Begini Penyebab Suara AC di Rumah Berisik Serta Cara Memperbaikinya

0
Penyebab Suara AC di Rumah Berisik

Apakah anda saat ini mengalami masalah dimana AC dirumah anda membuat suara yang berisik dan bisa mengganggu kenyamanan anda beristirahat? maka penting untuk mengetahui penyebab suara AC bisa berisik dan juga cara memperbaikinya.

Penggunaan AC saat ini merupakan hal yang umum di terapkan di banyak rumah di tanah air. Apabila dulu AC hanya identik dengan penggunaan di kantor atau dirumah orang-orang kaya saja, tetapi kini AC merupakan perangkat eletronik yang banyak diterapkan di rumah-rumah, bahkan untuk rumah dengan ekonomi terbatas.

Kepopuleran AC tentu tidak terlepas dari fungsi AC yang sangat cocok bagi negara tropis seperti di Indonesia yang mana AC hadir untuk menyejukkan ruangan agar tidak kepanasan.

Namun penggunaan AC juga kerap kali menimbulkan masalah tersendiri dimana AC kadang kali mengalami kerusakan seperti menjadi berisik dan mengganggu waktu istirahat. Berbagai penyebab bisa menjadi pemicu dari suara berisik ini, mulai dari masalah pada unit AC itu sendiri hingga faktor-faktor eksternal.

Salah satu penyebab umumnya adalah kotoran atau debu yang menumpuk di dalam unit AC, yang dapat menyebabkan gesekan dan getaran yang tidak diinginkan saat AC beroperasi. Selain itu, komponen internal yang aus atau rusak juga bisa menjadi penyebab suara berisik pada AC, seperti bantalan yang aus atau kipas yang bermasalah.

Sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan beberapa penyebab suara AC dirumah berisik serta cara memperbaiknya.

Contents

Baca juga  7 Tips Mencari Promo Hotel Murah Agar Liburan Lebih Hemat

Penyebab AC Mengeluarkan Suara Berisik

Penyebab Suara AC di Rumah Berisik

Berikut beberapa penyebab AC mengeluarkan suara berisik untuk anda simak dibawah ini.

Kotoran atau debu

Akumulasi kotoran, debu, atau serpihan lainnya di dalam unit AC dapat menyebabkan gesekan atau hambatan pada komponen, seperti kipas atau baling-baling yang mengakibatkan suara berisik.

Baling-baling yang aus

Jika baling-baling dalam unit AC sudah aus, maka kinerjanya bisa menjadi tidak seimbang dan menyebabkan bunyi yang tidak normal.

Kompresor yang rusak

Kompresor adalah bagian penting dalam sistem AC. Jika kompresor mengalami masalah, misalnya terdapat kebocoran atau kerusakan pada komponen internalnya, hal ini dapat menjadi salah satu penyebab AC berbunyi berisik dan sirkulasi freon yang tidak lancar.

Kondensor yang tidak rata

Kondensor adalah komponen yang berfungsi untuk mendinginkan gas refrigeran. Jika kondensor tidak berada dalam posisi yang rata atau kokoh, maka dapat menjadi penyebab AC bergetar dan berisik.

Level refrigeran yang tidak tepat

Level refrigeran yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat mengganggu kinerja AC dan menyebabkan suara yang tidak normal.

Pipa bergetar

Pipa yang menghubungkan bagian dalam dan luar dapat menjadi penyebab AC bergetar atau berderit jika tidak terpasang dengan baik atau ada masalah dengan isolasi pipa.

Fan atau kipas yang bocor

Apabila terdapat kerusakan pada kipas atau baling-baling, seperti patah atau bocor, maka hal tersebut akan menimbulkan bunyi berisik saat kipas AC berputar.

Komponen longgar

Vibration atau getaran berlebihan dapat disebabkan oleh komponen, seperti motor kipas yang longgar atau kendur dalam unit AC, sehingga menimbulkan suara benturan logam.

Cara memperbaiki AC berisik

Apabila anda telah mengetahui apa saja penyebab dari AC yang berisik, maka berikut cara memperbaiki AC berisik. Namun pastikan anda memiliki kemampuan teknis yang cukup baik sebelum melakukannya. Atau anda bisa memanggil teknisi AC yang anda percayakan.

Baca juga  5+ Rekomendasi Aplikasi Pembuat ID Card Mudah, Cepat dan Gratis

Membersihkan dan merawat secara rutin

Lakukan pembersihan rutin pada unit AC, termasuk membersihkan kipas, baling-baling, dan filter. Kotoran atau debu yang menumpuk dapat menyebabkan gesekan dan suara berisik.

Periksa kipas dan baling-baling

Pastikan kipas dan baling-baling dalam kondisi baik. Apabila ada benda asing yang terjebak di dalamnya atau kipas/baling-baling sudah aus atau rusak, segera ganti atau perbaiki bagian yang bermasalah.

Periksa kondensor dan evaporator

Pastikan kipas kondensor dan evaporator berada pada posisi yang rata dan kokoh. Apabila diperlukan, anda juga harus pastikan pipa yang menghubungkannya aman dan tidak bergetar.

Periksa kompresor

Periksa kondisi kompresor dan pastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan pada komponen internalnya. Apabila terdapat masalah, anda bisa hubungi teknisi AC untuk perbaikan.

Pastikan ventilasi yang baik

Selanjutnya, anda harus pastikan unit dan komponen AC terpasang dengan benar dan memiliki ventilasi yang baik. Pastikan juga tidak ada penghalang di sekitar unit yang dapat mengganggu aliran udara.

Cek level refrigeran

Anda bisa cek level refrigeran sesuai dengan spesifikasi pabrik. Level yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah pada sistem AC.

Periksa pengencang dan sekrup

Perlu anda ketahui bahwa merupakan hal yang normal apabila AC selalu bergetar ketika dalam kondisi beroperasi. Sehingga, sudah dipastikan akan sedikit mengeluarkan suara. Namun suara tersebut akan semakin keras dan menggangu bila pengencang dan sekrup ikut berbunyi. Oleh karena itu, sebaiknya anda pastikan semua pengencang dan sekrup dalam unit AC terpasang dengan baik dan tidak kendur.

Memasang peredam bunyi benturan

Apabila semua langkah di atas sudah dilakukan dan masih ada bunyi berisik yang tidak dapat diatasi, anda bisa memasang peredam bunyi pada unit AC untuk mengurangi suara yang dihasilkan.

Baca juga  Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Hubungi teknisi profesional

Apabila anda tidak dapat mengatasi masalah bunyi berisik pada AC, maka direkomendasikan anda segera hubungi teknisi AC profesional untuk melakukan pemeriksaan mendalam dan perbaikan yang diperlukan.

Sekian informasi mengenai penyebab suara AC dirumah berisik serta cara memperbaikinya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *