Telapak Kaki Sakit saat Berjalan? Kenali Penyebabnya

0
Telapak Kaki Sakit saat Berjalan

Apakah anda menemukan masalah rasa sakit saat anda berjalan? maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan penyebab telapak kaki sakit saat berjalan yang bisa anda simak dibawah ini.

Berjalan adalah hal normal bagi kita sebagai manusia dan seharusnya berjalan bisa dilakukan dengan normal tanpa rasa sakit apapun. Ketika anda merasakan rasa sakit ketika berjalan, maka bisa dipastikan terjadi hal yang tidak normal pada kondisi tubuh anda khususnya pada bagian kaki yang merasakan rasa sakit ketika berjalan.

Selain faktor masalah kesehatan, rasa sakit saat berjalan juga bisa disebabkan oleh penggunaan alas kaki yang tidak tepat mulai dari sepatu atau sandal yang kekecilan, atau terdapat benda-benda asing didalam sepatu dan menyebabkan rasa sakit saat anda berjalan/

Tentunya faktor rasa sakit saat berjalan yang disebabkan alas kaki bisa dengan mudah diganti solusinya. Namun rasa sakit saat berjalan karena faktor penyakit atau kesehatan penting untuk anda deteksi penyebabnya.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan penyebab telapak kaki sakit saat berjalan yang penting untuk anda ketahui sebagai berikut.

Telapak Kaki Sakit saat Berjalan

Telapak Kaki Sakit saat Berjalan

Plantar fasciitis

Sakit di telapak kaki bisa terjadi karena peradangan pada plantar fascia, yakni kumpulan jaringan tebal yang memanjang di bawah kaki. Dikutip dari Healthline, saat ini terjadi, tumit akan terasa sakit seperti tertusuk, terutama saat berjalan. Rasa sakit juga bisa muncul saat anda mencoba berdiri setelah duduk, atau sebaliknya mencoba duduk setelah berdiri lama.

Baca juga  4 Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan Mandiri Secara Online di HP

Radang sendi

Berbagai jenis radang sendi bisa menyebabkan rasa sakit di telapak kaki. Rasa sakit ini juga disertai kaku pada persendian, otot, hingga tulang kaki. Salah satu masalah ini bisa muncul karena asam urat. Asam urat biasanya dimulai dengan nyeri hebat dan bengkak di jempol kaki.

Tendonitis

Tendon yang mengalami peradangan bisa menimbulkan rasa sakit, terutama saat berjalan atau berolahraga. Rasa sakit biasanya muncul di bagian belakang kaki atau tumit, serta nyeri seperti tertekan atau kaku di kaki. Mengurangi rasa sakit pada telapak kaki karena tendon yang meradang bisa dilakukan dengan menyisipkan bantalan khusus di sepatu.

Bantalan di tumit menyusut

Penting untuk anda ketahui dimana bantalan tumit yang mulai menyusut memang bisa menyebabkan rasa sakit di telapak kaki. Dikutip dari Medical News Today, saat ini terjadi, tulang tumit lebih sering menyentuh tanah saat berjalan.

Rasa sakit yang ditimbulkan biasanya berkisar dari nyeri, rasa terbakar, hingga pegal dan tidak nyaman. Untuk menghilangkan rasa sakit, anda bisa melakukan kompres es dan mengistirahatkan kaki sejenak.

Kapalan

Kapalan muncul ditandai dengan lapisan kulit yang menebal. Kapalan juga bisa jadi penyebab telapak kaki sakit saat berjalan. Biasanya kapalan muncul karena gesekan, terutama di bagian bawah kaki. Bentuknya mirip bercak yang muncul di telapak kaki, warnanya kekuningan, dan terasa keras saat dipegang.

Lapisan yang sangat tebal bisa menyebabkan rasa sakit, terutama saat berjalan. Untuk menghilangkannya, anda bisa merendam kaki di air hangat. Anda juga bisa menggunakan sepatu yang tidak longgar agar kapalan tidak terbentuk di telapak kaki.

Demikian informasi mengenai penyebab telapak kaki sakit saat berjalan yang penting untuk anda ketahui apabila anda termasuk salah satu orang yang mengalami masalah ini dan pastinya tidak membuat anda nyaman beraktivitas. Semoga berguna dan bermanfaat.

Baca juga  8 Gejala dan Tanda Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *