8+ Panduan Renovasi Rumah yang Hemat Dan Ramah Kantong

0
Renovasi Rumah yang Hemat

Bagi anda yang berencana melakukan renovasi rumah untuk perbaikan maupun untuk mempercantik, maka berikut kami bagikan panduan cara renovasi rumah yang hemat dan ramah di kantong.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana enovasi rumah merupakan proses yang memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang, terutama dari segi keuangan sebab pastinya anda membutuhkan anggaran tergantung dengan seberapa besar renovasi rumah yang anda lakukan.

Namun walaupun membutuhkan dana yang tidak sedikit, tetapi terdapat sejumlah pertimbangan yang bisa menjadi acuan agar renovasi rumah yang anda lakukan bisa hemat dari segi biaya serta ramah di kantong. Akan tetapi besar kecil dana yang anda butuhkan pastinya bergantung dengan berapa besar renovasi rumah yang anda rencanakan.

Berikut kami bagikan panduan cara renovasi rumah yang hemat dan ramah di kantong yang bisa menjadi referensi anda dibawah ini.

Panduan Renovasi Rumah yang Hemat Dan Ramah Kantong

Renovasi Rumah yang Hemat

Membuat anggaran yang tepat

Pertama, anda harus mulai membuat anggaran dana yang tepat dimana anda perlu mencatat seluruh kebutuhan renovasi, seperti biaya tukang, material bahan yang dipakai, biaya arsitek, pemilihan interior, dan biaya tidak terduga.

Biaya tidak terduga dibutuhkan untuk alat-alat atau bahan yang mendesak harus dibeli, karena pasti ada perubahan dari tujuan awal yang membuat anggaran renovasi rumah. Tips untuk membuatnya semakin mudah, anda bisa berdiskusi dengan arsitek untuk anggaran renovasi rumah sesuai dengan ruangan yang akan direnovasi.

Baca juga  7 Tips Berlibur ke Pantai Yang Nyaman dan Aman

Mengatur jadwal renovasi

Setelah membuat anggaran, tips renovasi rumah selanjutnya adalah membuat jadwal yang detail. Anda bisa membuat jadwal kedatangan barang ke rumah, tukang bangunan mulai bekerja, menyimpan perabotan di dalam rumah, dan juga target renovasi selesai.

Hal ini harus dibuat secara detail karena akan berpengaruh pada anggaran dana yang sudah anda buat pada renovasi rumah.

Komunikasi dengan orang setempat

Tips renovasi rumah yang selanjutnya ini juga tidak kalah penting dimana sebelum merenovasi rumah, anda perlu tahu aturan dalam renovasi bangunan di lingkungan tempat tinggal anda. Mulai dari luas, lebar, dan tinggi rumah karena biasanya tempat tertentu memiliki aturan ukuran rumah tertentu.

Anda bisa berbicara dengan pihak berwenang di tempat tinggal anda dan mengikuti peraturan yang berlaku. Tidak lupa, izin juga kepada tetangga depan, samping, hingga belakang rumah anda jika sedang melakukan renovasi agar tidak mengganggu kenyamanan mereka.

Pilih arsitek sesuai keinginan

Memilih arsitek yang tepat juga menjadi salah satu tips renovasi rumah yang perlu anda perhatikan demi rumah impian. Arsitek yang dipilih perlu memiliki jam terbang yang tinggi dan mumpuni dalam hal merenovasi rumah. Anda perlu menyamakan ide dan juga desain tentang renovasi rumah agar bisa sesuai dengan keinginan.

Selain konsultasi mengenai desain rumah, anda juga berdiskusi tentang bahan material bangunan. Seorang arsitek pastinya sangat paham dengan hal ini sehingga anda bisa melakukan renovasi rumah dengan efektif.

Pilih dan beli bahan bangunan paling berkualitas

Setelah berdiskusi dengan arsitek tentang bahan bangunan dan desain yang diinginkan, anda perlu pilih dan beli bahan bangunan paling berkualitas. Membeli bahan bangunan dengan kualitas tinggi adalah hal penting agar rumah bisa berdiri kokoh dan tahan lama.

Baca juga  7 Destinasi Tempat Wisata di Malaysia yang Populer

Pertimbangkan Karakteristik Lahan

Karakteristik masing-masing lahan orang yang akan renovasi pasti berbeda-beda, anda perlu menyesuaikan karakteristik lahan sesuai dengan lokasi rumah anda. Jika rumah minimalis anda dengan dengan jalan raya, anda bisa menanam tanaman untuk mengurangi polusi udara.

Untuk anda yang terkadang terkena banjir, pastikan lahan rumah tinggi dan terdapat penghalang agar tidak kebanjiran. Selain itu, karakteristik lainnya seperti rumah di dataran tinggi, di perbukitan, atau dekat pantai perlu diperhatikan dengan baik agar rumah bisa kuat dan bisa berdiri kokoh.

Memperbaiki Saluran Listrik dan Air

Seperti yang kita ketahui bersama dimana saluran listrik dan air merupakan elemen yang wajib ada dalam sebuah rumah. Beberapa ruangan di rumah anda, seperti kamar mandi, dapur, atau kamar dan ruangan lainnya butuh saluran ini.

Jadi saat anda ingin menambah ruangan, maka anda perlu mempertimbangkan saluran air yang ketika renovasi rumah agar air berjalan dengan lancar sampai ruangan tersebut. Selain itu, saluran listrik yang baik akan membuat para penghuni nyaman, jadi anda perlu memenuhi kebutuhan panel listrik dengan baik saat renovasi. Perhatikan juga untuk memasang colokkan di setiap ruangan untuk memasang alat elektronik anda.

Mempertimbangkan kebutuhan penghuni

Mempertimbangkan kebutuhan anda sebagai penghuni adalah hal yang cukup penting dalam tips renovasi rumah. Anda perlu berdiskusi dengan keluarga atau pasangan saat memutuskan untuk membeli sesuatu, seperti keramik, gagang pintu, bentuk ruangan, dan hal yang lainnya.

Selain itu, anda juga perlu memerhatikan kebutuhan anggota keluarga anda, contohnya butuh tambahan kamar, ruang bekerja, dapur dengan sirkulasi udara terbuka, atau ruang belajar.

Sekian informasi tentang tips cara tepat renovasi rumah yang hemat dan ramah dikantong yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda agar biaya renovasi anda lebih ramah dan hemat. Semoga berguna dan bermanfaat.

Baca juga  8+ Rekomendasi Outfit Kaos Oversize Untuk Modern dan Trendy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *