Tanda Kolesterol Tinggi Yang Harus Anda Ketahui

0
Tanda Kolesterol Tinggi

Pada banyak kasus umum, tanda-tanda kolesterol tinggi sering kali tidak disadari oleh penderitanya dimana tanda-tanda kolesterol tinggi ini umumnya mirip dengan kondisi medis lain. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, kolesterol tinggi juga bisa terjadi tanpa ada gejala apapun.

Sekedar informasi, kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan di dalam tubuh. Sebagian besar kolesterol diproduksi oleh hati, tetapi anda juga mendapatkan kolesterol dari makanan yang anda konsumsi. Memang, kolesterol memiliki peran penting dalam tubuh, tetapi ketika kadar kolesterol terlalu tinggi, maka akan dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke.

Tahukah bahwa kondisi kolesterol tinggi dapat tercermin dalam wajah anda dimana terdapat beberapa tanda kolesterol tinggi yan dapat dilihat langsung dari penampilan fisik anda. Mau tahu cara mengetahui kolesterol yang sedang tinggi-tingginya? Simak sebagai berikut.

Tanda Kolesterol Tinggi

Tanda Kolesterol Tinggi

Bintik-bintik putih di wajah

Beberapa orang dengan kadar kolesterol tinggi biasanya memiliki bintik-bintik putih yang terlihat di sekitar wajahnya. Adapun bintik-bintik ini disebut milia dan terbentuk karena penumpukan kolesterol di bawah kulit.

Xanthelasma

Ini adalah tanda khas kolesterol tinggi yang terlihat sebagai benjolan kuning atau oranye di sekitar kelopak mata. Xanthelasma disebabkan oleh penumpukan kolesterol di bawah kulit. Apabila anda melihat tanda ini, maka sebaiknya anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengevaluasi kadar kolesterol anda.

Sering Merasa Mengantuk

Gejala kolesterol tinggi juga sering membuat pengidapnya merasa sering mengantuk, bahkan hampir setiap saat. Hal ini dikarenakan kadar kolesterol tinggi dapat menghambat aliran darah sehingga aliran oksigen tidak berjalan normal.

Baca juga  9 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Kenaikan Berat Badan

Meski nafsu makan cenderung menurun, namun saat kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi, dapat menyebabkan berat badan naik drastis dalam jangka waktu yang singkat. Gejala yang satu ini seharusnya cukup mudah untuk disadari.

Maka dari itu, saat kolesterol sedang kambuh, atau untuk mencegahnya kambuh kembali, usahakan menjaga asupan makanan sehat serta lebih rajin melakukan aktivitas fisik, minimal 2-3 kali seminggu.

Wajah kemerahan

Kolesterol tinggi juga akan memengaruhi aliran darah dan menyebabkan kulit wajah menjadi kemerahan. Biasanya hal ini terlihat pada pipi dan hidung yang kemerahan.

Kerutan pada wajah

Kolesterol tinggi berisiko menyebabkan pembuluh darah menyempit dan menghambat aliran darah ke kulit. Akibatnya, kulit wajah dapat kehilangan elastisitasnya dan muncul kerutan lebih awal.

Bibir pucat

Bibir yang pucat juga bisa menjadi pertanda bahwa sirkulasi darah tidak lancar. Kolesterol tinggi akan menyebabkan penumpukan plak di arteri, yang memperlambat aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk bibir.

Kehilangan rambut di sekitar mata

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah kecil di sekitar mata menyempit, yang biasanya bisa menghambat pasokan darah ke folikel rambut. Hal ini dapat menyebabkan kehilangan rambut di daerah tersebut.

Mudah merasa lelah dan nyeri di kaki

Plak di pembuluh darah bisa muncul sebagai dampak dari tingginya kadar kolesterol dapat mengurangi aliran darah ke jaringan tubuh. Hal inilah yang akhirnya membuat penderita kolesterol tinggi menjadi lebih mudah merasa lelah. Selain itu, jika penumpukan plak terjadi pada pembuluh darah di kaki, penderitanya dapat mengalami tanda-tanda kolesterol tinggi seperti nyeri kaki.

Demikian informasi mengenai tanda kolesterol tinggi yang harus anda ketahui agar anda bisa segera mencari solusi dan menurunkan kadar kolesterol anda kembali normal seperti memperbaiki pola makan, tidak merokok dan olahraga rutin. Atau anda pun bisa segera ke dokter anda untuk mendapatkan pengecekan dan pengobatan yang benar dan tepat.

Baca juga  Cara Menghilangkan Mual dengan Rasa ingin Muntah Secara Alami Tanpa Obat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *