8 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri, Bisa Tanda Serangan Jantung

0
Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri

Apakah anda memiliki keluhan sakit punggung sebelah kiri dan mengganggu aktivitas sehari-hari anda? maka hal tersebut tidak bisa anda sepelekan, dimana kali ini kami akan membagikan penyebab sakit punggung sebelah kiri yang wajib anda ketahui.

Sakit punggung sebelah kiri bisa menjadi keluhan umum banyak orang, dan masalah ini tidak dapat disepelekan dimana kondisi ini dapat menjadi gejala yang menakutkan, terutama jika dianggap sebagai tanda serangan jantung.

Walapun serangan jantung sering kali dikaitkan dengan nyeri di dada, tetapi ketidaknyamanan di punggung, termasuk di sebelah kiri, juga dapat menjadi gejala. Namun jangan kuatir berlebihan juga sebab bisa jadi sakit punggung sebelah kiri disebabkan oleh beberapa faktor umum lainnya seperti masalah tulang belakang, otot, atau saraf.

Dan sesuai dengan judul diatas, kali ini kami akan membagikan penyebab sakit punggung sebelah kiri yang bisa anda simak dibawah ini.

Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri

Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri

Disfungsi sendi sakroiliaka

Disfungsi sendi sakroiliaka adalah kondisi ketika sendi yang menghubungkan tulang pinggul ke bagian bawah tulang belakang bergerak tidak normal, kemudian menjadi meradang. Peradangan pada sendi pinggul kiri dapat menyebabkan nyeri tumpul dan nyeri pada punggung kiri bawah, sering kali disertai nyeri pada bokong atau pada bagian belakang paha kiri atas.

Kondisi ini bisa menjadi kronis atau akibat dari stres sementara. Faktor risiko termasuk kehamilan, panjang kaki yang tidak rata, atau dampak dari kecelakaan seperti jatuh. Untuk mengatasi kondisi ini, dokter dapat meresepkan obat-obatan untuk nyeri dan inflamasi. Dokter juga mungkin akan merekomendasikan perawatan lainnya seperti teknik intervensi nyeri, penggunaan sabuk khusus, olahraga, istirahat, serta kompres dingin dan panas.

Cedera jaringan

Cedera pada struktur tulang belakang dapat terjadi pada otot, cakram, atau persendian, dan merupakan penyebab paling umum dari sakit punggung hanya pada satu sisi, baik kiri maupun kanan. Ini sering terjadi setelah cedera ringan atau akibat benturan saat berolahraga atau kecelakaan mobil.

Baca juga  Tips Menjaga Kesehatan Mata Yang Gemar Membaca atau Menatap Gadget

Cedera jaringan biasanya menyebabkan rasa sakit di pusat tulang belakang, tetapi bisa menyebabkan rasa sakit seluruhnya di sisi kanan atau kiri punggung. Dan dari cedera jaringan secara keseluruhan, ketegangan otot adalah penyebab paling umum dari nyeri di satu sisi punggung bawah.

Anda bisa meredakan cedera ini dengan menerapkan kompres dingin. Lakukan juga peregangan atau gerakan ringan bila anda terlalu lama duduk. Jika nyeri dirasakan mengganggu, anda bisa minum obat antinyeri seperti parasetamol. Bila nyeri memburuk, periksakan diri ke dokter.

Kifosis

Kifosis adalah kelainan pada bentuk tulang belakang yang menyebabkan postur tubuh terlihat lebih bungkuk. Punggung atas akan terlihat tidak normal seolah memiliki punuk. Hal ini bisa menyebabkan nyeri pada punggung.

Tidak cuma itu, keluhan lain yang kamu rasakan adalah kaku seluruh badan, posisi tinggi bahu kanan dan kiri berbeda, serta otot paha menegang. Dalam sebagian besar kasus, kifosis tidak menyebabkan masalah yang berarti. Akan tetapi, dalam kasus yang lebih parah dapat menyebabkan rasa sakit bahkan hingga masalah pernapasan.

Pengobatan kifosis akan didasari usia, riwayat kesehatan, tipe kifosis, dan tingkat keparahan lengkungan tulang belakang. Golnya adalah supaya lengkungan tidak makin parah. Dalam kasus yang parah, operasi mungkin dibutuhkan, tetapi kebanyakan pasien tidak membutuhkannya. Sebagai gantinya, metode perawatan nonbedah bisa membantu.

Pankreatitis

Pankreatitis atau radang pankreas akut juga bisa menyebabkan sakit punggung sebelah kiri. Nyerinya ini karena lokasi pankreas yang ada di bagian belakang perut. Awalnya, rasa sakitnya akan dirasakan di bagian perut yang mungkin dapat menjalar ke bagian punggung. Gejala lainnya adalah adanya rasa sakit jika perut disentuh.

Jika sudah parah, sakit punggung sebelah kiri akibat pankreatitis bisa membuat kamu sulit duduk dengan posisi yang nyaman. Kalau sudah begini, sebaiknya periksa ke dokter.

Perawatan untuk pankreatitis antara lain rawat inap dengan perawatan suportif dan pemantauan, pemberian obat-obatan pereda nyeri, endoskopi atau pembedahan untuk mengangkat batu empedu, penyumbatan lain, atau bagian pankreas yang rusak, atau enzim pankreas tambahan dan insulin jika pankreas tidak berfungsi dengan baik.

Baca juga  Begini Cara Mengatasi Kaki Terus Keringat Dingin Dan Penyebabnya

Serangan jantung

Walaupun jarang, tetapi terkadang masalah dengan organ dalam dapat bermanifestasi terutama sebagai nyeri punggung atas kiri. Beberapa contohnya termasuk serangan jantung. Sebagian besar serangan jantung melibatkan nyeri dada, tetapi tidak selalu. Gejala serangan jantung mungkin lebih dirasakan sebagai nyeri satu sisi di lengan, bahu, dan/atau punggung bagian atas. Gejala-gejala ini dapat lebih sering terjadi di sisi kiri, tetapi juga bisa terjadi di sisi kanan atau kedua sisi punggung. Gejala potensial lainnya dapat mencakup kelemahan, pusing, kesulitan bernapas, atau nyeri di rahang atau leher.

Apabila anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera cari pertolongan medis. Serangan jantung butuh perawatan intensif dan pemantauan ketat. Dokter akan memberikan obat-obatan dan/atau operasi bila dibutuhkan.

Masalah pada ginjal

Masalah pada ginjal juga bisa menyebabkan nyeri punggung. Salah satunya adalah infeksi ginjal. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri tumpul dan nyeri di satu sisi di punggung bawah. Gejala lain yang dapat menyertai infeksi ginjal meliputi urine berbau busuk, urine berwarna gelap, keruh, atau berdarah, demam, menggigil, mual dan muntah, serta sering buang air kecil yang terasa menyakitkan. Usia di atas 65 tahun mungkin tidak mengalami gejala-gejala tersebut, tetapi mereka mungkin mengalami masalah seperti kebingungan, bicara campur aduk, dan halusinasi.

Selain itu, batu ginjal juga bisa menyebabkan sakit punggung. Batu ginjal adalah endapan mineral dan garam yang telah mengkristal dan terbentuk di ginjal. Adanya batu dapat menyebabkan nyeri punggung bawah di satu sisi saat batu tersebut melewati saluran kemih.

Gejala batu ginjal lainnya yang perlu diwaspadai adalah rasa sakit saat kencing, mual, demam, serta darah dalam urine.

Untuk infeksi ginjal, biasanya dokter akan memberikan antibiotik. Sementara untuk batu ginjal, dokter dapat mengangkatnya atau memecahnya menjadi potongan-potongan kecil dengan beberapa pilihan prosedur.

Hernia nukleus pulposus

Hernia nukleus pulposus (HNP) atau herniated disc adalah kondisi yang terjadi saat bantalan ruas tulang belakang bergeser, kemudian menekan saraf tulang belakang. Awam banyak menyebut kondisi ini dengan saraf terjepit.

HNP dapat menimbulkan gejala punggung bawah (pinggang), sakit punggung bagian atas, atau nyeri pada leher, tergantung lokasi HNP. Kebanyakan orang dengan HNP tidak memiliki gejala. Namun, beberapa orang mengalami rasa sakit dan mati rasa di satu sisi punggung bawah, tergantung di mana lokasi HNP. Dalam kasus yang jarang, cakram yang pecah atau putus misalnya, menyebabkan rasa sakit yang parah dan butuh pembedahan untuk mencegah kerusakan saraf permanen.

Baca juga  7 Tips Melancarkan Darah Haid yang Sedikit agar Normal Kembali

Apabila mengalami nyeri kaki yang menjalar atau kelemahan kaki yang makin parah, atau disfungsi usus atau kandung kemih, segera pergi ke ruang gawat darurat.

Dalam kebanyakan kasus, rasa sakit akibat HNP bisa hilang dengan sendirinya. Untuk mengurangi nyeri, kamu bisa istirahat selama 1-3 hari. Jika rasa sakitnya parah, tetap penting untuk menghindari istirahat di tempat tidur terlalu lama untuk mencegah kekakuan.

Anda juga bisa minum obat pereda nyari yang dijual bebas seperti asetaminofen atau ibuprofen. Selain itu, bisa juga mengaplikasikan panas atau es ke area yang terdampak. Jika nyeri memburuk atau disertai gejala lainnya, segera temui dokter.

Kehamilan

SebagaiĀ  informasi dimana dari dua pertiga ibu hamil mengalami nyeri punggung bawah, paling sering berupa kondisi yang disebut nyeri panggul posterior. Ini merupakan nyeri yang dalam dan berdenyut, yang dialami pada satu atau kedua sisi punggung bawah.

Selain itu, ada pula kemungkinan terjadinya nyeri otot umum di punggung saat janin tumbuh lebih besar. Ini karena berat janin dapat mengubah pusat gravitas pada ibu hamil, yang mungkin mengharuskan ibu hamil untuk mengimbanginya dengan melatih berbagai otot di punggung.

Kecuali ibu hamil memiliki nyeri punggung kronis sebelum hamil, sakit punggung saat kehamilan biasanya akan reda dengan sendiri sebelum persalinan. Terdapat beberapa cara untuk meringankannya yang bisa anda simak sebagai berikut.

  • Rutin olahraga, seperti jalan kaki, renang, atau sepeda statis, atau sesuai arahan dokter.
  • Mengaplikasikan kompres dingin dan panas.
  • Memperbaiki postur tubuh.
  • Lakukan peregangan secara rutin.
  • Akupunktur.
  • Kiropraktik.

Demikian informasi mengenai penyebab sakit punggung sebelah kiri dan bisa jadi tanda serangan jantung. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *