Perbedaan Smart TV dan Android TV? Begini Beda Fiturnya

Date:

Share post:

Apakah anda memiliki pertanyaan apa perbedaan dari smart TV dan android TV? maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak penjelasannya dibawah ini.

Perangkat televisi tampaknya menjadi barang yang harus ada di rumah setiap keluarga di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Jadi tidak bisa dipungkiri, TV jelas menjadi barang yang sangat penting.

Dengan kemajuan teknologi di bidang ini semakin cepat maka berbagai fitur canggih diciptakan untuk semakin memanjakan pengguna TV denganp peran pentingnya sebagai alat bersantai dirumah. Maka tidak heran apabila para produsen TV berlomba-lomba membuat produk yang unik dan canggih, seperti layar yang sangat canggih dan jernih, fitur suara, dan banyak lagi.

Anda pasti pernah mendengar istilah “Smart TV” dan “Android TV” bukan? Walaupun kedua jenis TV cukup populer dikenal saat ini tetapi masih banyak orang yang tidak mengerti apa perbedaan antara TV pintar dan android.

Salah satu keunggulan android TV adalah kemudahan akses ke layanan siaran TV dan aplikasi android karena fiturnya yang terbilang lebih canggih. Namun, Android TV adalah perangkat yang juga memiliki fitur yang serupa dengan smart TV, sehingga banyak orang tidak dapat membedakannya.

Pada dasarnya Smart TV adalah perangkat TV yang memiliki kemampuan untuk mengakses konten melalui internet, tidak peduli merek atau sistem operasinya. Android TV adalah bagian dari smart TV, tetapi itu menjalankan sistem operasi Android.

Dan daripada anda bingung, maka kali ini kami akan menjelaskan perbedaannya yang bisa anda simak sebagai berikut.

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Smart TV

Sudah hal yang pasti teknologi yang dimiliki Smart TV setingkat lebih tinggi dibandingkan TV analog. Sesuai dengan namanya, smart TV merupakan TV “pintar” yang sudah dilengkapi dengan beragam aplikasi hiburan karena dapat terhubung dengan internet dan dapat digunakan untuk mengakses beragam aplikasi video-on-demand, seperti Netflix, Amazon Prime, Disney Hotstar, Vidio dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga  5 Cara Menghilangkan Iklan di Youtube Tanpa Aplikasi Dan Gratis

Tidak hanya itu, Smart TV juga telah dibekali dengan sistem operasi bawaan yang berbeda-beda , dimana deretan sistem operasi ini sudah dipasang secara default (built-in) saat TV diproduksi. Namun kekurangannya, karena ruangnya yang terbatas, maka tidak banyak aplikasi yang tersedia di Smart TV dibandingkan di Android TV, selain itu adalah Jika sudah terlalu lama, maka pengguna mau tak mau harus mengganti perangkat smart TV yang dimiliki dengan model teranyar.

Android TV

Sekedar informasi, Google meluncurkan android TV pertama kali pada tahun 2014 lalu, dimana pada dasarnya memiliki fitur serupa dengan Smart TV yang telah kita bahas diatas. Perbedaan smart TV dan Android TV adalah, dimana Android TV menawarkan ruang akses aplikasi yang lebih luas, serta karena mengusung sistem operasi berbasis Android, maka perangkat ini dapat terhubung ke layanan Google Play Store, dan pengguna bisa mengunduh dan memperbarui beragam aplikasi serta game di google play store.

Terdapat juga berbagai fitur yang dapat pengguna nikmati dari android TV seperti fitur asisten virtual Google Assistant dengan suara telah tersedia di android TV terbaru, dimana berbagai macam hal dapat dilakukan pengguna melalui perintah suara, mulai dari mengaktifkan hingga mengganti saluran TV hanya dengan perintah suara tanpa harus repot mencari remot dan memencel tombol.

Sekian informasi mengenai Bedanya Smart TV dan Android TV yang perlu anda ketahui. Dari penjelasan diatas tentunya bisa disimpulkan android TV lebih unggul sebab banyak produsen TV yang mulai mengembangkan ke android TV lebih canggih lagi. Namun tidak berarti smart TV tidak bagus juga sebab Smart TV tetap memiliki teknologi canggih yang membedakannya dengan TV biasa. Selain itu, smart TV juga tetap menjadi pilihan favorit banyak orang karena memiliki harga yang relatif lebih murah dan tetap kaya akan fitur canggih.

Baca juga  Cara Upload File di Google Drive dan Share Link Ke Orang Lain
Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...