Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Belakang Dan Cara Mengatasinya

Date:

Share post:

Apakah anda merasakan keluhan sakit pinggang sebelah kiri belakang? maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan penyebab sakit pinggang sebelah kiri belakang dan cara mengatasinya.

Keluhan rasa sakit pinggan sebelah kiri belakang bisa menimpa siapa saja, mulai dari orang yang sehat-sehat saja maupun tidak pernah mengalami cedera sebelumnya. Biasanya rasa sakit ini hilang dengan sendirinya dimana saat rasa sakit menyerang, akan sangat mengganggu aktivitas yang sedang dikerjakan.

Adapun penyebab sakit pinggang sebelah kiri belakang bisa disebabkan karena beberapa alasan yang bisa anda simak sebagai berikut.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Belakang

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Belakang

Otot Tegang

Memahami penyebab sakit pinggang sebelah kiri belakang adalah pengaruh dari otot yang tegang. Penyebab sakit pinggang sebelah kiri belakang karena ketegangan otot adalah beraktivitas berlebihan atau melakukan gerakan yang tidak biasa.

Apabila secara tiba-tiba aktivitas seseorang yang melibatkan gerakan punggung adalah terlalu berat, maka otot dan urat di punggung bisa tertarik, inilah penyebab sakit pinggang sebelah kiri belakang yang menjadi tegang dan bahkan robek.

Skiatika

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri belakang selanjutnya adalah skiatika dimana kondisi ini disebabkan oleh tertekannya saraf yang menghubungkan saraf tulang belakang dan saraf tungkai. Salah satu ciri umum dari penyebab sakit pinggang sebelah kiri belakang karena skiatika adalah timbulnya kesemutan disertai rasa nyeri hebat yang menjalar dari pinggang kiri atau kanan ke tungkai dan kaki.

Baca juga  7 Cara Efektif Mengatasi Kaki Kram Disebabkan Kontraksi Otot

Stenosis Spinal

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri belakang berikutnya adalah stenosis spina dimana kondisi penyebab sakit pinggang sebelah kiri belakang ini terjadi karena ada penyempitan tulang belakang ,yang menyebabkan tertekannya saraf tulang belakang ini disebut stenosis spinal.

Umumnya, gejala penyebab sakit pinggang sebelah kiri belakang karena stenosis spinal akan bertambah parah saat berdiri atau berjalan. Faktor risiko utama penyebab sakit pinggang sebelah kiri belakang karena stenosis spinal adalah perubahan tulang karena penuaan.

Gangguan Ginjal

Memahami penyebab sakit pinggang sebelah kiri belakang adalah terjadinya gangguan ginjal. Organ ginjal letaknya dekat dengan pinggang, maka dari itu gangguan pada ginjal, seperti batu ginjal atau infeksi ginjal, dapat menyebabkan nyeri pada pinggang.

Cedera Fisik

Memahami penyebab sakit pinggang sebelah kiri belakang adalah terjadinya cedera fisik. Kerusakan pada otot dan tulang di sekitar pinggang kiri misalnya, dapat menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri belakang.

Pada wanita, beberapa kondisi lain yang bisa menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri belakang adalah kista ovarium, endometriosis, pertumbuhan jaringan fibroid pada rahim, dan kehamilan.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kiri Belakang

Apabila sakit pinggang sebelah kiri terjadi tanpa didahului dengan cedera, maka anda bisa mengobati kondisi tersebut secara mandiri terlebih dahulu. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan sebagai berikut.

Jangan beraktivitas berat

Saat pinggang sebelah kiri mulai terasa sakit, segeralah hentikan segala aktivitas berat untuk mengistirahatkan pinggang anda. Selain itu, hindarilah melakukan aktivitas, seperti berolahraga dan mengangkat beban berat, selama 2–3 hari sebagai cara mengobati sakit pinggang sebelah kiri.

Gunakan balsem atau koyo

Anda juga bisa mengoleskan balsem atau menempelkan koyo sebagai cara mengobati sakit pinggang sebelah kiri. Balsem dan koyo mengandung bahan antinyeri dan senyawa alami, seperti mentol, minyak kayu putih, maupun kampor yang dapat memberikan rasa hangat dan meredakan sakit pinggang.

Baca juga  Cara Mencegah Hipertensi untuk Hidup yang Lebih Sehat

Lakukan kompres hangat

Untuk meredakan rasa sakit, anda juga bisa meletakkan kompres hangat di pinggang sebelah kiri selama 15–20 menit. Cara mengobati sakit pinggang sebelah kiri ini dapat melemaskan otot yang tegang serta melancarkan aliran darah di area tersebut, sehingga keluhan pun akan mereda.

Konsumsi obat antinyeri

Apabila cara di atas belum juga mampu mengatasi sakit pinggang sebelah kiri yang tengah dialami, anda bisa mengonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas di apotek. Beberapa contoh obat ini antara lain ibuprofen, paracetamol, dan asam mefenamat.

Walaupun tidak memerlukan resep dokter, pastikan anda mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang tertera pada label kemasan.

Demikian informasi mengenai informasi tentang sakit pinggang sebelah kiri belakang meliputi penyebab dan cara mengatasinya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...