Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan, Memudahkan Perhitungan Nilai dan Matematika

Date:

Share post:

Bagi anda yang mencari rumus excel yang paling sering digunakan para pengguna excel dalam menyelesaikan tugas-tugasnya dengan mudah dan cepat, ini dia rumus excel yang paling sering digunakan yang memudahkan dalam perhitungan nilai matematika, grafik dan lainnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang menggunakan rumus untuk mengatur dan menganalisis data. Selain itu, program aplikasi yang sangat populer di kalangan penggan PC dan laptop ini ini juga bisa digunakan untuk membuat bagan, grafik, dan representasi informasi visual lainnya.

Adapun cara menggunakan Excel ini memungkinkan anda untuk memasukkan rumus matematika ke dalam spreadsheet agar pekerjaan anda menjadi lebih efisien dan lebih cepat selesai dibandingkan apabila anda melakukan secara manual. Dengan memasukkan rumus excel, anda bisa menghitung nilai berdasarkan nilai di sel lain, atau anda bisa menggunakannya untuk penghitungan yang lebih rumit.

Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan

Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan

Dalam penggunaan excel dalam kegiatan dan rutinitas sehari-hari, terdapat banyak rumus formula yang biasa digunakan pengguna Excel untuk memudahkan pekerjannya.

Berikut beberapa rumus excel yang paling sering digunakan yang perlu anda ketahui bagi anda para pemula yang baru menggunakan excell.

SUM

SUM adalah salah satu rumus yang paling umum digunakan di Excel. Rumus memungkinkan anda menambah daftar angka, dan anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan total cepat atau mengetahui berapa banyak uang yang tersisa di rekening tabungan anda sebagai contohnya. Rumusnya adalah =SUM(kolom yang ingin ditambahkan)

AVERAGE

Average dapat membantu anda mengetahui rata-rata dari sekumpulan angka. Rumus ini dapat digunakan untuk menggambarkan berapa banyak orang yang membeli suatu barang dalam satu tahun rata-rata, atau berapa banyak uang yang dibelanjakan orang untuk produk tertentu. Rumusnya adalah =AVERAGE(blok kolom yang ingin dicari rata-ratanya)

Baca juga  Begini Cara Sembunyikan Foto di HP Android Untuk Menjaga Privasi

MAX dan MIN

MAX dan MIN adalah dua fungsi yang dapat anda gunakan untuk menentukan nilai maksimum atau minimum dari kumpulan data tertentu. Sangat berguna jika ingin mencari nilai tertinggi di kolom angka, atau apbila anda ingin mencari nilai terendah di kolom angka.

Rumusnya adalah =MAX(blok kolom yang ingin dicari angka yang terbesar) dan untuk terkecil adalah =MIN(blok kolom yang ingin dicari angka yang terkecil).

VLOOKUP

Fungsi VLOOKUP memungkinkan anda mencari nilai dalam tabel data dan mengembalikan nilai terkait dari kolom lain di baris yang sama. Fungsi VLOOKUP mencari nilai dalam tabel dengan menggunakan nomor indeks, yang dapat ditemukan di kolom pertama tabel anda. Rumusnya adalah =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup]).

Keterangan:

  • Lookup_value: Isi sel atau nilai yang diketik.
  • Table_array: Sel atau tabel yang digunakan untuk rujukan pencarian.
  • Col_Index_num: Kolom yang ditunjukkan untuk mengambil nilai.
  • Range_Lookup: menunjukkan apakah pencocokan yang persis harus ditemukan atau tidak sebelum pencocokan perkiraan digunakan sebagai gantinya (TRUE) atau sebaliknya (FALSE). Tapi bisa juga dikosongkan

HLOOKUP

HLOOKUP adalah formula yang memungkinkan anda mencari item dalam tabel berdasarkan kunci pencarian. Ini mirip dengan VLOOKUP, yang melakukan pencariannya secara vertikal, bukan horizontal.

Rumusnya adalah =HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

COUNT

Selanjutnya terdapat rumus COUNT dimana dengan rumus ini memungkinkan anda menghitung berapa banyak sel yang berisi nilai tertentu, atau berapa kali nilai muncul di data anda tanpa harus menghitung secara manual atau satu persatu. Rumusnya adalah =COUNT(blok kolom yang ingin dihitung)

TRIM

TRIM adalah rumus di Microsoft Excel yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan spasi dari awal dan akhir sel. Dengan rumus ini membantu anda menemukan dan menghapus semua spasi dalam kolom dengan cepat, atau hanya spasi di awal atau akhir baris. Rumusnya adalah =TRIM(kolom yang ingin dihapus)

Baca juga  Begini Cara Mengetahui Unfollow Instagram, Manual dan Dengan Aplikasi

Demikian informasi mengenai rumus excel yang paling sering digunakan. Semoga berguna dan bermanfaat untuk membantu memudahkan pekerjaan dan aktivitas anda menggunakan Microsoft Excel.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...

Berapa Biaya Liburan ke Jepang? Ini Rincian dan Prosesnya

Bagi anda yang penasaran berapa biaya liburan ke Jepang untuk jalan-jalan ke negeri sakura ini, maka anda tepat...

8+ Aplikasi Video Slow Motion Keren di HP Android

Apakah anda mencari aplikasi edit video yang memungkinkan anda mengedit video dalam bentuk slow motion atau gerak lambat,...

7 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Ampuh Mengatasi Gigi Berlubang di Apotik

Apabila anda merasakan sakit gigi karena gigi berlubang, maka salah satu cara cepat mengatasinya adalah dengan meminum obat....