8 Spot Wisata di Solo yang Instagramable Dan Hits

0
Spot Wisata di Solo yang Instagramable

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi wisata lainnya yakni spot wisata di Solo yang Instagrammable dan sedang hits saat ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana Solo atau Surakarta bukan hanya terkenal tempat kelahiran presiden Jokowi dengan sejarah dan budaya Jawa yang kaya, tetapi juga memiliki sejumlah tempat wisata yang sangat Instagramable dan menjadi hits di kalangan pengunjung.

Sebut saja spot yang paling diminati adalah Keraton Kasunanan Surakarta yang merupakan istana resmi dari penguasa Kerajaan Surakarta yang masih terpelihara dengan baik. Dengan arsitektur Jawa klasik yang megah dan taman yang indah, pengunjung dapat mengambil foto yang menakjubkan di dalam kompleks istana, terutama di Bangsal Kencana yang ikonik.

Namun selain itu, masih destinasi wisata lainnya di Solo yang sayang untuk anda lewatkan untuk berfoto mengabadikan momen dan menikmati liburan. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan spot wisata di Solo yang Instagrammable dan sedang hits yang bisa anda simak sebagai berikut.

Spot Wisata di Solo yang Instagramable Dan Hits

Spot Wisata di Solo yang Instagramable

Kraton Surakarta

Pertama, seperti yang kami sebutkan diatas dimana berkunjung ke Solo rasanya kurang lengkap kalau tidak berkunjung ke Keraton Surakarta Hadiningrat atau yang juga sering kali disebut dengan Kraton Solo. Di sini, anda tidak hanya dapat belajar mengenai sejarah dan budaya Kraton, namun juga bertemu dengan “kebo bule” atau Kerbau Putih yang sering dilibatkan dalam sejumlah tradisi kerajaan.

Baca juga  10 Destinasi Wisata Pantai di Lombok Eksotis dan Menarik

The Heritage Palace

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Kartasura, Sukoharjo yang sudah dibuka sejak Juni 2018 lalu. Di sini, anda akan dapat melihat berbagai bangunan bersejarah, mobil-mobil antik, hingga museum 3D dan wisata Omah Walik.

Tentunya, tidak lengkap kalau anda tidak mengambil gambar berlatar belakang bangunan seperti kastil ini. Terlebih ada banyak spot foto yang menarik di setiap sudut bangunan. Di masa liburan saat ini, The Heritage Palace buka setiap hari dari pagi sampai malam hari.

Pura Mangkunegaran

Tidak jauh dari Kraton Surakarta, ada juga Pura Mangkunegaran yang dapat menjadi salah satu tujuan wisata menarik saat anda berwisata ke Solo. Tempat bersejarah yang sudah ada sejak tahun 1757 ini memiliki desain arsitektur yang indah sekaligus menarik.

Temukan juga berbagai koleksi peninggalan bersejarah dari Kerajaan Majapahit maupun Kerajaan Mataram di tempat wisata ini. anda juga tidak boleh melewatkan pertunjukan gamelan yang digelar setiap Rabu di Pura Mangkunegaran.

Benteng Vastenburg

Mengunjungi tempat wisata di Solo juga tidak afdol kalau tidak mampir ke Benteng Vastenburg. Di sini, anda dapat berfoto dengan latar belakang benteng yang bergaya vintage. Tidak hanya berfoto, anda juga bisa mempelajari sejarahnya yang klasik.

Bangunan benteng ini dikenal sudah ada sejak tahun 1745 dan dulunya digunakan Belanda untuk memata-matai pergerakan Kraton Surakarta. Meskipun bangunan ini sempat terbengkalai, namun mulai 2010 lalu, bangunan ini akhirnya ditetapkan sebagai situs cagar budaya.

Pasar Gedhe

Jika di Yogyakarta ada Pasar Beringharjo yang terkenal, Solo juga memiliki Pasar Gedhe yang merupakan pasar tertua di Surakarta. Letaknya juga cukup strategis yakni di sekitar kantor bupati dan Kraton Surakarta. Menariknya, desain bangunannya merupakan perpaduan arsitektur Jawa-Belanda.

Baca juga  Catat! Ini Waktu Terbaik Liburan ke Jepang, Biar Lihat Sakura Bermekaran

Di dalamnya juga dijual berbagai barang khas pasar, mulai dari makanan tradisional, pakaian, dan sebagainya. Beberapa event juga sering kali diselenggarakan di dekat pasar ini, termasuk saat menjelang Imlek maupun hari raya lainnya.

Taman Balekambang

anda juga dapat mengunjungi Taman Balekambang yang sudah ada sejak tahun 1921. Taman ini bahkan termasuk taman bersejarah yang dibangun langsung oleh Mangkunegara VII. Di sini, anda dapat menikmati suasana yang asri dan bahkan dapat mengajak anak-anak berinteraksi dengan berbagai hewan seperti rusa, angsa, hingga ayam hias.

Solo Safari Zoo

Solo Safari menjadi salah satu destinasi wisata baru yang sedang hits akhir-akhir ini. Tempat wisata keluarga yang satu ini baru dibuka pada Januari 2023 lalu dan merupakan branding baru dari Taman Satwa Taru Jurug Surakarta.

Wisata edukasi satwa seluar 13,9 hektar ini cocok untuk liburan bersama keluarga dan anak-anak. Di sini, anda akan mendapati berbagai fasilitas, atraksi, dan wahana wisata yang sangat menarik. Mulai dari petting zoo, interaksi satwa, hingga menunggangi beberapa satwa seperti kuda atau gajah.

Gedung Djoeang 45

Tempat wisata yang satu ini juga dikenal sebagai tempat yang instagramable dan banyak dikunjungi anak muda. Selain melihat arsitektur bangunan yang bergaya Eropa, anda juga dapat mencicipi gelato, es krim khas Eropa.

Tumurun Private Museum

Bagi pecinta seni, anda tentu akan sangat senang mengunjungi museum ini. Museum privat ini memang dibuat khusus oleh seorang seniman yang mewarisi berbagai macam karya seni. Tidak mengherankan jika para pengunjung akan puas menikmati keindahan koleksi sekaligus berfoto di sekitar karya seni tersebut. Menariknya, untuk menikmati karya tersebut, anda tidak dikenakan biaya.

Baca juga  Penyebab Aki Mobil Soak Dan Cara Mengatasinya

Pabrik Gula De Tjolomadoe

Dan terakhir adalah Pabrik Gula De Tjolomadoe. Jika dilihat dari luar, pabrik gula ini tampak seperti luar negeri padahal tempat ini masuk dalam kawasan wisata di Surakarta, atau tepatnya di Colomadu, Kab. Karanganyar. Bangunan yang berdiri sejak 1861 ini dulunya memang aktif namun sudah mulai beroperasi beberapa puluh tahun silam.

Kini, bangunan yang desainnya menyerupai gaya Eropa ini sudah dimanfaatkan sebagai tempat wisata dan bersejarah yang memiliki daya tarik tersendiri. Di dalamnya, anda masih dapat menemukan berbagai arsip pabrik, mesin tebu, bahkan kafe.

Demikian informasi mengenai spot wisata di Solo yang Instagrammable dan sedang hits saat ini yang sayang untuk anda lewatkan sebagai destinasi liburan anda di kota Solo. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *