8 Ketahui Penyebab Sakit Kaki saat Berdiri, Bisa Jadi dari Pembuluh Darah

Date:

Share post:

Apakah anda merasakan kondisi dimana saat berdiri kaki anda terasa nyeri atau bahkan sakit? maka anda harus waspada sebab bisa jadi terdapat masalah pada pembuluh darah anda. Ketahui penyebab sakit kaki saat berdiri yang penting untuk anda ketahui.

Saat berdiri dan kaki terasa sakit pastinya bisa sangat mengganggu aktivitas harian yang dilakukan dimana kaki merupakan penopang utama dari tubuh untuk bisa berdiri dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Apabila anda mendapati masalah sakit saat berdiri maka bisa jadi kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor dimana salah satunya terdapat masalah pada pembuluh darah di kaki. Mengapa demikian? sebab saat berdiri dalam waktu yang lama, tekanan pada kaki meningkat, dan ini dapat menyebabkan pembuluh darah di kaki mempersempit atau bahkan tersumbat, mengurangi aliran darah ke jaringan-jaringan di kaki. Akibatnya, kaki mungkin terasa sakit, kram, atau bahkan mati rasa.

Selain itu terdapat beberapa penyebab lain kaki sakit saat berdiri yang bisa anda simak sebagai berikut.

Penyebab Sakit Kaki saat Berdiri

Penyebab Sakit Kaki saat Berdiri

Tendonitis

Pertama, Tendonitis adalah penyakit yang terjadi karena penuaan atau kondisi tertentu seperti diabetes atau rheumatoid arthritis. Jika bagian tubuh tertentu terlalu sering digerakkan atau digunakan, tendon di area tersebut akan mengalami iritasi dan atau robekan kecil. Selain nyeri, Anda mungkin mengalami kekakuan sendi dan keterbatasan gerak.

Osteoartriti

Osteoartritis adalah kondisi degeneratif yang menyebabkan tulang rawan di antara persendian rusak. Jika kondisi tersebut terjadi di pinggul atau lutut, maka muncul rasa sakit saat berdiri atau berjalan. Rasa nyeri muncul karena tulang yang saling bergesekan saat bergerak.

Baca juga  4 Tips Menjaga Gigi Anak dari Karies, Hindari Makanan Manis

Bursitis

Kondisi ini terjadi ketika kantung berisi cairan di antara persendian mengalami peradangan. Kondisi ini bisa terjadi karena cedera, infeksi, atau dari aktivitas berulang. Selain nyeri, peradangan pada kandung lendir juga memicu rasa bengkak dan kulit yang terasa hangat saat disentuh.

Stenosis tulang belakang lumbar

Tulang belakang lumbar (punggung bawah) memiliki lima tulang belakang, masing-masing dipisahkan oleh cakram lunak agar bisa bergerak. Cedera tertentu atau penuaan dapat mempersempit saluran tulang belakang. Akibatnya, saraf yang menjalar ke kaki jadi tertekan. Kondisi ini dikenal dengan istilah stenosis tulang belakang lumbar.

Selain nyeri, gejalanya meliputi mati rasa di bokong atau kaki saat berjalan.

Sindrom stres medial tibial (MTSS)

Kondisi ini dikenal sebagai shin splints. Kondisi ini mengacu pada nyeri di bawah lutut dan sering dialami oleh pelari, penari, pemain tenis, dan orang-orang di militer. Gejalanya berupa pegal dan nyeri di sepanjang sisi dalam tulang kering, serta pembengkakan pada kaki bagian bawah.

Fraktur stres

Fraktur stres merupakan kondisi retakan kecil di permukaan tulang. Kondisi ini sering dialami oleh atlet yang tiba-tiba meningkatkan intensitas olahraganya.

Ruptur tendon achilles

Tendon achilles menghubungkan otot betis ke tulang tumit. Achilles adalah tendon terbesar yang ada di tubuh manusia. Saat diregangkan melebihi kapasitasnya, bagian ini dapat mengalami robekan sebagian atau seluruhnya.

Jenis cedera ini paling sering terjadi saat mendarat setelah melompat, berputar tiba-tiba, atau peningkatan kecepatan secara tiba-tiba saat berlari. Pecahnya tendon achilles ditandai oleh ketidakmampuan kaki untuk menekuk ke bawah atau mendorong kaki yang cedera saat mencoba berjalan.

Penyakit arteri perifer

Dan terakhir, penyebab kaki sakit saat berdiri tidak hanya melulu masalah yang berhubungan dengan otot dan tulang, tapi juga pembuluh darah. Contohnya saja penyakit arteri perifer. Penyakit ini terjadi karena penumpukan timbunan lemak di pembuluh darah pada kaki. Akibatnya, sirkulasi darah di area kaki jadi terganggu dan menyebabkan nyeri, kram, hingga mati rasa.

Baca juga  7+ Penyebab Tangan Kesemutan Atau Kebas yang Kadang Disepelekan

Orang dengan penyakit arteri perifer juga cenderung memiliki tungkai atau kaki bagian bawah yang dingin.

Demikian informasi mengenai penyebab sakit kaki saat berdiri yang penting untuk anda ketahui jika anda memiliki masalah ini maupun terjadi pada orang-orang terdekat anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...