Begini Tanda-Tanda Mobil Bekas Banjir Sebelum Membeli Mobil Bekas Yang Perlu Anda Cermati

Date:

Share post:

Walaupun mobil bekas memiliki harga miring dan bisa menjadi opsi terbaik bagi anda yang mencari mobil dengan anggaran terbatas, tetapi anda tetap perlu waspada dan cermat dalam memilih mobil bekas, seperti hati-hati mendapatkan mobil bekas banjir yang akan membuat anda menyesal nantinya. Begini tanda-tanda mobil bekas banjir sebelum membeli mobil bekas yang perlu anda ketahui.

Bukan rahasia umum lagi dimana mobil bekas menjadi salah satu pilihan populer banyak orang untuk bisa mewujudkan mimpi untuk membeli mobil kesayangan dengan anggaran terbatas, dimana mobil bekas memiliki harga yang lebih murah dan tersedia banyak pilihan mulai dari tipe, merek mobil, tahun dan lainnya yang bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Namun walaupun demikian, anda tetap harus berhati-hati dan tetap waspada dalam memilih mobil bekas. Jangan tergiur dengan harga murahnya saja, sebab terdapat beberapa hal penting yang harus anda perhatikan seperti kondisi mobil yang bukan bekas banjir dimana jenis mobil kondisi ini dikenal dijual dengan harga miring tetapi akan merepotkan anda dimasa depan bahkan biaya yang anda keluarkan bisa lebih besar untuk memperbaiki dibandingkan membeli mobil bekas harga normal.

Pastinya ada alasan mengapa mobil bekas banjir biasanya dijual miring, dimana mobil bekas yang pernah terendam banjir dapat menyebabkan kerusakan pada komponen kelistrikan, mesin, dan sistem lainnya. Hal ini dapat mengakibatkan bahaya mobil bekas banjir, masalah keamanan, dan kenyamanan saat berkendara dan bahkan parahnya lagi, dapat membahayakan nyawa anda dan penumpang di dalam mobil.

Untuk itu, kali ini kami akan membagikan tanda-tanda mobil bekas banjir sebelum membeli mobil bekas yang perlu anda ketahui agar anda tidak menyesal dikemudian hari.

Tanda-Tanda Mobil Bekas Banjir

Tanda-Tanda Mobil Bekas Banjir

Harga terlalu Murah

Hal pertama yang perlu menjadi perhatian adalah harga mobil bekas tersebut. Apabila mobil tersebut dijual dengan harga jauh dibawah pasaran bekas mobil tersebut, maka perlu dicurigai bahwa mobil tersebut bekas terkena banjir.

Namun untuk tidak menebak-nebak, maka anda bisa mengecek tanda-tanda banjir lainnya dan berusaha mencari tahu apa yang menyebabkan harga mobil tersebut terlalu murah, apakah karena pemiliknya ingin cepat menjual mobil dan mendapatkan uang atau memang terdapat kendala yang berusaha ditutupi pemilik agar mobil cepat laku.

Ada Kotoran dan Noda Bekas Banjir pada Interior

Selanjutnya, anda harus juga memeriksa bagian-bagian seperti bagasi, lubang kisi-kisi AC, sudut panel dan kabel di belakang dashboard, penutup speaker, sela-sela dan rel jok mobil.

Selain itu, anda juga memeriksa pada bagian karet pintu yang menempel pada bodi mobil, anda bisa melepasnya dan mencari tahu apakah terdapat bekas lumpur atau tidak. Apabila terdapat pasir, bekas lumpur dan bekas air kemungkinan mobil tersebut bekas terendam banjir.

Bau Tidak Sedap

Anda bisa dengan mudah mengetahui apakah mobil tersebut bekas banjir atau tidak dari bau dari kabin/interior mobil. Jika saat anda masuk kedalam mobil dan tercium bau tidak sedap seperti bau apek kemungkinan mobil tersebut pernah terendam banjir. Bau tidak sedap tersebut muncul karena ada bagian mobil yang basah dan sulit untuk dibersihkan secara menyeluruh.

Cek STNK dan Riwayat Servis Mobil

Dengan mengetahui alamat yang ada pada STNK kendaraan, anda bisa mengetahui apakah daerah tersebut rawan banjir atau tidak. Apabika daerah pada STNK rawan banjir ada kemungkinan mobil pernah terendam banjir. Mobil yang Terawat biasanya memiliki riwayat servis mobil yang berkala, anda bisa mengetahui informasi terkait apakah mobil tersebut pernah terendam banjir melalui riwayat servis yang ada.

Baca juga  Contoh Surat Undangan Syukuran Beserta Formatnya

Cek Bagian Mesin Mobil

Dan tanda-tanda mobil bekas terakhir adalah dimana pada ruang mesin mobil yang terkena banjir biasanya ada bagian-bagian yang berwarna belang dan menguning. Anda juga bisa mengecek apakah ada bekas karatan pada bagian kap mesin dan area sekitar mesin.

Periksa juga warna pada oli mesin, apabila oli berwarna coklat keputihan kemungkinan besar oli sudah bercampur dengan air yang masuk kedalam ruang mesin. Suara mesin mobil yang habis terkena banjir punakan lebih kasar daripada mobil dalam kondisi normal.

Demikian informasi mengenai tanda-tanda mobil bekas banjir sebelum membeli mobil bekas yang wajib anda perhatikan, khususnya bagi anda yang tinggal di kota yang terkenal rawan banjir seperti kota Jakarta dan sekitarnya.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...