Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Vertigo Kambuh

Date:

Share post:

Apakah vertigo anda sering kambuh dan membuat aktivitas anda menjadi terganggu? Anda bisa menyimak pertolongan pertama untuk mengatasi vertigo yang akan kami bagikan kali ini.

Bagi anda yang sering merasakan vertigo, pastinya mengetahui bagaimana rasa tidak mengenakkan ketika vertigo kambuh dimana penderitanya akan merasakan sensasi ruangan berputar, kepala terasa melayang, serta merasakan mual dan muntah membuat diri terasa tidak berdaya dan membuat apapun yang dikerjakan akan menjadi berantakan.

Memang vertigo identik dengan kondisi yang bisa membuat lingkungan di sekitar anda seperti berputar atau melayang dan mau tidak mau anda harus segera mencari tempat untuk menenangkan diri agar tidak terjatuh. Dan selain itu, banyak orang yang langsung memilih opsi meminum obat vertigo yang memang dijual umum di apotik.

Berikut ini beberapa jenis obat sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi vertigo kambuh yang bisa anda simak dibawah ini.

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Vertigo Kambuh

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Vertigo Kambuh

Promethazine

Promethazine adalah obat antihistamin untuk mengobati rasa mual dan muntah terkait dengan kondisi tertentu, misal setelah operasi atau vertigo. Dosis umum promethazine untuk obat mual dan muntah pada orang dewasa adalah 12,5 – 25 mg setiap 4 – 6 jam sesuai kebutuhan. Biasanya, obat ini hanya bisa diperoleh dengan resep dari dokter.

Meclizine

Meclizine adalah obat jenis antihistamin yang umumnya digunakan untuk mencegah dan meringankan gejala pusing, mual, dan muntah akibat mabuk kendaraan. Namun, meclizine dapat digunakan sebagai obat vertigo yang disebabkan oleh masalah telinga bagian dalam.

Baca juga  Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Dosis umum meclizine untuk obat vertigo pada orang dewasa adalah 25 mg diminum 1 – 4 kali sehari atau 50 mg diminum dua kali sehari. Obat ini tersedia lewat resep dokter maupun dijual bebas di apotek.

Diphenhydramine

Diphenhydramine adalah antihistamin. Obat ini bekerja dengan memblokir efek bahan kimia tertentu (histamin) penyebab mual dan muntah akibat vertigo. Anda bisa memperoleh obat ini tanpa resep di apotek terdekat.

Dosis umum diphenhydramine untuk menangani vertigo serta mual dan muntah pada orang dewasa adalah 25 – 50 mg yang diminum setiap 6 – 8 jam. Berikan dosis awal 30 menit sebelum paparan pada gerakan serta ulang sebelum makan dan melakukan perjalanan.

Dimenhydrinate

Dimenhydrinate adalah obat antihistamin untuk mencegah dan mengobati mual, muntah, dan pusing yang disebabkan oleh mabuk perjalanan. Obat ini juga bisa digunakan sebagai obat vertigo. Dosis umum dimenhydrinate untuk menangani vertigo pada orang dewasa adalah 25 sampai 100 mg setiap 4 – 8 jam sampai maksimum 400 mg dalam 24 jam.

Lorazepam

Lorazepam adalah obat vertigo kelas benzodiazepin yang bekerja pada otak dan sistem saraf pusat untuk menghasilkan efek menenangkan. Obat ini termasuk obat penekan vestibular yang berfungsi untuk mengurangi nystagmus (gerakan mata) disebabkan oleh ketidakseimbangan vestibular atau guna mengurangi mabuk kendaraan.

Dosis umum lorazepam untuk menangani vertigo pada orang dewasa adalah 0,5 mg dua kali sehari.

Diazepam

Diazepam adalah obat golongan benzodiazepin yang bekerja di otak dan saraf (sistem saraf pusat) untuk menghasilkan efek tenang. Maka dari itu, melansir dari Mayo Clinic, obat ini digunakan untuk meredakan vertigo akibat gangguan kecemasan. Untuk orang dewasa, dosis diazepam adalah 2 – 10 mg.

Baca juga  Ketahui Penyebab Rasa Nyeri pada Rahang ketika Mengunyah Makanan Dan Solusinya

Metoclopramide

Metoclopramide merupakan obat golongan agen prokinetik yang umumnya digunakan untuk mengobati beberapa masalah di perut dan usus, seperti rasa panas di perut (heartburn), asam lambung, dan maag yang tak kunjung sembuh. Akan tetapi, obat ini juga bisa membantu meredakan vertigo dengan dosis sekitar 5 – 10 mg.

Prochlorperazine

Prochlorperazine adalah obat golongan phenothiazine yang digunakan untuk mengobati mual dan muntah dari penyebab tertentu, misal setelah operasi atau pengobatan kanker. Namun, obat ini juga bisa membantu meredakan mual dan muntah yang timbul akibat vertigo.

Sebagai pengobatan vertigo, dosis prochlorperazine bisa dikonsumsi sekitar 5 – 10 mg.

Demikian informasi mengenai pertolongan pertama untuk mengatasi vertigo yang kambuh. Ada baiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter agar bisa mengetahui kondisi vertigo dalam sisi medis dan mendapatkan pengobatan yang dianjurkan. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...