Apa Perbedaan antara Tabungan dan Investasi? Begini Penjelasannya

Date:

Share post:

Istilah nama tabungan dan investasi pastinya sudah sangat umum didengarkan dalam dunia keuangan dan perbankan. Namun masih banyak orang yang bingung akan perbedaan antara tabungan dan investasi.

Sekedar informasi dimana tabungan dan investasi sebenarnya memiliki persamaan dalam garis besarnya dimana kedua kegiatan keuangan ini memiliki fungsi yang sama yakni untuk “mengamankan” masa depan namun dengan cara yang berbeda.

Pastinya semua orang menginginkan masa depan finansial yang baik dan terhindar kesempitan ekonomi bukan? maka kedua istilah ini merupakan jalan untuk mencapai kesuksesan finansial dimasa yang akan datang.

Lalu apa perbedaan antara tabungan dan investasi?

Seperti yang kita ketahui tabungan berasal dari kata menabung dimana anda akan memiliki tabungan yang bisa anda kumpulkan pada lembaga keuangan seperti bank atau tempat lainnya. Anda bisa secara berkala menyetor kelebihan dana agar nilai tabungan anda semakin membukit dimasa depan. Semakin banyak anda menabung maka semakin besar pula jumlah tabungan anda.

Walaupun jenis kegiatan keuangan ini termasuk aman, tetapi menabung memiliki kekurangan sebab nilai mata uang bisa berkurang karena inflasi atau tekanan mata uang asing. Dan apabila itu terjadi, maka nilai riil dari uang anda akan berkurang dalam penggunaannya walaupun secara fisik total uang anda tidak akan berkurang.

Adapun investasi adalah kegiatan mengelola uang anda di berbagai instrument investasi seperti saham, forex, kripto, reksadana, bahkan berinvestasi emas. Nantinya uang anda akan mendapatkan keuntungan dari hasil investasi yang anda lakukan. Seperti apabila anda membeli emas, maka ketika harganya naik 4-5 tahun kemudian, maka harga kenaikan tersebut akan menjadi keuntungan anda.

Baca juga  Rekomendasi Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik, Investasi Mulai 5 Ribu saja

Namun kekurangan dari investasi adalah dimana risikonya yang tinggi apabila anda salah memilih instrument investasi. Walaupun tidak ada satu jenis investasi pun yang menjanjikan keuntungan 100 %, tetapi banyak jenis investasi yang memiliki risiko rendah dan peluang profit yang tinggi.

Untuk lebih memahami perbedaan antara tabungan dan investasi, anda bisa menyimak perbedaan antara tabungan dan investasi yang bisa anda simak sebagai berikut.

Perbedaan antara Tabungan dan Investasi

Perbedaan antara Tabungan dan Investasi

Perlindungan terhadap harta ketika suatu saat terjadi inflasi

Perbedaan selanjutnya antara tabungan dan investasi ada pada kemampuannya dalam melindungi harta anda ketika terjadinya inflasi. Inflasi merupakan kondisi dimana semua harga-harga pada umumnya meningkat terus menerus. Ketika inflasi terjadi, otomatis nilai mata uang akan mengalami nilai yang naik turun atau biasa disebut dengan fluktuasi.

Pada situasi seperti ini, tabungan menawarkan perlindungan yang relatif minim bagi nilai uang yang anda punya. Sedangkan investasi umumnya memberikan proteksi yang lebih baik terhadap harta anda. Selain itu, anda juga dapat memilih aset mana yang menawarkan tingkat pengembalian dana atau refund yang paling tinggi.

Perbedaan tingkat risiko yang cukup signifikan

Dari tingkat risiko yang diberikan, anda akan merasakan perbedaan yang cukup signifikan antara investasi dan juga tabungan. Seperti yang sudah dikatakan di atas, dalam investasi, persentase risiko yang akan anda terima biasanya sebanding dengan keuntungan yang akan anda dapatkan.

Investasi ini biasa dilakukan oleh orang-orang yang mencari keuntungan yang banyak dan tidak begitu khawatir akan risiko yang besar. Tetapi, investasi yang saat ini tersedia juga cukup beragam. Jika tertarik, anda bisa memulai investasi kecil-kecilan dengan keuntungan yang sedikit tetapi cenderung stabil.

Baca juga  5 Cara Investasi Emas Antam Batangan Yang Menguntungkan untuk Pemula

Sedangkan tabungan menawarkan tingkat risiko yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan investasi. Hal yang bisa anda lakukan sebelum membuka tabungan yaitu untuk memilih bank dengan reputasi yang baik dan menawarkan jaminan dan keamanan bagi nasabahnya. Mengalami kerugian saat menabung di bank merupakan hal yang umumnya jarang terjadi.

Jika anda orang yang hanya ingin menyimpan uang, anda bisa memilih membuka tabungan di bank. Sedangkan kalau anda memilih untuk memutarkan uang anda dan mendapat keuntungan, anda bisa melakukan investasi.

Tujuan utama dari tabungan dan investasi

Hal selanjutnya yang membedakan investasi dan juga tabungan adalah tujuan penggunaannya. Secara umum, investasi digunakan oleh orang-orang dengan tujuan jangka panjang. Tujuan ini biasanya cukup besar, seperti membeli rumah, dana pensiun, dan lain sebagainya.

Sedangkan tabungan cenderung digunakan oleh masyarakat yang ingin mencapai tujuan jangka pendek. Contoh yang sering ditemukan yaitu menabung untuk liburan, atau membeli alat elektronik.

Jumlah keuntungan atau profit yang akan diterima

Pada dasarnya, menabung dan berinvestasi dilakukan untuk menerima keuntungan. Pada kedua instrumen ini, terdapat perbedaan yang cukup jelas dari profit yang dihasilkannya.

Ketika anda menabung, anda dapat menerima keuntungan melalui bunga dari bank. Pada umumnya, bunga yang ditawarkan bank ini jumlahnya relatif kecil. Rata-rata jumlah bunga tabungan yang bisa anda terima hanya sekitar 1 sampai 2 persen per bulannya. Saat ini, bank di Indonesia menawarkan beberapa jenis tabungan yaitu tabungan dan giro serta tabungan deposito.

Sedangkan untuk investasi, anda memiliki kesempatan untuk menerima keuntungan yang lebih besar, tergantung pada instrumen investasi yang anda pilih. Jika seandainya anda memilih berinvestasi saham, anda dapat menerima profit yang lebih besar, dengan catatan anda juga akan menghadapi risiko yang besar juga. Hal ini biasa disebut dengan high risk high return. Sebut saja contonya seperti instrumen investasi lain yang bisa anda coba yaitu reksa dana, investasi emas, atau investasi properti.

Baca juga  6 Keuntungan Investasi Emas Untuk Tabungan Masa Depan

Proses pencairan dana

Dan yang terakhir adalah dimana yang membedakan tabungan dan investasi terdapat pada proses pencairan dana atau dengan kata lain yaitu likuiditas. Untuk tabungan, anda bisa mengambil uang anda dengan mudah kapan saja. Sedangkan investasi sendiri cenderung lebih sulit dan lama untuk proses pencairannya. Salah satu instrumen investasi yang memakan waktu lama untuk diterima hasilnya yaitu investasi properti.

Sekian informasi mengenai perbedaaan antara tabungan dan investasi yang perlu anda ketahui bagi anda yang masih belum bisa membedakan kegiatan keuangan populer ini. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...