dengan air terjunnya yang ikonik dengan tiga tingkat, anda juga akan disambut dengan berbagai tanaman serta hewan yang terancam punah.

Untuk mencapai Air Terjun Kali Pineleng ini, anda harus berkelana ke Desa Kali yang ada di Kabupaten Minahasa. Siap-siap trekking menyusuri hutan sebelum sampai ke tempat wisata di Manado tersebut.

Sesampainya di sana, anda bisa bebas berenang di air terjun yang menyegarkan. Tapi ingat, anda harus berhati-hati saat bermain air mengingat debitnya yang deras. Bagi anda yang hobi berfoto, anda dapat memanfaatkan area di dekat Air Terjun Kali Pineleng, yakni jembatannya. Berpose di atas jembatan dengan latar belakang keindahan alam bisa jadi ide potret yang ciamik.

Tempat wisata di Manado ini buka setiap hari dan biaya masuknya sekitar Rp5.000 per orang. Mempunyai ketinggian hingga 60 meter, Air Terjun Kali Pineleng cocok untuk anda yang ingin rehat sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan.

Kebun Binatang Tandurusa

Sama seperti di Air Terjun Kali Pineleng, anda juga bisa melihat binatang langka di Kebun Binatang Tandurusa, yang berlokasi di Kota Bitung.

Baca juga  10 Destinasi Wisata Pantai di Kalimantan Yang Paling Hits dan Viral

Terdapat ratusan fauna dari berbagai macam spesies yang bisa anda lihat di Kebun Binatang Tandurusa. Contohnya babi rusa, elang laut, kera pantat merah, sampai ular piton raksasa.

Resmi buka pada tahun 1979, tempat wisata di Manado ini juga memiliki area untuk ikan serta buaya. Namun, ada satu hewan yang menjadi ikon di sini, yakni tarsius yang merupakan hewan berukuran kecil yang hidup di atas pohon.

Tarsius termasuk salah satu binatang yang setia, namun sudah termasuk fauna yang terancam punah. Kebun binatang ini pun menjadi tempat konservasi untuk hewan mini dan lincah tersebut. Supaya bisa memotret atau melihat-lihat segala macam fauna di sini, anda harus siap mengeluarkan biaya antara Rp50.000 sampai Rp100.000. Tarif itu berlaku kalau anda datang dengan kendaraan roda empat.

Berbeda ketika anda memilih naik motor atau berjalan kaki ke Kebun Binatang Tandurusa. Pengendara motor akan dikenakan tarif Rp10.000, sedangkan pejalan kaki cukup merogoh kocek Rp5.000.

Hutan Lahendong

Bagi anda yang ingin berpetualang di hutan dengan tracking atau hiking lalu berendam air panas, maka anda wajib mengunjugi tempat wisata bernama hutan Lahendong yang terletak di Tomohon. Tempat wisata ini cocok dikunjungi saat dipagi hari dimana anda bisa berjalan sambil ditemani udara segar dan pemandangan pohon-pohon pinus bisa menenangkan hati dan pikiran anda.

Saat mulai merasa lelah, anda bisa menenangkan tubuh dengan berendam di kolam belerang yang dipercaya mampu mengatasi penyakit kulit. Demi keamanan pengunjung, pengelola sudah memasang pagar pembatas antara kolam yang aman untuk badan manusia dan mana yang suhunya dinilai terlalu tinggi.

Untuk dapat menenangkan hati dan pikiran di hutan pinus ini, anda harus mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp35.000 untuk satu orang. Tarif ini belum termasuk biaya kolam yang dipatok Rp10.000 per orang.

Baca juga  7 Cara Mudah Menata Bunga di Teras Rumah Biar Makin Cantik dan Segar

Tempat ini buka dari pukul 1 siang sampai 6 sore, tempat wisata di Manado ini juga menyediakan fasilitas makan. Tiket masuk yang anda beli bisa ditukar dengan camilan seperti pisang goreng dengan cocolan dabu-dabu maupun minuman.

Pulau Lihaga

Pada awalnya, Pulau Lihaga tidak berpenghuni. Namun, semua itu berubah saat Pulau Lihaga diubah menjadi tempat tamasya. Kini, pulau tersebut menjadi salah satu destinasi populer di kalangan wisatawan.

Ditempat ini anda bisa berenang dan menikmati jernihnya air dengan pasir putih yang indah. Bahkan saking bersihnya, anda bahkan dapat melihat hewan-hewan air berlalu-lalang.

Supaya aktivitas air anda makin maksimal, tidak ada salahnya mencoba diving maupun snorkeling di pantai ini. Apabila anda datang bersama banyak orang, glamping bisa jadi pilihan. Tidak sedikit pengunjung yang menyewa kemah mewah sebagai tempat istirahat.

Pantai Patokan

Manado merupakan kota yang memiliki banyak pilihan wisata laut dan salah satunya adalah pantai patokan yang memiliki keindahan tidak kalah dengan pantai populer lainnya. Bernama lengkap Pantai Patokan Jiko, destinasi wisata ini identik dengan tebing besar yang terlihat seperti gerbang perairan biru nan jernih.

Terletak di Desa Jiko, banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di surga tersembunyi ini, mulai dari berenang, snorkeling, diving, sampai bermain dengan pasir putih di tepi pantai. Anda juga bisa memotret panorama pantai yang indah, berjemur, atau mendaki ke tebingnya agar bisa mendapatkan sudut pandang foto yang instagrammable.

Tempat wisata di Manado yang sering dijadikan lokasi pemotretan pre-wedding ini bisa dikunjungi dengan harga yang terjangkau. Anda cukup membayar tarif naik perahu ke Pantai Patokan sebesar Rp30.000 dan tiket masuk sebesar Rp2.000.

Demikian informasi mengenai rekomendasi tempat wisata alam indah dan eksotis di Manado termasuk Bunaken yang wajib anda kunjungi bagi anda warga Manado atau sedang berkunjung ke kota ini. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *